Adik Kim Jong Un Kecam Rencana Korsel Latihan Militer Bareng AS, Bakal Batal 'Berdamai'?
Pyongyang Press Corps
Dunia

Kim Yo Jong yang juga memiliki jabatan sentral di Korut mengancam hubungan baik yang hendak dibangun Pyongyang-Seoul akan berantakan dengan rencana latihan militer Korsel dan AS.

WowKeren - Ketegangan antara Korea Utara dan Selatan hampir berakhir dengan rencana dibukanya kembali komunikasi antara kedua pimpinan negara. Namun tampaknya rencana ini kembali berada di ujung tanduk setelah otoritas Korut mengecam rencana latihan militer Korsel bersama Amerika Serikat.

Sebagai informasi, Korsel berencana menggelar latihan militer bareng AS pada bulan Agustus 2021 ini. Dan Kantor Berita Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan, pejabat senior Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) alias Korut mengecam rencana tersebut, bahkan mengancam akan membatalkan rencana pemulihan komunikasi kedua negara.

Yang menyampaikan ancaman tersebut adalah adik pemimpin Korut Kim Jong Un, Kim Yo Jong. Meski demikian, Kim Yo Jong juga menegaskan bahwa rencana pemulihan komunikasi antara Korut dan Korsel semata untuk menghubungkan kembali ikatan fisik alih-alih untuk rencana lebih jauh.

"Terus terang saya melihat rencana latihan militer ini, yang terjadi di titik balik penting seperti sekarang, sebagai awal yang tidak menyenangkan," kata Kim Yo Jong kepada KCNA, dikutip pada Senin (2/8). "Ini secara serius melukai keinginan pemimpin Korea Utara dan Selatan untuk mengambil langkah membangun kembali kepercayaan."


"Ini mengaburkan kembali jalan terang yang terbentang untuk hubungan antar-Korea," imbuh Kim Yo Jong. Pernyataannya jelas menjadi alarm bahwa Korut bisa jadi tidak melanjutkan rencana "perdamaian" mereka dengan Korsel menyusul rencana latihan militer bersama AS tersebut.

"Pemerintah dan militer kami akan mengawasi dengan cermat apakah Korea Selatan akan melakukan latihan perang pemicu permusuhan mereka sekali lagi atau membuat keputusan yang berani," tegas Kim Yo Jong. "Harapan atau putus asa? Keputusan bukan di tangan kita (Korut)."

Ancaman ini disampaikan Kim Yo Jong hanya beberapa saat setelah Korut dan Korsel sepakat memperbaiki komunikasi yang sudah rusak selama 14 bulan terakhir. Sebab Pyongyang memutus komunikasi yang baik dengan Seoul sejak Juni 2020.

Sementara itu, AS dan Korsel memang memiliki agenda latihan militer bersama di musim panas pada Agustus ini. Meski demikian, Kementerian Pertahanan Korsel menyatakan rencana latihan militer masih didiskusikan lebih lanjut.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait