Takut Berimbas ke Bisnis, Kebun Binatang Tiongkok Sengaja Tak Umumkan Ada 3 Macan Tutul Lepas
pixabay.com/Ilustrasi
Dunia

Insiden itu terjadi ketika dua anggota staf gagal mengikuti prosedur saat membersihkan taman. Setelah hampir tiga minggu kejadian, barulah pihak kebun binatang memberitahu publik.

WowKeren - Salah satu kebun binatang di Tiongkok mendapat kecaman usai tiga ekor macan tutulnya lepas. Betapa tidak, mereka bahkan sengaja menutupi insiden itu dari publik.

Macan tutul telah berkeliaran di salah satu kota terpadat di Tiongkok selama hampir tiga minggu sebelum Taman Safari Hangzhou menjadi bersih. Menurut The Global Times, outlet media pemerintah Tiongkok, trio macan tutul itu telah melarikan diri dari Taman Safari Hangzhou pada 19 April.

Insiden itu terjadi ketika dua anggota staf gagal mengikuti prosedur saat membersihkan taman. Baru hampir tiga minggu setelah kejadian pihak kebun binatang memberitahu publik, yakni pada 8 Mei. Saat itu, sudah ada laporan dari warga ke polisi mengenai macan tutul yang berkeliaran.


Adapun alasan pihak kebun binatang sengaja menutupi jika ada predator yang lepas ke publik lantaran mereka khawatir akan mempengaruhi bisnis. Pejabat setempat mengatakan bahwa taman tersebut telah memutuskan untuk tidak mengungkapkan macan tutul yang hilang kepada publik karena khawatir berita tersebut akan mempengaruhi jumlah pengunjung dan pendapatan selama liburan May Day.

Sebab, momen liburan tersebut bisa menarik jutaan turis ke Hangzhou. Hingga pada akhirnya pihak kebun binatang mengeluarkan permohonan maaf pada 8 Mei. Mereka mengira jika macan tutul tidak akan menimbulkan bahaya besar sehingga mereka memutuskan untuk tidak memberitahukannya guna menghindari kepanikan publik.

"Kami mohon maaf atas penundaan pengumuman tersebut. Kami mengira macan tutul itu lemah dan tidak akan menimbulkan bahaya besar," bunyi pernyataan mereka mengutip The Global Times. "Jadi kami memutuskan untuk tidak mengumumkan pelarian mereka untuk menghindari kepanikan publik."

Hingga kini, dua ekor macan tutul sudah ditemukan sedangkan satu ekor lagi masih hilang. Terkait macan ketiga yang kini masih dalam pencarian, menurut The Guardian, pihak berwenang telah melepas sekitar 100 ekor ayam hidup sebagai umpan untuk menemukannya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait