Mobil Tesla Dilarang Parkir di Kompleks Pemerintah Tiongkok Karena Masalah Keamanan
pixabay.com/capitalstreet_fx06
Dunia

Pejabat dari setidaknya dua lembaga pemerintah di Beijing dan Shanghai telah diinstruksikan oleh pengawas untuk tidak memarkir mobil listrik Tesla mereka di tempat kerja.

WowKeren - Beberapa orang staf di kantor pemerintah Tiongkok telah diberitahu untuk tidak memarkir mobil Tesla mereka di dalam kompleks pemerintah. Hal ini diduga berkaitan dengan masalah keamanan atas kamera yang terpasang pada kendaraan.

Hal itu diungkapkan oleh dua orang yang mengetahui masalah tersebut. Orang-orang mengatakan pejabat dari setidaknya dua lembaga pemerintah di Beijing dan Shanghai telah diinstruksikan secara lisan oleh pengawas untuk tidak memarkir mobil listrik Tesla mereka di tempat kerja.

Kendati demikian, tidak diketahui pasti berapa jumlah mobil yang dilarang parkir di sana. Tidak ada kejelasan apakah semua kantor pemerintah di Beijing telah memberlakukan pembatasan serupa. Begitu juga apakah tindakan tersebut merupakan perintah resmi pemerintah atau langkah yang diadopsi oleh pejabat lembaga.


Banyak kendaraan telah menghadirkan fitur sensor dan kamera yang dapat membantu proses mengemudi. Namun orang-orang yang mengetahui perihal tersebut mengatakan jika pembatasan hanya berlaku pada mobil Tesla.

Sebelumnya, sumber mengatakan kepada Reuters pada Maret lalu, bahwa kendaraan Tesla dilarang memasuki beberapa kompleks militer di Tiongkok lantaran kekhawatiran keamanan atas kamera kendaraan. Pembatasan ini menunjukkan indikasi baru kewaspadaan Tiongkok terhadap produsen mobil listrik AS di tengah ketegangan dengan Washington.

Menurut sumber perusahaan yang mengatakan kepada Reuters, Tesla telah meningkatkan keterlibatannya dengan regulator Tiongkok dan memperkuat tim hubungan pemerintahnya. Hal itu lantaran Tesla menghadapi pengawasan yang lebih cermat usai keselamatan dan keluhan layanan pelanggan dipublikasikan di Tiongkok.

Produsen mobil seperti Tesla telah melengkapi lebih banyak kendaraan dengan kamera dan sensor yang menangkap gambar lingkungan mobil. Mobil Tesla memiliki beberapa kamera eksternal untuk membantu pengemudi memarkir, berpindah jalur, dan fitur lainnya. Namun, kontrol tentang bagaimana gambar-gambar itu digunakan dan ke mana dikirim serta disimpan adalah tantangan baru yang muncul di industri tersebut maupun bagi pembuat peraturan di seluruh dunia.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts