Picu Kontroversi, Fans Desak JYP Batalkan Kontrak TWICE Jadi BA Kosmetik Pemutih Kulit
Instagram/felicyangelista_
Selebriti

TWICE dikhawatirkan usai resmi jadi BA produk kosmetik pemutih kulit asal Indonesia, Scarlet Whitening. Pasalnya TWICE dirasa akan ikut andil melakukan tindak diskriminasi atau prasangka berdasarkan warna kulit seseorang.

WowKeren - Jumat kemarin, (15/10), girl group TWICE resmi disahkan jadi brand ambassador sebuah produk kosmetik asal Indonesia, Scarlet Whitening. Namun sayang, kerjasama TWICE dengan artis Felicya Angelista ini menuai kritik tajam dari fans.

Mereka bahkan meminta JYP, agensi yang menaungi TWICE untuk segera menghentikan kontrak kerjasama. Banyak ONCE (sapaan fans TWICE) di seluruh dunia sekarang khawatir bahwa idolanya yang mempromosikan produk kosmetik tersebut akan lebih berkontribusi pada penggunaan perawatan pemutih kulit.

Fans merasa keputusan JYP untuk menyetujui kerjasama ini tidak tepat. Pasalnya, secara tidak langsung TWICE dinilai ikut andil dalam melakukan tindak diskriminasi. Produk pencerah kulit diketahui merupakan titik perdebatan yang signifikan bagi banyak orang, karena keyakinan bahwa mereka menegakkan colorism-diskriminasi atau prasangka berdasarkan warna kulit seseorang.

Dalam email massal ke JYP Entertainment, penggemar menyatakan, "Kami merasa tidak etis bahwa TWICE mempromosikan merek dengan produk pemutih kulit, mengetahui bahwa mereka memiliki penggemar dengan kulit yang lebih gelap."

Picu Kontroversi, Fans Desak JYP Batalkan Kontrak TWICE Jadi BA Kosmetik Pemutih Kulit

Source: Twitter


"Kami meminta Anda (JYP) untuk mempertimbangkan hal ini dan berpikir dengan hati-hati untuk keluar dari kesepakatan atau promosi merek ini karena dapat merusak tidak hanya citra anggota TWICE, tetapi juga dapat sangat menyakitkan bagi penggemar yang mereka miliki," sambungnya.

Fans lain juga sempat menjelaskan mengapa endorsement tersebut bisa dianggap "bermasalah", dengan mengatakan bahwa produk pemutih kulit dapat mengabadikan kesan bahwa seseorang perlu memiliki kulit cerah untuk menjadi cantik. Hal ini tentu semenjadi isu yang perlu diperhatikan.

Beberapa juga menyatakan kebingungan atas perilisan single berbahasa Inggris TWICE, "The Feels". Mereka menanyakan mengapa JYP Entertainment mengizinkan grup tersebut untuk mempromosikan produk pemutih kulit setelah berusaha menarik audiens global dari semua etnis.

Sementara pendapat lain diutarakan fans Indonesia. Mereka mengatakan bahwa endorsement ini tidak berbahaya karena produk tersebut dimaksudkan untuk "mencerahkan" kulit dan membuatnya bersinar daripada mencerahkan pigmen, terlepas dari nama mereknya.

Sampat artikel ini dirilis, JYP Entertainment belum mengeluarkan pernyataan tentang kontroversi tersebut. Namun mereka telah menghapus tweet awal di @JYPETWICE mengenai dukungan tersebut.

(wk/lara)

You can share this post!

Related Posts