Korea Selatan Perdana Setujui Vaksin COVID-19 Buatan Dalam Negeri
Pxhere
Dunia

Korea Selatan telah menyetujui vaksin COVID-19 pertama dalam negeri yang dikembangkan di negara. 4 ribu orang dari Korea Selatan dan 5 negara lain ikut terlibat dalam uji klinis untuk vaksin COVID-19 tersebut.

WowKeren - Pejabat kesehatan di Korea Selatan telah menyetujui vaksin COVID-19 pertama dalam negeri yang dikembangkan di negara itu pada Rabu (29/6). Vaksin tersebut ditujukan untuk orang berusia 18 tahun ke atas. Vaksin itu menjadi tambahan alat kesehatan masyarakat lainnya dalam perang melawan pandemi yang berkepanjangan.

Vaksin SKYCovione diuji klinis dengan melibatkan sekitar 4.000 peserta di Korea Selatan dan lima negara lain. Dalam uji klinis tersebut, dua dosis SK Bioscience tampaknya lebih efektif daripada suntikan AstraZeneca yang digunakan secara luas dalam membangun kekebalan terhadap infeksi, kata pejabat di Kementerian Keamanan Makanan dan Obat Korea Selatan.

Tidak segera jelas bagaimana para pejabat akan mengelola vaksin yang baru dikembangkan atau seberapa besar peran yang akan diberikan pada fase pandemi berikutnya. Suntikan itu dirancang untuk versi asli virus Corona, bukan varian Omicron yang lebih menular hingga mendatangkan malapetaka di negara itu awal tahun ini.

Kampanye imunisasi massal Korea Selatan sebagian besar bergantung pada suntikan mRNA Pfizer dan Moderna. Namun para pejabat mengatakan vaksin protein seperti SKYCovione, yang serupa dengan suntikan yang digunakan selama bertahun-tahun untuk melawan flu biasa dan hepatitis B, dapat menarik bagi orang-orang yang ragu-ragu untuk menggunakan vaksin yang dikembangkan dengan teknologi yang lebih baru.


“Persetujuan (dari SKYCovione) secara internasional menegaskan kemampuan perusahaan kami untuk mengembangkan vaksin COVID-19,” kata Menteri Keamanan Makanan dan Obat-obatan Oh Yu-kyoung dalam sebuah pengarahan.

Dia mengatakan SK Bioscience sedang mencari persetujuan dari Organisasi Kesehatan Dunia untuk penyuntikan. Di mana hal itu juga berarti potensi membuka peluang ekspor.

Korea Selatan telah melonggarkan sebagian besar pembatasan virusnya setelah berjuang melawan lonjakan omicron awal tahun ini, tetapi beberapa ahli mengatakan negara itu mungkin melihat peningkatan infeksi lain meskipun tingkat vaksinasi tinggi karena kekebalan yang berkurang dan kemungkinan munculnya varian baru.

Negara itu melaporkan 10.463 kasus baru virus corona pada hari Rabu, peningkatan harian pertamanya lebih dari 10.000 dalam 20 hari. Pejabat Kementerian Kesehatan Son Youngrae mengatakan dalam briefing terpisah, terlalu dini untuk mengatakan apakah negara itu menghadapi lonjakan lain setelah tren penurunan selama berbulan-bulan.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru