Jamaika Berhasil Tangkap Tersangka Utama Dalam Kasus Pembunuhan Mantan Presiden Haiti
CFP
Dunia

Setelah melakukan penyelidikan mendalam atas kasus pembunuhan mantan Presiden Haiti Jovenel Moise, kini terduga tersangka utama telah berhasil diamankan di Jamaika.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, masyarakat dunia menyoroti peristiwa nahas yang menimpa mantan Presiden Haiti Jovenel Moise. Moise ditemukan tewas didalam kediaman lantaran diterjang timah panas.

Sebelumnya, otoritas Haiti juga mengumumkan telah menangkap dalang dibalik kasus pembunuhan tersebut. Dalang pelaku pembunuhan tersebut disebut masih ada kaitannya dengan Amerika Serikat (AS).

Peristiwa nahas yang menimpa Moise kala itu, berkaitan dengan situasi dan kondisi politik di Haiti yang memang tengah kacau. Namun tidak ada yang menyangka bahwa kekacauan politik tersebut berujung pada menghilangkan nyawa.

Melansir CGTN, kini pihak berwenang Jamaika telah menahan seorang mantan senator Haiti yang merupakan tersangka utama dalam pembunuhan Moise. Hal ini disampaikan oleh polisi nasional Jamaika pada Sabtu (15/1).

Sementara itu, Juru Bicara Pasukan Polisi Jamaika, Dennis Brooks mengatakan kepada Reuters, bahwa John Joel Joseph yang diketahui merupakan seorang politisi Haiti terkenal yang disebut oleh pihak berwenang sebagai tersangka dalam pembunuhan Moise, ditangkap oleh pihak berwenang pada hari Jumat.


Namun Brooks enggan memberikan tanggapan lebih lanjut atas penangkapan itu mengikuti permintaan Biro Investigasi Federal AS, yang juga menyelidiki kasus pembunuhan tersebut. Termasuk juga, belum ada penjelasan secara detail mengenai lokasi pasti penangkapan Joseph di Jamaika.

Sebagai pengingat, Moise ditembak mati ketika para pembunuh bersenjatakan senapan menyerang kediaman pribadinya di perbukitan di atas Port-au-Prince pada 7 Juli 2021 lalu. Hal ini lantas memicu perburuan besar-besaran dan penyelidikan di beberapa negara di Amerika Latin dan Karibia.

Masih melansir CGTN, beberapa hari setelah pembunuhan Moise, Kepala Polisi Nasional saat itu yakni Leon Charles mengatakan bahwa Joseph merupakan kuncu dalam kasus tersebut. Charles menduga bahwa Joseph memasok senjata dan merencanakan pertemuan, dan bahwa polisi sedang mencarinya.

Setelah kasus pembunuhan Moise pada Juli, Haiti juga telah menangkap puluhan orang yang meninggalkan kekosongan politik di negara Karibia itu. Namun itu tidak menuntut siapa pun, dan penyelidikan telah menarik keluhan di negara itu tentang penundaan dan intimidasi pejabat.

Sebelumnya, pihak berwenang AS pada Januari ini, mendakwa seorang pria Kolombia dengan konspirasi untuk melakukan pembunuhan atau penculikan di luar Amerika Serikat sehubungan dengan pembunuhan Moise. Hal ini dinilai sebagai tuduhan resmi pertama dalam kejahatan yang berani.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru