Sempat Diminta Lockdown, Presiden Jokowi Sebut Belum Bisa Jamin Selesaikan Masalah COVID-19
presidenri.go.id
Nasional

Belakangan, Presiden Jokowi sempat diminta untuk melaksanakan lockdown. Akan tetapi Jokowi lebih memilih untuk menerapkan kebijakan PPKM Darurat atau Level 4.

WowKeren - Pemerintah Indonesia saat ini tengah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Kebijakan ini dilakukan bertujuan untuk menurunkan dan menekan angka penyebaran COVID-19, khususnya varian Delta.

Sebelumnya, pemerintah diminta untuk menerapkan penguncian wilayah atau lockdown dalam menghadapi lonjakan kasus yang terjadi beberapa waktu belakangan ini. Akan tetapi Presiden Joko Widodo lebih memilih untuk menerapkan PPKM dibanding lockdown.

Jokowi mengungkapkan alasannya tidak menerapkan lockdown karena hal ini belum tentu bisa menyelesaikan permasalahan COVID-19. Maka dari itu, Jokowi meminta masyarakat untuk bekerja lebih keras di masa sulit seperti sekarang ini.

"Oleh sebab itu, Bapak/Ibu semuanya harus bekerja lebih keras lagi, tahan banting," tutur Jokowi dalam acara pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro 2021 di halaman Istana Merdeka, yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7). "Keadaan ini, saya ngomong apa adanya, bukan menakut-nakuti, tetapi kasus virus Corona (COVID-19) ini akan selesai kapan? WHO pun belum bisa memprediksi."


Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan aspek kesehatan dan ekonomi harus sama-sama dipertimbangkan dalam penanganan COVID-19. Hal ini lah yang menjadi dasar pertimbangan Jokowi bahwa Indonesia tidak bisa menerapkan lockdown seperti negara lainnya.

Jokowi pun menyampaikan bahwa PPKM ini merupakan semi lockdown. Ia pun menyebut semi lockdown saja sudah memberikan dampak signifikan terhadap masyarakat. Menurutnya, jika menerapkan lockdown pun belum tentu bisa mengakhiri pandemi.

"Kemarin yang namanya PPKM Darurat itu kan namanya semi lockdown, saya masuk ke kampung, saya masuk ke daerah, semuanya menjerit, minta untuk dibuka. Saya rasa Bapak/Ibu juga sama, mengalami yang sama," terang Jokowi. "Kalau lockdown, kita bisa bayangkan dan itu belum juga bisa menjamin dengan lockdown itu permasalahan menjadi selesai."

Selanjutnya, Jokowi berpesan kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha, agar tetap bertahan meskipun omzetnya di masa pandemi mengalami penurunan. Ia juga berharap agar vaksinasi COVID-19 yang dilakukan saat ini bisa segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru