Sempat Lupa Nama, Joe Biden Panggil PM Australia Dengan Sebutan 'Kawan di Bawah Sana'
Dunia

Kala mengumumkan kemitraan dengan Australia dan Inggris, Presiden Amerika Serikat Joe Biden sempat melupakan nama Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

WowKeren - Amerika Serikat, Australia, dan Inggris telah resmi menjalin kemitraan kemanan trilateral yang disebut dengan Aukus. Melalui kemitraan tersebut, AS akan berbagi teknologi nuklir yang akan membantu Australia menciptakan armada kapal selam bertenaga nuklir bernilai miliaran dolar.

Ada momen unik yang terjadi kala Presiden AS Joe Biden mengumumkan kemitraan bersejarah tersebut. Awalnya, Biden menoleh ke layar TV tempat Perdana Menteri Inggris Boris Johnson muncul untuk mengucapkan terima kasih atas fase kerja sama baru ini.

"Terima kasih, Boris," ujar Biden dilansir The Guardian pada Kamis (16/9).

Kemudian, Biden ganti menghadap ke layar Perdana Menteri Australia Scott Morrison. Namun ia tampak ragu-ragu.

"Dan saya ingin berterima kasih kepada kawan di bawah sana. Terima kasih banyak sobat," kata Biden. "Saya menghargainya, Tuan Perdana Menteri."


Agaknya, Biden sempat melupakan nama Morrison hingga terpaksa berimprovisasi dan memanggilnya dengan sebutan "kawan di bawah sana". Mengingat lokasi Australia di peta dunia berada di bawah benua Amerika dan Eropa.

Setelah dipanggil dengan sebutan unik tersebut, Morrison akhirnya mengacungkan jempol kepada Biden. Namun beberapa saat kemudian, Biden sudah mengingat dan menyebut nama Morrison dengan benar.

"Hari ini saya merasa terhormat untuk bergabung dengan dua sekutu terdekat Amerika, Australia dan Inggris, untuk meluncurkan fase baru kerja sama keamanan trilateral di antara negara-negara kita," tutur Biden beberapa saat kemudian. "Seperti yang dikatakan Perdana Menteri Morrison dan Perdana Menteri Johnson, saya ingin berterima kasih atas kemitraan ini..."

Blunder Biden ini sempat membuat tagar #ThatFellaDownUnder sempat bergaung di Twitter. "Morrison akan selamanya dikenal sebagai #ThatFellaDownUnder dan saya di sini untuk itu," cuit akun Twitter @Jo***od.

"Saya juga ingin melupakan nama perdana menteri Australia. #ThatFellaDownUnder," tulis akun @Wr***ny. "Joe Biden lupa nama Scott Morrison seperti Perdana Menteri kita lupa wilayah mana pun yang bukan Sydney. #PMforNSW #ThatFellaDownUnder #Auspol," tambah akun @To***de.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts