Reaksi Presiden Prancis Emmanuel Macron Usai Dilempari Telur Oleh Pria Tak Dikenal
AP Photo
Dunia

Insiden 'serangan telur' tersebut terjadi kala Presiden Emmanyel Macron mengunjungi pameran perdagangan restoran dan hotel di kota Lyon, Prancis, pada Senin (27/9).

WowKeren - Seorang pria melempari Presiden Prancis Emmanuel Macron dengan telur pada Senin (27/9). Insiden itu terjadi kala Macron mengunjungi pameran perdagangan restoran dan hotel di kota Lyon.

Dalam video yang viral di media sosial, Macron tampak berjalan di tengah kerumunan kala sebuah telur dilempar dan mengenai bahunya. Dua petugas bodyguards langsung mendekatkan diri mereka ke Macron untuk melindungi bahunya. Video tersebut juga menunjukkan seorang pria yang dibawa pergi dari lokasi oleh petugas bodyguard.

Telur tersebut mengenai bahu Macron, tapi tak sampai pecah. Pelaku langsung ditindak dan dikeluarkan dari ruangan. Macron pun mengatakan akan mencoba berbicara dengan pelaku.

"Jika dia memiliki sesuatu untuk dikatakan kepada saya, biarkan dia datang," kata Macron di International Catering, Hotel and Food Trade Fair (SIRHA). "Saya akan pergi menemuinya setelah ini."


Ini bukan pertama kalinya Macron dilempari telur di tempat umum. Melansir Malay Mail, para politisi Prancis kerap mendapat "serangan telur" dari warga yang marah, tak terkecuali Macron.

Pada tahun 2017 kala Macron masih menjadi kandidat Presiden Prancis, ia juga sempat dilempari telur saat melakukan kunjungan kerumunan di pameran pertanian nasional di Paris. Kala itu, telur tersebut mendarat dan pecah di kepala Macron.

Selain mendapat "serangan telur", Macron juga sempat ditampar oleh seorang pria kala tengah berjabat tangan dengan para simpatisan di kota selatan Valence pada Juni 2021 lalu. Di pengadilan, pria penampar Macron tersebut mengaku bahwa dirinya bersimpati dengan protes "rompi kuning" anti-pemerintah tahun 2018 dan 2019. Ia akhirnya dijatuhi hukuman empat bulan penjara.

Sementara itu, Macron sendiri belakangan tengah gencar tampil di hadapan publik. Detail keamanan Macron pun diperkirakan akan sangat waspada dalam beberapa bulan mendatang.

Macron diketahui tengah melipatgandakan penampilan publiknya menjelang kampanye Pemilihan Presiden Prancis pada April 2022 mendatang. Meski demikian, Macron hingga saat ini masih belum mengumumkan pencalonan dirinya di Pilpres Prancis 2022.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts