Paus Fransiskus Kritik Pedas Mereka yang Pilih Adopsi Hewan Piaraan Ketimbang Anak
AFP/Alberto Pizzoli
Dunia

Ia mencontohkan orang-orang yang tidak ingin memiliki anak, atau hanya memiliki anak satu. Begitu juga dengan pasangan yang lebih suka mengadopsi anjing ataupun kucing

WowKeren - Paus Fransiskus baru-baru ini melontarkan kritik pedas terhadap orang-orang yang memilih untuk mengadopsi hewan ketimbang anak-anak. Kritik itu disampaikannya ketika berceramah di depan khalayak umum tentang St. Joseph, bapa duniawi Yesus.

Dalam pernyataannya, ia mengatakan bahwa keputusan Joseph untuk membesarkan Yesus adalah "salah satu bentuk cinta tertinggi". Ia kemudian berbicara bahwa mereka yang memilih untuk mengadopsi hewan peliharaan dibanding anak-anak, sama artinya dengan berkontribusi pada hilangnya rasa kemanusiaan.

Ia mencontohkan orang-orang yang tidak ingin memiliki anak, atau hanya memiliki anak satu. Begitu juga dengan pasangan yang lebih suka mengadopsi anjing ataupun kucing.

"Kami melihat bahwa orang tidak ingin memiliki anak, atau hanya satu dan tidak lebih," ujarnya. "Dan banyak, banyak pasangan tidak memiliki anak karena mereka tidak ingin, atau mereka hanya memiliki satu tetapi mereka memiliki dua anjing, dua kucing."

Menurutnya, fenomena semacam itu membuatnya geli ketika keberadaan anjing dan kucing dipakai untuk menggantikan anak-anak. "Ya, anjing dan kucing menggantikan anak-anak. Ya, itu lucu, saya mengerti, tetapi itulah kenyataannya," lanjutnya.


Sikap semacam itu menurutnya dapat mengurangi rasa kemanusiaan pada diri manusia. Alhasil, peradaban pun bisa menua karena hilangnya apa yang disebut kebapaan dan keibuan yang mana itu dapat menghadirkan penderitaan.

"Dan penyangkalan menjadi ayah atau ibu ini mengecilkan kita, menghilangkan kemanusiaan kita," jelasnya lagi. "Dan dengan cara ini peradaban menjadi tua dan tanpa kemanusiaan, karena kehilangan kekayaan kebapaan dan keibuan. Dan tanah air kami menderita, karena tidak memiliki anak."

Seseorang, sebutnya, bisa menjadi orang tua karena memiliki tanggung jawab untuk membesarkan anak-anak mereka. Ia kemudian mencontohkan seorang ayah.

"Ayah tidak dilahirkan, tetapi dibuat," katanya. "Seorang pria tidak menjadi ayah hanya dengan membawa seorang anak ke dunia, tetapi dengan mengambil tanggung jawab untuk merawat anak itu."

Begitu juga dengan pasangan yang sudah memiliki anak, menurutnya mereka harus mempertimbangkan untuk adopsi. "Berapa banyak anak di dunia yang menunggu seseorang untuk merawat mereka," katanya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait