*/
Jokowi Imbau Pemudik Tak Serentak Kembali Pada Puncak Arus Balik, Polisi Siapkan Skema Lalu Lintas
presidenri.go.id
Nasional

Setelah menghadapi puncak arus mudik yang telah berlangsung pada 28-30 April lalu, kini pemerintah pun tengah menyiapkan skema lalu lintas dalam menghadapi puncak arus balik mudik Lebaran 2022.

WowKeren - Puncak arus mudik saat ini tampaknya mulai melandai. Sementara itu, pemerintah memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran 2022 akan terjadi pada 6-8 Mei mendatang. Pasalnya perkantoran sudah mulai aktif kembali pada Senin (9/5).

Terkait dengan hal itu, Presiden Joko Widodo sebelumnya pun telah mengimbau para pemudik agar tidak kembali serentak pada puncak arus balik guna menghindari kemacetan. Jokowi pun mengimbau masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi untuk kembali sebelum atau sesudah terjadinya puncak arus balik.

"Untuk menghindari arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya imbau, saya mengajak bapak, ibu, saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik, tentunya sesuai izin yang didapatkan dari tempat kerja," tutur Jokowi dalam keterangannya, dilihat Rabu (4/5).

Lebih lanjut, Jokowi pun menegaskan bahwa pemerintah akan melakukan upaya terbaik agar perjalanan masyarakat nyaman, termasuk dengan manajemen lalu lintas guna mengurai kemacetan. Adapun manajemen lalu lintas di antaranya seperti ganjil genap, satu arah atau one way, dan larangan truk masuk jalan tol.


Di samping itu, Polri pun telah merancang rekayasa lalu lintas satu arah saat arus balik mudik Lebaran 2022 yang dimulai pada 6-8 Mei nanti. Adapun rekayasa lalu linta itu akan diberlakukan dari arah Semarang menuju Jakarta.

"Arus balik juga sudah disiapkan oleh Pak Kapolda, Pak Kakorlantas, nanti akan menerapkan hampir sama mulai tanggal 6-8 itu ada one way, ada contraflow, dan ada ganjil genap," ujar Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy dalam keterangannya, dilihat Rabu (4/5).

Berikut pelaksanaan skema lalu lintas saat puncak arus mudik Lebaran 2022 berlangsung. Pada Jumat (6/5), mulai pukul 14.00 WIB sampai 00.00 WIB, dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai KM 47 Tol Cikampek, diteruskan contraflow sampai KM 28.500.

Kemudian pada Sabtu (7/5), mulai pukul 07.00 WIB sampai 00.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 3.500 Gerbang Tol Halim. Sementara pada Minggu (8/5), mulai pukul 07.00 hingga Senin (9/5) pukul 03.00 WIB, dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 3.500 Gerbang Tol Halim.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru