Malaysia Sediakan Live-Streaming Bagi Warga yang Ingin Saksikan Hujan Meteor Perseid
Pexels/Jakub Novacek
Dunia

Hujan meteor Perseid akan mencapai puncaknya pada Kamis (12/8) mulai pukul 21.00 hingga dini hari waktu setempat. Adapun kecepatannya bisa mencapai 110 meteor per jam.

WowKeren - Salah satu fenomena langit malam yang saat ini ditunggu-tunggu adalah hujan meteor Perseid. Hujan meteor ini diperkirakan akan berlangsung mulai tanggal 12 Agustus.

Dalam postingan Facebook, Planetarium Nasional mengatakan warga Malaysia akan memiliki kesempatan untuk mengamati fenomena ini pada malam hari sepanjang periode 17 Juli hingga 24 Agustus. Melalui postingan itu, Planetarium mengatakan jika hujan meteor ini akan mencapai puncaknya pada Kamis (12/8) mendatang lebih tepatnya mulai pukul 21.00 hingga dini hari waktu setempat. Adapun kecepatan hujan meteor ini bisa mencapai 110 meteor per jam.

"Hujan meteor Perseid ini akan mencapai puncaknya dengan kecepatan 110 meteor per jam," tulis mereka. "Atau hampir dua meteor per menit pada Kamis, 12 Agustus 2021, pukul 21.00 hingga dini hari 13 Agustus 2021."


Dalam postingan itu, juga diberitahukan pada warga yang ingin melihat secara maksimal maka harus pergi ke tempat yang gelap dan jauh dari polusi cahaya. Tentu saja, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menyaksikan indahnya fenomena langit malam yang satu ini.

Pasalnya, tidak semua orang tinggal di wilayah yang jauh dari polusi cahaya. Bagi para pengamat langit yang takut melewatkan hujan meteor saat mereka tinggal di perkotaan, mereka masih bisa menyaksikannya melalui live streaming online.

Grup Dark Sky Malaysia yang berbasis di Sabah pada 1 Agustus mengumumkan bahwa mereka akan menayangkan siaran langsung hujan meteor, bekerja sama dengan kementerian sains, teknologi dan inovasi Sabah dan Planetarium Nasional. Selain memberikan kesempatan kepada publik untuk mengamati langit bersama, Dark Sky Malaysia mengatakan informasi lebih lanjut tentang hujan meteor Perseid akan diberikan.

Tak cukup sampai di situ, mereka juga menggelar kontes fotografi dan kuis yang juga akan diadakan selama siaran langsung. Dark Sky Malaysia sendiri telah memulai hitungan mundur ke puncak hujan meteor Perseid.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait