BOR Di Rumah Sakit Menurun Saat PPKM Level 4, Presiden Jokowi: Kita Patut Bersyukur
Instagram/jokowi
Nasional

Kabar baik kembali mendatangi Indonesia, setelah sebelumnya berhasil keluar dari resesi, kini BOR di sejumlah rumah sakit mengalami penurunan. Meski demikian, Presiden Jokowi mengimbau untuk tetap waspada.

WowKeren - Pemerintah saat ini masih menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Kebijakan ini akan berlaku hingga 9 Agustus mendatang.

Selama PPKM berlangsung disebut menunjukkan hasil yang baik. Hasil itu dapat dilihat dari tingkat keterisian tempat tidur atau (BOR) di rumah sakit yang mengalami penurunan, khususnya di wilayah Jawa dan Bali.

Mengetahui adanya penurunan itu, Presiden Joko Widodo mengaku sangat bersyukur. Jokowi mengaku selalu mengikuti perkembangan terkait keterisian tempat tidur di sejumlah rumah sakit di Indonesia.

"Kita patut bersyukur bahwa pada pagi hari ini, angka-angka menunjukkan bahwa pandemi di Jawa-Bali mulai sedikit menurun, utamanya di Jakarta," tutur Jokowi dalam konferensi pers, Jumat (6/8). "Saya melihat selalu angka-angka BOR, saya lihat setiap hari, setiap malam."


Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan jika merujuk pada data Pemerintah Provinsi DKI Jakarta per 1 Agustus 2021, tingkat BOR di 140 RS rujukan mengalami penurunan ke angka 56 persen. Artinya bahwa dari jumlah kapasitas 11.436 tempat tidur, hanya terisi 6.367 pasien.

Selain itu, tingkat BOR ICU juga mengalami penurunan di angka 79 persen dari 90 persen. Berdasarkan data DKI Jakarta, dari 1.645 tempat tidur, per 1 Agustus, masih terisi 1.295 pasien.

Jokowi menerangkan bahwa tingkat BOR di RS Darurat Wisma Atlet juga mengalami penurunan. Menurutnya, saat ini BOR di RSD Wisma Atlet telah mencapai sekitar 25 persen. "Tadi pagi, kalau mungkin 6-8 minggu lalu di Wisma Atlet BOR-nya di sekitar 90-an persen," terang Jokowi. "Pagi hari ini tadi saya mendapatkan informasi angkanya sudah berada di posisi 25 persen."

Meski demikian, Jokowi mengimbau dan meminta masyarakat untuk tetap dan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Ia pun menegaskan untuk tetap waspada akan penyebaran dan penularan COVID-19, khususnya varian Delta yang sangat cepat menular.

Tidak hanya di DKI Jakarta, BOR di seluruh rumah sakit rujukan di Jawa Timur juga mulai mengalami penurunan. Sebanyak 30 Kabupaten/Kota di Jatim yang menerapkan PPKM Level 4. Sementara 8 Kabupaten/Kota lainnya menerapkan PPKM Level 3.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait