Suami Sembuh dari Kanker Usai 25 Kali Radiasi, Tasya Kamila Langsung Sibuk Larang Ini-Itu
Instagram/tasyakamila
Selebriti

'Perjuangan' Tasya Kamila tak berhenti meski sang suami, Randi Bachtiar, sudah dinyatakan sembuh dari kanker getah bening. Sebab Tasya harus memastikan terjaganya kesehatan Randi.

WowKeren - Keluarga kecil Tasya Kamila dan Randi Bachtiar tengah diliputi kebahagiaan. Bagaimana tidak? Sebab pada Jumat (23/7) kemarin, keduanya kompak mengabarkan bahwa Randi sudah sembuh dari penyakit kanker getah bening yang diidapnya.

Tasya pun mengungkap bahwa Randi baru bisa sembuh dari kanker itu setelah menjalani 4 kali kemoterapi dan 25 kali radiasi. Dan selepas melalui rangkaian pengobatan itu, dokter pun menyatakan Randi sudah sembuh juga terbebas dari sel kanker aktif.

"Alhamdulillah Randi sudah bebas dari kanker. Tentunya ini sesuatu yang sangat kita syukuri dari kegalauan dan kesedihan kita selama ini," ujar Tasya dalam konferensi pers virtual, Sabtu (24/7). "Perjuangannya alhamdulillah udah selesai."

Namun tampaknya "perjuangan" Tasya tidak berakhir sampai di sini. Sebab setelah sang suami dinyatakan sembuh, Tasya kini memiliki PR besar berupa berbagai jenis larangan demi mencegah Randi kembali mengidap kanker atau malah tertular penyakit lain.

Pasalnya, disampaikan pelantun "Anak Gembala" itu, perawatan Randi menyebabkan penurunan kekebalan tubuhnya. Alhasil Randi pun rentan terinfeksi jenis virus apapun, termasuk Corona, sehingga kini Tasya harus ekstra memerhatikan kesehatan sang suami lewat asupan makanannya.


"Yang jelas imun Randi turun banget limfositnya, leukositnya rendah banget, di ambang batas bawah. Itu yang bikin Randi rentan terinfeksi virus, nggak cuma COVID aja," terang Tasya, dikutip pada Minggu (25/7). Beberapa makanan pun dianjurkan untuk meningkatkan imunitas Randi, seperti jamur-jamuran, maupun protein hewani seperti ikan dan putih telur.

"Katanya cancer kan nggak boleh daging. Tapi karena goal-nya meningkatkan imunitas limfosit dan leukosit, dokter membolehkan dia untuk harus konsumsi protein hewani, daging itu satu kilo per minggu," sambung Tasya.

Beberapa anjuran lain seperti mengonsumsi suplemen vitamin C, vitamin D, dan zinc. "Olahraga, berjemur, dan juga jangan stres. Jangan terlalu stres itu berpengaruh sama imun dan tubuh kita," imbuh Tasya.

Hal lain yang harus diperhatikan Tasya adalah bahwa suaminya tidak boleh sampai kelebihan berat badan. Rupanya sel kanker bisa kembali aktif apabila kadar lemak dalam tubuh dalam kondisi berlebihan.

"Pemicu kanker balik itu kalau ada pelemakan di hati. Itu kalau overweight bisa bali lagi kankernya," pungkas Tasya. "Sama kurangi makanan fast food dan mengandung kimia, penguat rasa, itu harus dikurangi."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts