Gedung Pencakar Langit di Tiongkok Goyah Bikin Panik, Warga Dievakuasi
pixabay.com/Ilustrasi
Dunia

Pejabat manajemen darurat sedang menyelidiki apa yang menyebabkan menara di distrik Futian Shenzhen itu goyah. Sebab, sejauh ini tidak terdeteksi adanya gempa bumi.

WowKeren - Salah satu gedung pencakar langit di Tiongkok berguncang pada Selasa (18/5) hingga membuat orang-orang di dalamnya berhamburan keluar untuk mencari tempat yang lebih aman. Adalah SEG Plaza dengan tinggi hampir 300 meter yang terletak di selatan kota Shenzhen yang belum diketahui sebabnya, mengalami guncangan pada pukul 1 siang waktu setempat.

Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Tiongkok Goyah Bikin Panik, Warga Dievakuasi

Twitter/ShenzhenPages

Orang-orang pun segera dievakuasi. Media lokal menyebut jika gedung segera ditutup tak lama setelah kejadian itu. Adapun gedung tersebut merupakan rumah bagi pasar elektronik utama. Bangunan menara yang rampung pada tahun 2000 lalu itu juga menaungi berbagai kantor di pusat kota.


Pejabat manajemen darurat sedang menyelidiki apa yang menyebabkan menara di distrik Futian Shenzhen itu goyah. Sebab, sejauh ini tidak terdeteksi adanya gempa bumi. "Setelah memeriksa dan menganalisis data dari berbagai stasiun pemantau gempa di seluruh kota, tidak ada gempa bumi di Shenzhen hari ini," kata sebuah pernyataan di Weibo.

Distrik mengatakan dalam pernyataan lain Selasa malam bahwa semua orang di dalam telah dievakuasi dengan aman dan tidak ada pergerakan lebih lanjut yang terdeteksi dari gedung. Selain itu, para ahli juga tidak menemukan kecacatan keselamatan pada struktur utama dan lingkungan sekitar bangunan.

Adapun gedung ini adalah menara tertinggi ke-18 di kota Shenzhen, menurut database gedung pencakar langit Council on Tall Buildings and Urban Habitat. Tahun lalu, pihak berwenang Tiongkok telah mengeluarkan larangan untuk pembangunan gedung pencakar langit yang lebih tinggi dari 500 meter. Sementara itu, lima dari gedung pencakar langit tertinggi di dunia terletak di China, termasuk gedung tertinggi kedua di dunia, Menara Shanghai, yang menjulang setinggi 632 meter.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait