Melbourne Siap Akhiri Lockdown Terlama di Dunia Ketika Tingkat Vaksinasi Capai 70 Persen
Dunia

Melbourne siap mengakhiri pengunciannya pada Kamis (21/10) tengah malam waktu setempat ketika kota itu berada di jalur untuk mencapai tingkat vaksinasi 70 persen.

WowKeren - Melbourne dilaporkan siap untuk mengakhiri penguncian di wilayahnya dalam waktu dekat. Seperti diketahui, kota dengan populasi berpenduduk 5 juta jiwa tersebut telah melakukan penguncian selama enam kali berturut-turut atau selama 262 hari.

Adapun penguncian ini pertama kali dimulai pada bulan maret 2020 lalu ketika pandemi mulai menyebar. Sebelumnya, dilaporkan bahwa Sydney juga siap mengakhiri lockdown jika tingkat vaksinasi menyentuh angka 70 persen.

Melbourne siap mengakhiri pengunciannya pada Kamis (21/10) tengah malam waktu setempat ketika kota itu berada di jalur untuk mencapai tingkat vaksinasi 70 persen. Penguncian yang memaksa orang-orang untuk tetap berada di rumah selama hampir sembilan bulan dilaporkan oleh media sebagai yang terlama di dunia.

Perdana Menteri Victoria Daniel Andrews telah mengumumkan pelonggaran terhadap langkah-langkah pencegahan COVID-19 negara bagian pada 17 Oktober lalu. Ia menambahkan bahwa Victoria diproyeksikan capai 90 persen vaksinasi dosis pertama pada Senin atau Selasa (18 atau 19 Oktober).


"(Itu) adalah upaya yang luar biasa," ujarnya mengutip The Age. "Dan sesuatu yang membuat kami sangat, sangat bangga."

Sedangkan menurut The Guardian, akhir dari penguncian dilakukan lima hari lebih awal dari yang direncanakan sebelumnya. Dengan berakhirnya penguncian ini maka itu artinya warga Victoria akan diizinkan meninggalkan rumah mereka tanpa batas perjalanan dalam lingkup kota metropolitan Melbourne.

Sementara itu, setiap rumah diperbolehkan untuk menerima hingga 10 pengunjung sehari, sedangkan pertemuan di luar ruangan dapat mencakup hingga 15 orang. Kabar gembira berlanjut pada dihapusnya aturan jam malam. Sebelumnya, aturan jam malam mengharuskan warga Melbourne untuk tinggal di rumah mulai jam 9 malam hingga 5 pagi.

Namun yang perlu digarisbawahi adalah bahwa perjalanan dari kota ke kawasan Victoria masih harus dibatasi. Sebelumnya pada September lalu, gelombang protes yang menentang penguncian Melbourne sempat menuai sorotan. Aksi ini berlangsung tiga hari dan menarik kerumunan hingga 2.000 orang berbaris di sepanjang kota.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru