PPKM Level 4 Diperpanjang, Kapan Ekonomi RI Dibuka Lagi? Ini 'Ramalan' Menko Luhut
maritim.go.id
Nasional
PPKM Darurat

Menko Marives yang juga Koordinator PPKM Level 4 Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkap prediksi kapan kira-kira kegiatan ekonomi Indonesia bisa kembali dibuka.

WowKeren - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 sampai Senin (9/8) pekan depan. Meski tak diberlakukan di semua wilayah, total ada 7 provinsi Jawa-Bali yang terdampak, ditambah dengan 21 provinsi lain di luar kedua pulau.

Lantas dengan berbagai pembatasan ketat yang harus kembali diberlakukan ini, kapan kira-kira perekonomian Indonesia bisa kembali dibuka? Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Marives) Luhut Binsar Pandjaitan pun menegaskan, kegiatan ekonomi akan kembali dibuka tergantung pada penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi.

Hal ini disampaikan Luhut dalam konferensi pers virtualnya hari Senin (2/8) malam. "Vaksinasi bulan ini kami harap 60-70 juta (suntikan), kami harap September juga demikian," kata Luhut, dikutip pada Selasa (3/8).

"Dengan kita kendalikan pandemi, pembukaan aktivitas ekonomi akan bergantung pencapaian vaksinasi," sambungnya. "Dan implementasi 3T dan 3M."


Koordinator PPKM Level 4 Jawa dan Bali itu menegaskan, Agustus adalah momentum penting untuk meningkatkan cakupan vaksinasi juga implementasi disiplin protokol kesehatan. Bila harapan ini tercapai, Luhut memprediksi kegiatan ekonomi Indonesia bisa kembali dibuka per September 2021.

"Kami berharap, dan bergantung pada mingguan, mungkin secara bertahap, mungkin ada juga nanti yang akan kami buka," terangnya. Pada kesempatan yang sama, Luhut juga memastikan bahwa ketersediaan vaksin akan cukup untuk mencapai target yang sudah ditetapkan.

"Kami berharap kerja sama dari kita semua dan juga untuk semua masyarakat memiliki kesadaran untuk berperan penuh dalam menjaga protokol kesehatan," ujar Luhut. "Agar kita semua dapat segera keluar dari badai pandemi ini."

"Tidak bisa hanya dikerjakan pemerintah," imbuhnya menekankan. "Seluruh bangsa harus terlibat."

Di sisi lain, PPKM Level 4 resmi diperpanjang oleh pemerintah mulai Selasa (3/8) hari ini sampai awal pekan depan. Meski Presiden Joko Widodo menilai PPKM sudah berhasil mengendalikan wabah, namun ada beberapa indikator lain yang menjadi sorotan termasuk positivity rate dan tingkat kematian.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts