Olivia Rodrigo Serahkan Royalti Jutaan Dolar Usai Dituding Plagiat Lagu Milik Taylor Swift
Instagram/oliviarodrigo
Selebriti

Olivia Rodrigo serahkan royalti jutaan dolar miliknya kepada sejumlah musisi yang diduga telah menerima plagiarisme dari beberapa karya musiknya. Taylor Swift hingga Paramore menjadi salah satunya.

WowKeren - Kabar mengejutkan datang dari aktris sekaligus musisi muda Olivia Rodrigo. Sumber terdekat mengatakan jika Olivia menyerahkan royalti senilai jutaan dolar kepada Taylor Swift dan Hayley Williams vokalis dari grup band Paramore.

Hal itu bermula saat para penggemar menyadari ada persamaan dalam lagu Olivia yang bertajuk "Good 4 U" dengan "Misery Business" milik Paramore yang dirilis pada 2007 silam. Terkait hal tersebut, sepertinya tim Olivia telah membicarakan masalah itu dengan pihak Paramore.

Yang mana, hal itu terlihat dari credit yang ditambahkan dalam lagu "Good 4 U". Benar saja, terdapat nama Hayley Williams dan Joshua Farro di dalam keterangan lagu milik Olivia yang bertajuk "Good 4 U".

Menurut laporan yang diterbitkan Hayley Williams dan Joshua Farro menerima royalti sebanyak 50% dari lagu Olivia. Yang mana, lagu "Good 4 U" telah menduduki posisi 1 dalam Hot 100 Billboard.

Tak hanya Paramore, pada bulan Juli 2021, Olivia menambahkan sejumlah nama musisi seperti Taylor Swift, Jack Antonoff, dan Annie Clark ke dalam credit lagunya. Pasalnya, lagu Olivia yang bertajuk "Deja Vu" juga diklaim memiliki kesamaan dengan karya milik Taylor yakni "Cruel Summer".


Sama halnya dengan Paramore, Taylor, Jack Antonoff, dan Annie Clark juga menerima royalti sebesar 50%. Yang mana, 50% tersebut akan dibagi sama rata.

Masing-masing dari musisi tersebut dikatakan dapat menguangkan royalti yang diberikan Olivia. Royalti sebanyak Rp 1,2 juta dolar Amerika atau setara dengan Rp 1,7 miliar akan dicairkan untuk para musisi tersebut.

Menariknya, salah satu musisi diduga tak mempermasalahkan hak ciptanya digunakan Olivia. Yang mana, sejumlah penggemar mengklaim ada kesamaan dalam lagu Olivia bertajuk "Brutal' dengan karya milik Elvis Costello.

"Ini baik-baik saja bagi saya," tweet Costello . "Begitulah cara kerja rock and roll. Anda mengambil pecahan dari sensasi lain dan membuat mainan baru. Itulah yang saya lakukan."

Pekan lalu, Olivia juga dituding telah melakukan plagiarisme terhadap lagu milik Adam Levine. Seolah tak masalah, Adam melalui laman Instagram pribadinya pun membela Olivia.

"Ini adalah hal-hal rumit dan siapa pun yang pernah menulis lagu tahu bahwa Anda merobek sesuatu secara tidak sengaja, dan itu membuat rekaman, dan kemudian dirilis dan kemudian ada gugatan," tulis vokalis Maroon 5 di Instagram. "Itu hal yang wajar terjadi, dan terkadang menjadi buruk dan terkadang orang harus mengambil tindakan hukum."

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait