COVID-19 Jakarta Masuki Fase Genting, Jokowi Beri Target Vaksinasi 7,5 Juta Orang di Akhir Agustus
Twitter/setkabgoid
Nasional
Vaksin COVID-19

Vaksinasi massal menjadi salah satu upaya yang saat ini tengah dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19. Presiden Jokowi menargetkan ibu kota bisa capai 7,5 juta vaksinasi di akhir Agustus 2021.

WowKeren - Pemerintah saat ini sedang menggencarkan vaksinasi COVID-19 massal. Hal ini dilakukan agar bisa segera mencapai herd immunity atau kekebalan komunal. Apabila telah mencapai kekebalan komunal, pemerintah Indonesia bisa mengendalikan penyebaran COVID-19.

Presiden Joko Widodo memberi target kepada DKI Jakarta, yakni mencapai sebanyak 7,5 juta orang sudah divaksin pada akhir Agustus 2021. Hal ini disampaikan Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Rumah Susun Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, pada Senin (14/6) hari ini.

Adapun dalam peninjauan tersebut, Jokowi didampingi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dan Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma. Terkait dengan target target tersebut telah disampaikan Jokowi kepada Anies.

"Saya juga tadi telah menyampaikan kepada Gubernur DKI untuk nanti di akhir Agustus, target 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi," tutur Jokowi. "Ini memang target yang sangat ambisius."

Dalam mencapai target yang diberikan, Jokowi meminta pemda DKI Jakarta beserta jajarannya untuk terus bekerja keras. Hal serupa juga harus dilakukan oleh seluruh puskesmas dan rumah sakit di DKI Jakarta.


"Karena DKI ini juga sama, interaksi antar masyarakatnya tinggi, mobilitas masyarakatnya juga tinggi, sehingga kecepatan vaksinasi sangat menentukan sekali penyebaran COVID-19," terang Jokowi.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di rumah susun tersebut diperuntukkan bagi masyarakat umum dan difabel. Vaksinasi dilakukan di tempat tersebut dikarenakan jumlah penduduknya yang padat, serta mobilitas antarmasyarakatnya yang dinilai tinggi. Sehingga menjadi kelompok prioritas dan harus mendapatkan perlindungan agar bisa menekan angka penyebaran COVID-19.

"Bayangkan kalau di rusun ini satu saja ada yang terkena, menyebarnya akan cepat sekali," ungkap Jokowi. "Sehingga vaksinasi sangat diperlukan di kawasan ini."

Lebih lanjut, dengan kerja keras yang telah dilakukan pemerintah, baik daerah maupun pusat, Jokowi berharap hasilnya bisa maksimal dan dapat mengakhiri pandemi COVID-19 secepat mungkin. Sehingga seluruh daerah di Indonesia bisa keluar dari jajahan virus Corona (COVID-19). "Saya berharap kerja keras semuanya baik di tingkat wali kota, kecamatan, kelurahan, dan seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ada di DKI Jakarta," pungkas Jokowi.

Sebagai informasi, Anies Baswedan sebelumnya mengatakan bahwa DKI Jakarta saat ini tengah berada di fase genting. Hal ini lantaran mengalami lonjakan COVID-19 usai libur lebaran 2021.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts