Spesial Hari Pendidikan Nasional: 10 Artis Ini Pernah Perankan Sosok Guru di Proyek Filmnya
Instagram/therealdisastr
Selebriti

Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, Tim WowKeren merangkum sederet artis Tanah Air yang sukses memerankan sosok guru di proyek akting filmnya. Siapakah mereka?

WowKeren - Hari Pendidikan Nasional atau biasa disingkat HARDIKNAS ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara. Beliau merupakan tokoh pelopor pendidikan di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara juga sosok pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa. Oleh karena itu, HARDIKNAS diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

HARDIKNAS memanglah hari nasional yang bukan hari libur, namun tetap dirayakan secara luas di Indonesia. Bentuk perayaan HARDIKNAS biasanya ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi, dari tingkat kecamatan hingga pusat. Dalam upacara tersebut terkadang ada penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pejabat terkait.

Di sisi lain, dunia perfilman Tanah Air seringkali mengusung tema pendidikan sebagai karya seni. Tak jarang, banyak selebriti yang dipercaya untuk memerankan sosok pahlawan di dunia pendidikan, yaitu guru. Lantas, artis siapa sajakah yang meninggalkan kesan cukup kuat sebagai sosok pengajar? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

(wk/raud)

1. Cut Mini


Cut Mini
Instagram/mincrut

Cut Mini menjadi artis pertama yang memiliki kesan membekas sebagai guru di "Laskar Pelangi". Cut Mini dipercaya Riri Riza untuk memerankan Bu Muslimah, seorang guru di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan.

Peran ini sukses mengantarkan Cut Mini meraih piala bergengsi di tahun 2009. Seperti trofi Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop di Festival Film Bandung, Pemeran Utama Wanita Terbaik dari Indonesian Movie Actors Awards, serta Artis Terbaik dalam Brussel International Independent Film Festival.

2. Donny Alamsyah


Donny Alamsyah
Instagram/donnyalamsyah

Selebriti selanjutnya yang layak diapresiasi adalah Donny Alamsyah. Aktor 43 tahun itu dipilih untuk memerankan Ustad Salman di "Negeri 5 Menara". AKting Donny diapresiasi karena berhasil menunjukkan sosok guru di pesantren yang berkarakter tegas namun tetap menginspirasi siswanya untuk belajar lebih giat.

3. Dian Sastro


Dian Sastro
Instagram/therealdisastr

Dian Sastro diketahui memulai debut produser filmnya melalui "Guru-Guru Gokil". Menariknya, Dian juga ikut berakting sebagai Nirmala, seorang guru terpintar yang memiliki sifat pelupa dan sulit untuk fokus pada satu hal. Hal itu lantara tokoh Nirmala sedang hamil dan memiliki masalah dalam rumah tangganya.

4. Reza Rahadian


Reza Rahadian
Instagram

Aktor kondang Reza Rahadian tentu masuk dalam daftar ini. Tak tanggung-tanggung, Reza memerankan pahlawan Nasional Haji Oemar Said Tjokroaminoto di "Guru Bangsa: Tjokroaminoto". Tjokroaminoto diketahui sebagai keluarga bangsawan yang rela melepaskan status darah birunya demi mengabdi pada negara.

5. Prisia Nasution


Prisia Nasution
Instagram/prisia

Prisia Nasution juga memiliki kesan kuat di hati pemirsa atas perannya sebagai guru di film "Sokola Rimba". Aktris cantik ini sukses memerankan sosok Butet Manurung, seorang aktivis wanita yang bekerja di lembaga konservasi Jambi selama 3 tahun. Prisia berhasil membuat pemirsa terpana akan aktingnya sebagai sosok yang menemukan impiannya dengan mengajar baca tulis dan menghitung kepada anak-anak masyarakat suku anak dalam atau dikenal sebagai Orang Rimba.

6. Gading Marten


Gading Marten
Instagram/gadiiing

Gading Marten rupanya ikut berpartisipasi dalam "Guru-Guru Gokil". Mantan suami Gisella Anastasia itu memerankan sosok pemuda bernama Taat Pribadi yang terpaksa menjadi guru pengganti di sekolah terpencil di Jawa Barat. Di sana, Taat mengalami banyak kejadian kocak saat mengajar mata pelajaran Sejarah.

7. Mathias Muchus


Mathias Muchus
WowKeren

Aktor senior Mathias Muchus lagi-lagi menuai pujian atas akting hebatnya. Kali ini, suami Mira Lesmana ini menyita perhatian atas peran apiknya sebagai guru di Papua dalam "Denias Senandung Di Atas Awan".

8. Dewi Hughes


Dewi Hughes
Instagram/hughes.dewi

Artis selanjutnya yang meninggalkan kesan kuat sebagai guru adalah Dewi Hughes. Aktris sekaligus penulis kondang ini merupakan guru kelas Sherina dan Derby Romero di film "Petualangan Sherina".

9. Acha Septriasa


Acha Septriasa
Instagram/septriasaacha

Acha Septriasa memang sering memerankan berbagai karakter untuk mengeksplorasi aktingnya. Kali ini, ia menjadi seorang dosen bernama Layla dalam film "Layla Majnun". Tokoh Layla tersebut sukses mewujudkan impiannya mengajar keluar negeri sebagai sebagai dosen tamu di Azerbaijan.

10. Laudya Cynthia Bella


Laudya Cynthia Bella
Instagram/lbylcb

Terakhir, ada Laudya Cynthia Bella yang dipercaya untuk memerankan seorang guru di film "Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara". Aktris 34 tahun rupanya berakting berdasarkan kisah nyata dari sosok pengajar di salah satu desa terpencil di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel