Amerika Serikat Perluas Penggunaan Vaksin Pfizer untuk Anak 12 Tahun
Pixabay
Dunia
Vaksin COVID-19

Administrasi Makanan dan Obat-obatan menyatakan Pfizer aman berdasarkan pengujian yang dilakukan ke lebih dari 2.000 sukarelawan AS yang berusia 12-15 tahun.

WowKeren - Pada Senin (10/5) regulator Amerika Serikat memperluas penggunaan vaksin COVID-19 Pfizer untuk anak-anak berusia 12 tahun. Hal ini merupakan langkah perlindungan bagi para remaja mengingat mereka akan kembali ke sekolah pada musim gugur.

Adapun program vaksinasinya akan dimulai secepatnya pada Kamis (13/5) setelah komite penasihat vaksin federal mengeluarkan rekomendasi untuk menggunakan vaksin dua dosis pada anak usia 12 hingga 15 tahun. Sebagian besar vaksin COVID-19 di seluruh dunia telah mendapat izin untuk digunakan pada orang dewasa.

Pfizer sendiri, digunakan di beberapa negara untuk remaja berusia 16 tahun. Baru-baru ini Kanada juga menjadi negara pertama yang memperluas penggunaan hingga usia 12 tahun ke atas. Para orang tua hingga pejabat kesehatan masyarakat sangat menanti-nanti persetujuan agar vaksin tersedia lebih banyak untuk anak-anak.


"Ini adalah momen penting dalam kemampuan kami untuk melawan pandemi COVID-19," kata Dr. Bill Gruber, wakil presiden senior Pfizer yang juga seorang dokter anak, kepada The Associated Press.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan menyatakan bahwa berdasarkan pengujian terhadap lebih dari 2.000 sukarelawan AS yang berusia 12 hingga 15 tahun, dapat disimpulkan jika vaksin Pfizer aman dan menawarkan perlindungan yang kuat untuk remaja yang lebih muda. Badan tersebut mencatat tidak ada kasus COVID-19 di antara remaja yang divaksinasi penuh.

Para peneliti menemukan bahwa anak-anak memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk mengembangkan tingkat antibodi melawan virus daripada orang dewasa muda. Adapun untuk dosis yang akan diberikan adalah sama seperti orang dewasa.

Begitu juga dengan efek sampingnya, juga sama. Efek samping yang dimaksud yakni berupa sakit lengan dan demam seperti flu, menggigil atau nyeri yang menandakan peningkatan sistem kekebalan, terutama setelah suntikan kedua.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts