Presiden Jokowi Sampaikan Hasil Evaluasi PPKM Jawa-Bali, Kembali Diperpanjang?
presidenri.go.id
Nasional

Sebelumnya, pemerintah telah memperpanjang PPKM Level 4 Jawa-Bali hingga 16 Agustus 2021. Artinya, Senin (16/8) hari ini, PPKM telah berakhir, lantas akankah diperpanjang kembali?

WowKeren - Pemerintah hingga saat ini masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level. Seperti yang diketahui, pemerintah telah kembali memperpanjang PPKM Jawa-Bali hingga 16 Agustus 2021. Artinya bahwa Senin (16/8) hari ini, PPKM tersebut telah berakhir, lantas akankah kembali diperpanjang?

Menjelang berakhirnya PPKM, pada Minggu (15/8) kemarin, Presiden Joko Widodo menyampaikan hasil evaluasi dampak selama penerapan kebijakan tersebut. Jokowi mengatakan bahwa dampak dari PPKM ini adalah angka keterisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy ratio (BOR) mengalami penurunan.

Jokowi menyebutkan bahwa BOR di DKI Jakarta sudah mengalami penurunan yang cukup signifikan. Selain itu, ia juga menyebut wilayah di luar Jakarta yang mengalami penurunan BOR.

Adapun daerah beserta penurunan angkanya sebagai berikut:


  1. Jawa Barat: 32 persen
  2. Jawa Tengah: 38,3 persen
  3. Jawa Tengah: 38,3 persen
  4. Jawa Timur: 52,3 persen
  5. Banten: 33,4 persen
  6. DI Yogyakarta: 54,7 persen

"Alhamdulillah, BOR di Jakarta sudah berada di kisaran 29,4 persen, BOR di Wisma Atlet juga turun di angka 19,64 persen," ungkap Jokowi dalam keterangan resmi.

Sementara untuk BOR tingkat nasional, Jokowi mengungkapkan telah berada di angka 48,14 persen. Berdasarkan keterangan dari Jokowi, dapat dilihat bahwa DKI Jakarta merupakan daerah dengan tingkat BOR paling rendah, baik di Jawa dan di bawah angka BOR nasional.

Lebih lanjut, Jokowi juga kembali menekankan untuk terus melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 harian dan ditingkatkan. Saat ini, vaksinasi harian telah mencapai 1,6 juta per harinya.

Kemudian, Jokowi juga meminta untuk melakukan isolasi terpusat. Menurutnya, hal ini penting untuk dilaksanakan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Selain itu, Jokowi juga meminta agar testing dan tracing terus ditingkatkan.

Sedangkan untuk kabar terkait dengan PPKM diperpanjang atau tidak, hingga saat ini belum ada keterangan lebih lanjut dari pemerintah. Hanya saja, selama PPKM yang telah diterapkan selama ini, disebut membawa dampak baik bagi perkembangan COVID-19 di Indonesia.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait