Negara Ini Banggakan 'Rekor Dunia' Usai Sukses Beri Vaksin COVID-19 ke Seluruh Warga Dewasanya
Unsplash/ National Cancer Institut
Dunia
Vaksin COVID-19

Negara ini menggunakan vaksin AstraZeneca yang diterimanya sebagai bagian dari program Covax global. 108 persen dari populasi orang dewasanya disebut telah mendapatkan setidaknya satu kali suntikan vaksin.

WowKeren - Nauru yang merupakan negara kecil di Pasifik membanggakan "rekor dunia" vaksinasi virus corona (COVID-19) mereka. Nauru disebut-sebut menjadi salah satu negara pertama di dunia yang berhasil memberi setidaknya satu suntikan vaksin COVID-19 kepada seluruh populasi orang dewasanya.

Negara kepulauan terpencil tersebut merupakan salah satu dari sedikit tempat di dunia yang tetap bebas COVID-19. Kini mereka juga menjadi salah satu negara pertama yang telah memberikan setidaknya satu suntikan vaksinasi untuk semua orang dewasa.

Pemerintah Nauru menyatakan kampanye vaksinasi empat pekan tersebut telah melebihi ekspektasi. Pusat vaksinasi di Nauru tetap buka selama berjam-jam untuk memastikan akses maksimum.

Sebanyak 7.392 orang, termasuk orang asing, dilaporkan telah menerima dosis pertama vaksin COVID-19 di Nauru. Angka tersebut mencapai 108 persen dari perkiraan populasi orang dewasa.

Suntikan kedua direncanakan akan berlangsung pada pertengahan Juli 2021 mendatang. Adapun negara ini menggunakan vaksin AstraZeneca yang diterimanya sebagai bagian dari program Covax global.


"Satgas Coronavirus Nasional sangat senang dengan hasil rekor dunia ini dan berterima kasih kepada semua orang di Nauru karena telah memainkan peran mereka untuk menjaga Nauru COVID bebas dan aman," kata pihak pemerintah Nauru dalam sebuah pernyataan dikutip dari Deutsche Welle pada Rabu (12/5).

Sementara itu, pihak otoritas di Palau, sebuah negara kepulauan lain di Pasifik, menyatakan bahwa mereka akan segera menyusul Nauru. Palau menyatakan 97 persen populasi dewasa mereka telah menerima setidaknya satu suntikan vaksin COVID-19.

Di sisi lain, dunia kini tengah menggencarkan upaya vaksinasi COVID-19. Pemerintah Serbia misalnya, menggunakan voucher belanja demi mendorong lebih banyak warganya untuk mau divaksin.

Puluhan orang berkumpul di sebuah mal besar di Beograd pada hari Kamis (6/5). Mereka berharap menjadi orang pertama yang divaksin dan mendapatkan voucher belanja. Melansir Reuters, orang-orang juga berdesakan di pusat perbelanjaan Usce untuk menjadi di antara 100 orang pertama yang mendapatkan suntikan vaksin dan voucher belanja seperti yang dijanjikan.

Adapun nilai voucher belanja yang diberikan sebesar 3.000 dinar atau sekitar Rp 438.446. "Ini sebenarnya cerdik, karena memotivasi orang dengan sangat baik," kata Nikolina, seorang wanita berusia 30-an.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts