Maskapai AS Kemungkinan Akan Ukur Berat Badan Penumpang Sebelum Naik Pesawat
Pexels/Sourav
Dunia

Maskapai penerbangan diwacanakan bakal diberi mandat untuk melakukan survei guna menetapkan 'bobot penumpang rata-rata standar' bagi kru pesawat, bagasi, dan penumpang.

WowKeren - Maskapai penerbangan di Amerika Serikat mempertimbangkan untuk mengukur berat badan para calon penumpang pesawat. Pertimbangan ini muncul di tengah naiknya tingkat obesitas di Negeri Paman Sam tersebut.

Data yang digunakan maskapai penerbangan untuk mengukur berat penumpang guna memastikan keselamatan di dalam pesawat mungkin sudah ketinggalan zaman. Melansir FOX Business, surat edaran yang dikirim oleh Administrasi Penerbangan Federal (FAA) menyatakan bahwa maskapai penerbangan kini mungkin harus memperbaharui rata-rata berat badan penumpang.

Dalam wacana persyaratan tersebut, maskapai penerbangan akan diberi mandat untuk melakukan survei guna menetapkan "bobot penumpang rata-rata standar" bagi kru pesawat, bagasi, dan penumpang. Hal ini dilakukan dengan pengambilan sampel acak dan meminta penumpang untuk berpartisipasi dicek berat badannya.

"Terlepas dari metode pengambilan sampel yang digunakan, operator memiliki opsi untuk mensurvei setiap penumpang dan tas yang akan memasuki pesawat, dan harus memberikan hak kepada penumpang untuk menolak berpartisipasi dalam setiap survei penumpang atau bobot," demikian kutipan panduan tersebut.


Menurut panduan tersebut, survei itu harus dilakukan atas dasar sukarela. Dengan demikian, apabila ada penumpang yang menolak untuk berpartisipasi maka pihak maskapai disarankan memilih penumpang lain secara acak.

Standar FAA yang baru dilaporkan akan meningkatkan berat rata-rata penumpang dewasa dan barang bawaan yang masuk ke pesawat menjadi 86 kilogram di musim panas dan 88 kilogram di musim dingin. Angka tersebut naik 12 persen dari yang semula 77 kilogram di musim panas dan 79 kilogram di musim dingin.

Kemudian standar berat rata-rata untuk penumpang perempuan dan barang bawaan adalah 81 kilogram di musim panas dan di musim dingin 83 kilogram. Sebelumnya, berat rata-rata yang berlaku adalah 65 kilogram untuk musim panas dan 68 kilogram untuk musim dingin.

Meski demikian, berat badan penumpang disebut harus dirahasiakan. Masih belum dijelaskan pula apakah para penumpang nantinya akan diminta untuk menggunakan timbangan berat badan di bandara atau hanya ditanya mengenai bobot mereka. FAA pun menyarankan agar maskapai melakukan survei ini setiap 36 bulan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait