Telan Biaya Rp970 M, Jokowi Sebut Rusun Pasar Rumput Untuk Warga Terdampak Normalisasi Ciliwung
BPMI Setpres/Lukas
Nasional

Presiden Joko Widodo meresmikan Rusun Pasar Rumput pada Senin (20/9), yang secara istimewa didedikasikan juga untuk menampung warga terdampak normalisasi Sungai Ciliwung.

WowKeren - Rumah Susun Pasar Rumput sudah dibangun sejak 2016 dan akhirnya diresmikan pada Senin (20/9) hari ini. Tak main-main, pemerintah menggelontorkan biaya sampai Rp970 miliar untuk pembangunan rusun dengan kapasitas 1.984 unit hunian tersebut.

"Rusun Pasar Rumput ini dibangun dengan biaya Rp970 miliar," tutur Jokowi dalam agenda peresmian properti tersebut. Namun bukan hanya karena akhirnya proyek bisa diselesaikan, Jokowi menyambut bahagia rusun ini karena bisa digunakan untuk menampung warga terdampak normalisasi Sungai Ciliwung.

"Saya juga senang mendengar bahwa rusun ini juga nantinya bisa menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung," kata Jokowi. "Yang terdampak program normalisasi sungai bagi penanganan banjir."

Sang RI 1 berharap beroperasinya rusun ini bisa membantu masyarakat agar memiliki hunian yang lebih layak. Apalagi karena lokasinya yang strategis sehingga bisa dimaksimalkan untuk melakukan kegiatan ekonomi.


"Keberadaan rusun ini semoga dapat meringankan beban masyarakat khususnya berkaitan dengan penyediaan hunian yang nyaman dan terjangkau," jelas Jokowi. "Dan membantu fasilitasi kegiatan produktif masyarakat kita."

Jokowi pun tak ragu mengungkap sejumlah hal spesial dari Rusun Pasar Rumput. Termasuk dengan berbagai fasilitas yang melengkapi seperti pasar, fasilitas umum, sosial, sampai lahan parkir kendaraan.

"(Rusun Pasar Rumput) menjadi istimewa karena dibangun dengan konsep mixed use development," ujar Jokowi. "Yaitu tidak hanya sebagai hunian berupa 1.984 unit tipe 36 yang ada di lantai 4 sampai lantai 25, tetapi juga rusun ini dibangun di atas pasar dengan ratusan kios pasar dan los di lantai 1 dan lantai 2. Serta fasilitas sosial dan fasilitas umum yang lengkap."

Keberadaan fasilitas umum dan sosial yang lengkap ini bisa memudahkan kegiatan perekonomian para penghuni seperti untuk berdagang. "Rusun Pasar Rumput ini juga istimewa karena juga didukung oleh jalur transportasi yang sangat baik terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas, memudahkan penghuninya untuk melakukan mobilitas," pungkasnya.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru