Malaysia Setop Sementara Perjalanan Umrah Demi Tekan Infeksi Omicron
Dunia

Untuk menghindari kondisi kewalahan pada sistem kesehatan, Kementerian Kesehatan Malaysia perlu melakukan strategi untuk memperlambat penyebaran varian omicron.

WowKeren - Malaysia mengambil langkah lebih lanjut untuk menekan penyebaran infeksi COVID-19 yang disebabkan oleh varian omicron. Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin mengatakan bahwa pemerintah akan menangguhkan izin perjalanan untuk melakukan umrah.

Adapun langkah ini bersifat sementara dan dilakukan untuk memperlambat penyebaran varian omicron. Langkah ini diambil menyusul data yang diperoleh menunjukkan bahwa hampir 78 persen kasus baru (yang diduga) omicron berasal dari mereka yang kembali dari melakukan ibadah haji.

Dalam sebuah posting di akun Twitter-nya, dia mengatakan bahwa menurut Institute for Medical Research (IMR), infeksi yang diduga omicron itu, 100 persen dikonfirmasi omicron melalui urutan genom penuh. Ia mengakui bahwa negaranya mungkin memang membutuhkan suntikan vaksin dosis ketiga.

"Penilaian risiko akan terus dilakukan. Untuk saat ini, kami (Kementerian Kesehatan) tahu dosis suntikan booster diperlukan," ujarnya. "Yang terpenting adalah respons kami berdasarkan data baru. Inilah yang dimaksud dengan respons berbasis bukti."


Dia juga mengatakan bahwa penularan omicron lebih besar dari varian delta. Untuk menghindari kondisi kewalahan pada sistem kesehatan, Kemenkes perlu melakukan strategi untuk memperlambat penyebaran varian omicron.

Khairy bahkan mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan gelombang besar omicron akan dimulai di Malaysia, sebagaimana yang sudah terjadi di beberapa negara lainnya. Ia juga menambahkan berbagai langkah yang bisa dilakukan untuk memperlambat penyebaran varian omicron ini.

Selain dosis vaksin ketiga, ia juga menekankan pemakaian masker, pengadaan ventilasi yang baik, melakukan serangkaian prosedur TRIIS atau upaya Menguji, Melaporkan, Mengisolasi, Menginformasikan, Mencari dengan menggunakan MySJ Trace. Tak kalah penting, kontrol gerbang internasional adalah salah satu langkah untuk memperlambat penyebaran omicron, tambahnya.

Khairy mengumumkan bahwa pemerintah telah memutuskan untuk menangguhkan sementara izin perjalanan untuk melakukan umrah mulai 8 Januari untuk menekan penyebaran varian omicron. Adapun penundaan itu dilakukan karena kekhawatiran penyebaran varian yang disebabkan karena ketidakpatuhan jemaah umrah dengan prosedur karantina di rumah yang bisa mengakibatkan infeksi di antara anggota keluarga.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait