Atlet Lari Gawang 400 Meter Karsten Warholm Berhasil Cetak Rekor Dunia Dalam Olimpiade Tokyo 2020
AP Photo/Charlie Riedel
Dunia

Kabar baik datang dari cabang olahraga lari gawang pada Olimpiade Tokyo 2020. Atlet asal Norwegia berhasil meraih medali emas, bahkan hingga mencetak rekor dunia.

WowKeren - Olimpiade Tokyo 2020 berjalan dengan baik dan tetap meriah meskipun tanpa adanya penonton. Hal ini dikarenakan Olimpiade digelar di tengah pandemi COVID-19.

Olimpiade Tokyo 2020 membawa kabar baik datang dari atlet lari gawang 400 m yang berhasil mencetak rekor dunia dalam perlombaan selama berabad-abad. Adapun rekor itu disabet oleh Karsten Warholm yang merupakan atlet lari gawang asal Norwegia.

Warholm berhasil mencetak rekor dalam lari gawang 400 m pada Olimpiade Tokyo 2020, Selasa (3/8). Ia pun berhasil menyelesaikannya dalam kurun waktu 45,94 detik. Angka ini 0,76 lebih cepat dari rekor sebelumnya. Dengan begitu, Warholm berhasil menyabet medali emas.

Seperti yang diketahui, ajang lomba lari gawang ini merupakan salah satu cabor yang paling ditunggu-tunggu masyarakat. Sementara untuk posisi kedua, diisi oleh atlet lari gawang asal Amerika Serikat (AS), Rai Benjamin dengan catatan waktu 46,17 detik.


"Kadang-kadang dalam latihan, pelatih saya terus mengatakan kepada saya bahwa ini mungkin terjadi dengan balapan yang sempurna," tutur Warholm tentang prospek break 46 detik. "Tetapi sulit untuk membayangkannya karena itu adalah penghalang besar, dan itu adalah seuatu yang bahkan tidak Anda impikan."

Pada saat mencapai garis finish, Warholm mengekspresikan kesenangannya dengan merobek bajunya. Ekspresi yang terpancarkan dari wajahnya itu tidak jauh berbeda dengan saat ia berhasil meraih kemenangan di kejuaraan dunia di tahun 2017 silam.

Sementara itu, Benjamin yang berhasil meraih posisi kedua turut memberikan komentarnya terkait perlombaan tersebut. Menurunya, ia senang bisa menjadi bagian dari sejarah. "Jika Anda mengatakan kepada saya bahwa saya akan berlari 46,1 detik dan kalah, saya mungkin akan memukul Anda dan menyuruh Anda keluar dari kamar saya. Saya senang menjadi bagian dari sejarah," katanya.

Kemudian atlet dari Brasil meraih posisi ketiga dengan catatan waktu 46,72 detik. Atlet tersebut yakni Alison dos Santos. Alison termasuk dari enam pelari di delapan bidang yang berhasil memecahkan rekor dunia, benua, ataupun nasional.

Sementara itu, butuh waktu hingga tahun 1948 bagi seorang pria untuk bisa berlari datar 400 meter dengan catatan waktu di bawah 46 detik. Rekor dunia di lari datar 400 meter adalah 43,03 detik atau 2,91 lebih cepat dari Warholm.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait