WHO Izinkan Penggunaan Vaksin COVID CanSinoBIO dari Tiongkok, Manfaat Lebih Besar dibanding Risiko
VCG
Dunia

WHO akhirnya mengizinkan penggunaan CanSinoBIO asal Tiongkok sebagai vaksin one-shot untuk COVID-19. Jadi vaksin COVID kesembilan yang mendapat persetujuan WHO untuk digunakan.

WowKeren - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali mengizinkan penggunaan vaksin COVID-19 asal Tiongkok. Kali ini, WHO mengizinkan penggunaan vaksin Covid-19 one-shot pabrikan Cina, CanSinoBIO pada Kamis (19/5). Jadi vaksin COVID-19 ke sembilan yang akhirnya juga mendapatkan lampu hijau dari WHO.

WHO memberikan daftar penggunaan darurat (EUL) untuk vaksin Convidecia yang perusahaannya berbasis di Tianjin saat Tiongkokmemerangi kebangkitan virus yang dipicu oleh varian Omicron.

Ini adalah vaksin buatan Tiongkok ketiga yang disetujui oleh WHO. Sebelumnya, vaksin Sinovac dan Sinopharm telah lebih dulu mendapatkan persetujuan.

Convidecia ditemukan memiliki 64 persen kemanjuran melawan penyakit simtomatik. Serta 92 persen kemanjuran melawan COVID-19 yang parah, kata WHO.

"Vaksin tersebut memenuhi standar WHO untuk perlindungan terhadap COVID-19 dan ... manfaat vaksin jauh lebih besar daripada risikonya," kata badan kesehatan PBB itu dalam sebuah pernyataan, melansir Todayonline.com.


Pakar vaksin WHO merekomendasikan vaksin ini untuk orang berusia 18 tahun ke atas. Suntikan telah diluncurkan di Tiongkok, Argentina, Chili, Malaysia, Meksiko dan Pakistan.

WHO kini telah memberikan status EUL ke sembilan vaksin COVID-19 dan variasinya. Mereka di antaranya adalah Pfizer/BioNTech, AstraZeneca, Janssen, Moderna, Sinovac, Sinopharm, Bharat Biotech, Novavax, dan sekarang CanSinoBIO.

Badan kesehatan PBB itu diketahui mulai meninjau data bergulir tentang vaksin CanSinoBIO pada bulan Agustus. WHO mengatakan persetujuan EUL memberikan jaminan kepada negara, penyandang dana, lembaga pengadaan dan masyarakat bahwa vaksin tersebut telah memenuhi standar internasional.

Daftar WHO membuka jalan bagi negara-negara untuk menyetujui dan mengimpor vaksin untuk didistribusikan dengan cepat. terutama yang tidak memiliki regulator standar internasional sendiri.

Ini juga membuka pintu bagi jabs untuk memasuki fasilitas berbagi vaksin global Covax, yang bertujuan untuk memberikan akses yang adil ke dosis di seluruh dunia, terutama di negara-negara miskin.

Sepetti diketahui, Tiongkok menjadi negara ekonomi global utama terakhir yang berpegang teguh pada kebijakan nol-COVID yang kaku – sedang berjuang melawan kemerosotan ekonomi karena lockdown virus yang berkepanjangan yang telah membatasi rantai pasokan, memadamkan permintaan, dan menghentikan manufaktur.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru