Ukraina Ungkap Kemungkinan Presiden Zelensky dan Putin Bertemu Langsung Di Turki
AP
Dunia

Beredar kabar bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Valodymyr Zelensky akan bertemu secara langsung untuk bernegoisasi di Turki dalam waktu dekat.

WowKeren - Invasi Rusia ke Ukraina diketahui masih berlanjut hingga saat ini. Kedua belah pihak pun masih mengupayakan segala cara demi didapatkan kesepakatan dan perdamaian.

Kini, beredar kabar bahwa Presiden Ukraina Valodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu secara langsung. Kabar itu disampaikan langsung oleh negosiator Ukraina, David Arakhamia.

David menyebut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menelepon Zelensky dan Putin. Erdogan mengatakan bahwa Turki bersedia menjadi tuan rumah pertemuan keduanya.

"Kemarin, Erdogan menelpon kami dan Vladimir Putin. Ia juga disebut telah mengonfirmasi bahwa pihaknya siap mengatur pertemuan Zelensky dan Putin mendatang," kata David Arakhamia, dikutip dari CNN.

Belum diketahui pasti perihal waktu pertemuan Zelensky dan Putin. Namun, David mengungkap kemungkinan besar pertemuan kedua Presiden akan dilakukan dalam waktu dekat. Rencananya pertemuan tersebut akan digelar di Istanbul atau Ankara, Turki.


"Waktu dan tempat pertemuan ini masih belum diketahui, tetapi kami percaya kemungkinan besar pertemuan itu akan diadakan di Istanbul atau Ankara, Turki," ungkap David Arakhamia.

Terkait hal tersebut, pihak Ukraina dikatakan sudah mempersiapkan sejumlah dokumen tahapan final lainnya. Diharapkan pertemuan kedua kepala negara itu menghasilkan kesepakatan damai.

"Maka dari itu, tugas kami sekarang adalah mempersiapkan dengan cepat tahap final, bukan dokumennya, tetapi isu yang telah disinggung, dan bersiap untuk kemungkinan pertemuan para presiden," jelas David Arakhamia.

Tak hanya membahas kemungkinan kesepakatan dalam negosiasi, David mengungkap Moskow telah menyetujui diadakannya referendum status netral di Ukraina. Ia juga menilai langkah itu merupakan satu-satunya cara untuk keluar dari perang.

Sementara itu, Turki diketahui memang memiliki hubungan baik dengan Ukraina dan Rusia. Zelensky juga sudah lama mengungkap keinginan bertemu dengan Putin.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait