Birthday Spotlight: Happy Wendy Day
Selebriti

Birthday Spotlight kali ini hadir untuk merayakan ulang tahun Wendy yang jatuh pada Senin (21/2). WowKeren secara khusus akan mengulas tentang vokalis utama Red Velvet tersebut.

WowKeren - Wendy Red Velvet merayakan ulang tahun ke-28 (perhitungan umur internasional) pada Senin (21/2). Kali ini Birthday Spotlight akan menemani membaca setia WowKeren dalam rangka mengupas tuntas perjalanan hidup sang idol berbakat tersebut.

Bagi fans K-Pop, nama Wendy sudah tidak asing lagi. Wendy dikenal sebagai salah satu vokalis utama dengan suara emas sejak debut dengan Red Velvet. Selain itu, ia juga tampil sebagai pengisi soundtrack drama-drama terkenal dan penyanyi solo andal.

Tanpa perlu berlama-lama, yuk intip perjalanan karier Wendy dari sebelum debut hingga menjadi salah satu vokalis terhebat K-Pop saat ini.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Wendy dilahirkan dengan nama Son Seung Wan pada 21 Februari 1994 di distrik Seongbuk, Seoul Korea Selatan. Saat duduk di bangku kelas 5 SD, Wendy dan kakaknya Song Seung Hee pindah ke Kanada dari Jecheon. Sejak belajar di Kanada dan Amerika Serikat, akhirnya ia memakai nama Inggris Wendy Shon.

Meski orangtuanya mencintai musik, awalnya Wendy ditentang mengejar karier di dunia hiburan. Saat akhirnya mendapatkan izin, Wendy mengajukan audisi online ke Cube Entertainment saat masih SMA. Meskipun tidak berhasil, ia menjadi finalis yang dipilih solois G.NA kala itu.

Setelah gagal audisi Cube Entertainment dan YG Entertainment, akhirnya Wendy tembus di SM Global Audition 2012. Menjadi trainee selama kurang dari dua tahun, Wendy diperkenalkan sebagai salah satu anggota grup predebut SM Entertainment, SM Rookies pada 14 Maret 2014. Sebelum debut, ia sudah mengisi soundtrack "Because I Love You" untuk drama Mnet "Mimi".

2. Debut


Debut

Wendy debut bersama dengan Irene, Seulgi, dan Joy dalam grup Red Velvet pada 1 Agustus 2014. Dengan formasi awal, Red Velvet merilis single "Happiness" dan menjadi girl grup pertama SM Entertainment setelah lima tahun.

Debut Wendy bersama Red Velvet terbilang sukses ditandai dengan MV "Happiness" berhasil ditonton 2 juta kali selama 24 jam pertama. Red Velvet juga berhasil memetakan single debut mereka ke tangga lagu Billboard World Digital Songs pada peringkat 4.

Tak lama setelah debut, Red Velvet merilis lagu remake senior mereka S.E.S yang berjudul "Be Natural". Berkolaborasi dengan Taeyong NCT, mereka memamerkan kemampuan vokal mumpuni dan dance on point saat menari di atas kursi.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Sepanjang karier dengan Red Velvet, Wendy mendulang kesukesan. Red Velvet berhasil menyabet kemenangan dengan lagu "Ice Cream Cake" di "Music Bank" pada tahun 2015.

Red Velvet juga dianggap sebagai salah satu grup K-Pop paling populer di dunia oleh Time dan Billboard. Selama karier, mereka menerima beberapa penghargaan untuk musik, koreografi, dan popularitas, termasuk Golden Disc New Artist Award pada 2015 dan Mnet Asian Music Award untuk Best Female Group pada 2017.

Sampai saat ini, Red Velvet setidaknya sudah merilis 3 album studio, 1 reissue album, 1 album kompilasi dan 10 EP. Girl grup yang kini beranggota lima orang itu selalu meraih kesuksesan di setiap comeback.

Secara pribadi, 2019 menjadi tahun cemerlang untuk Wendy. Selain bergabung dengan REDMARE Tour bersama Red Velvet sebagai tur konser Amerika dan Kanada pertama mereka, Wendy juga perdana mendapat kredit penulisan lagu. Kredit itu didapat saat Red Velvet berkolaborasi dengan Ellie Goulding dan Diplo untuk lagu "Close To Me".

Selain itu, lagu Wendy untuk OST drama Lee Dong-wook dan Yoo In Na "Touch Your Hear" juga mendapat penghargaan "Asia-Pacific Gold Song of The Year". Dalam drama itu, ia menyumbangkan suara untuk lagu "What if Love".

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Sebelum resmi debut sebagai artis solo, Wendy sudah banyak melakoni aktivitas sendiri. Beberapa kali ia muncul di televisi seperti menjadi panelis "We Got Maried" di tahun 2016, muncul di "King of Mask Singer" dan masih banyak lagi.

Wendy juga terlibat kolaborasi dengan nama-nama terkenal. Lagu "Spring Love" yang direkam dengan Eric Nam berhasil menembus tangga lagu Korea Selatan. Tak hanya penyanyi Korea, Wendy berkolaborasi dengan John Legend dalam lagu "Written in the Stars".

Setelah hiatus akibat insiden jatuh dari ketinggian lebih dari 2 meter di SBS Gayo Daejun 2020, Wendy hiatus selama setahun dan kembali muncul pada Januari 2021. Kemudian Wendy merilis EP solo pertamanya "Like Water" pada 5 April di tahun yang sama.

5. Kontroversi


Kontroversi

Wendy sempat mendapat kecaman karena menirukan gadis kulit hitam di acara "Tak Mon". Karenanya, Wendy mendapatkan cap rasis oleh penggemar internasional. Terlebih lagi, itu bukan kali pertama Wendy melakukannya.

Kontroversi itu bermula saat Wendy diminta menjelaskan dialek bahasa Inggris yang berbeda karena tumbuh di Kanda dan AS. Setelah meniru cara bicara gadis kulit putih dengan nada tinggi, ia lalu mempraktikkan cara bicara gadis kulit hitam sambil menggunakan gestur yang berbeda.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Wendy baru-baru ini disibukkan dengan promosi single "Step Back" bersama super girl grup GOT The Beat yang dibentuk SM Entertainment. Selain Wendy dan teman segrupnya Seulgi, super grup tersebut juga terdiri dari BoA, Tae Yeon dan Hyoyeon Girls' Generation, serta Karina dan Winter aespa.

Sementara untuk proyek mendatangnya, Wendy dan Red Velvet telah dikonfirmasi bakal segera comeback pada Maret 2021. Kabar tersebut dengan segera mendapatkan perhatian dari publik yang sudah tidak sabar menantikan comeback Red Velvet.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait