King of Summer is Back, 12 Potret Perjalanan Karier WINNER Selama 8 Tahun Debut
Twitter/korea_odyssey
Selebriti

WINNER akhirnya comeback setelah 2 tahun vakum. Boy grup asal YG Entertainment ini rupanya telah mengalami lika-liku yang melelahkan selama hampir 1 dekade. Yuk, intip perjalanan kariernya!

WowKeren - WINNER (II) baru saja menyapa penggemar melalui comeback berjudul "I LOVE U" pada Selasa (5/7) kemarin. Comeback tersebut begitu dinantikan publik karena Kang Seung Yoon dan kawan-kawan sudah hiatus selama 2 tahun lamanya.

Song Min Ho cs kembali mengusung konsep ceria khas musim panas yang ceria. Lagu "I LOVE U" sendiri mengajikan musik ala bubblegum pop yang sangat cocok didengarkan di musim panas. Publik juga memberi reaksi positif dan lagu "I LOVE U" berhasil memuncaki tangga lagu nasional maupun internasional.

Di sisi lain. Lee Seung Hoon mengatakan bahwa YG Entertainment berhak mengeluarkan budget mahal untuk comeback ini. Pasalnya, semua WINNER tak pernah bermain-main dalam membuat musik. King of Summer is back, berikut sederet potret perjalanan karier Kim Jin Woo dkk selama 8 tahunan di dunia K-Pop. Yuk, intip!

(wk/raud)

1. Predebut Member WINNER


Predebut Member WINNER
Twitter/WIN_JAPAN

Sebelum debut, member WINNER sudah cukup dikenal publik. Sang leader, Kang Seung Yoon mulanya adalah solois yang merupakan jebolan dari "Superstar K2". Ia bahkan sempat berakting di drama "High Kick". Lalu, Kim Jin Woo dibawa ke YG oleh Seungri eks Big Bang melalui Joy Dance Plug In Music Academy. Nam Tae Hyun sendiri bergabung melalui jalur audisi di tahun 2011.

Sedangkan, Lee Seung Hoon sudah mencuri hati publik sejak menjadi peserta di "K-pop Star". Ia meraih peringkat keempat dan bergabung dengan YG pada tahun 2012. Terakhir ada Song Min Ho yang bergabung ke YG dengan jalur audisi pada tahun 2013. Ia diketahui sempat debut di grup BoM.

2. Team A di 'WIN: Who Is Next'


Team A di 'WIN: Who Is Next'
Twitter/WIN_JAPAN

Kelimanya kemudian ditetapkan YG sebagai sebuah grup yang bernama Tim A di program survival "WIN: Who Is Next" pada tahun 2013. Dalam program tersebut, mereka harus melawan Tim B yang juga trainee YG. Kerja keras Tim A selama 100 hari pun membuahkah hasil. Tim A terpilih sebagai pemenang dan akan segera debut dengan nama WINNER di bawah naungan YG.

3. Debut dan Sukses Besar


Debut dan Sukses Besar
Instagram/winnercity

Pada 17 Agustus 2014, WINNER resmi memulai debutnya dengan album bertajuk "2014 S/S". WINNER sendiri disebut menjadi sejarah di dunia K-Pop karena albumnya memuncaki Billboard dalam waktu 10 hari sejak debut. Apalagi semua lagu debutnya juga menguasai tangga lagu. Adapun WINNER disebut sebagai boy grup K-Pop tercepat yang menyabet kemenangan pertama. Media Korea bahkan menyebut WINNER sebagai monster rookie di tahun 2014.

4. Comeback Pertama


Comeback Pertama
Instagram/winnercity

Usai kesuksesan itu, WINNER malah hiatus selama tahun 2015. Namun, penyanyi lagu "Empty" ini menggelar konser di Jepang dengan sukses. Tanpa aba-aba, WINNER langsung merilis clue comeback dengan proyek "EXIT". Benar saja, WINNER kembali dengan album baru bertajuk "EXIT: E" pada 1 Februari 2016 setelah 18 bulan hiatus.

Album "EXIT: E" ditandai sebagai comeback perdana WINNER dan tetap menorehkan prestasi. Pasalnya, semua lagunya tetap meraih peringkat memuaskan di tangga lagu. Pada tahun 2016 , WINNER juga memiliki variety show solo berjudul "Halfmoon Friends".

5. Hiatus Lama dan Member Hengkang


Hiatus Lama dan Member Hengkang
Instagram/winnercity

WINNER lagi-lagi hiatus usai sukses menyapa penggemar. Apalagi Nam Tae Hyun harus istirahat karena masalah kesehatannya. Namun ternyata, Nam Tae Hyun memutuskan untuk hengkang dari YG maupun WINNER karena kesehatannya tersebut. YG mengonfirmasi bahwa WINNER akan lanjut dengan 4 member.

6. Langkah Baru WINNER dengan 4 Member


Langkah Baru WINNER dengan 4 Member
Instagram/ winnercity

Selama 14 bulan hiatus, WINNER pun memulai langkah baru. Kang Seung Yoon memutuskan untuk tidak melanjutkan proyek "EXIT" dan memulai awal baru dengan serba 4. Pasalnya, WINNER comeback dengan album bertajuk "Fate Number For" di bulan April 2017. Lagu utama mereka, "Really Really", bahkan meledak di pasaran dan menciptakan rekor baru. Single "Really Really" menjadikan WINNER sebagai boy grup pertama dalam sejarah yang melampaui 100 juta kali stream.

7. Boy Grup Pertama Yang Tampil di Festival Kampus


Boy Grup Pertama Yang Tampil di Festival Kampus
Twitter/yginnercircle

Semenjak itu, WINNER rajin merilis lagu yang cocok dengan vibes musim panas. WINNER yang dikenal jago dalam bernyanyi live itu pun diundang ke berbagai festival kampus sejak tahun 2017. Song Min Ho cs juga menjadi boy grup pertama yang rajin diundang untuk tampil di festival kampus.

Ketika WINNER tampil di Universitas Hanyang, Kim Jin Woo menenggak soju dengan santainya di sela-sela penampilan. Aksinya langsung viral dan disambut positif. Di sisi lain, WINNER juga suka bagi-bagi album saat tampil di festival kampus.

8. Sukses Gelar Konser


Sukses Gelar Konser
Instagram/winnercity

Pada tahun 2019, WINNER mengumumkan tur konser pertama mereka yang bertajuk "EVERYWHERE". Tur konser ini dimulai di Seoul, Korea Selatan dan akan berlanjut ke 7 kota di negara Asia lainnya. Yaitu Taipei, Kuala Lumpur, Bangkok, Singapura, Manila, Jakarta dan Hong Kong. Tur Asia yang sukses membuat WINNER mantap menggelar konser di Amerika Utara dengan enam pemberhentian yaitu Seattle, Toronto, Kanada, San Francisco, Los Angeles, Dallas, Chicago, New York.

9. Hiatus Karena Wamil


Hiatus Karena Wamil
Twitter/yginnercircle

Kata hiatus tampaknya tak bisa lepas dari WINNER. Pada tahun 2020, pelantun lagu "Love Me Love Me" ini kembali hiatus. Pasalnya, Kim Jin Woo dan Lee Seung Hoon harus berangkat wajib militer. Meski begitu, YG mengungkapkan bahwa Kang Seung Yoon dan Song Min Ho akan memiliki jadwal individu masing-masing.

Kang Seung Yoon pun kembali aktif bermain drama dan merilis album solo. Song Min Ho juga aktif berkarier solo dan menjadi juri maupun mnentor di program TV. Menariknya, kedua member ini diumumkan sebagai member tetap di Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA) pada tahun 2021.

10. Lewati Kutukan 7 tahun


Lewati Kutukan 7 tahun
Instagram/ winnercity

Meski hiatus, WINNER juga berhasil melawan kutukan 7 tahun. Keempat membernya memutuskan untuk memperpanjang kontrak mereka dengan YG. WINNER menjadi grup selanjutnya yang tetap solid dan menghempas kutukan grup akan bubar setelah tahun ketujuh. Hal ini karena grup K-Pop biasanya memiliki kontrak awal dengan agensi selama 7 tahun.

11. Riwa-Riwi di Layar Kaca


Riwa-Riwi di Layar Kaca
Twitter/yginnercircle

Pada tahun 2022, Kim Jin Woo dan Lee Seung Hoon telah menyelesaikan wamilnya. WINNER pun kembali full member. Meski tak langsung comeback, WINNER sering riwa-riwi di layar kaca. Mereka sering tampil di program TV, baik individu maupun grup. WINNER bahkan memiliki varshow solo perdana di tahun 2022 yang berjudul "Real NOW". Tak hanya itu, WINNER juga didapuk sebagai brand ambassador sandal Crocs.

12. King of Summer is Back


King of Summer is Back
Twitter/yginnercircle

Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba. WINNER kembali di musim panas 2022 dengan mini album berjudul "Holiday". Kang Seung Yoon menjelaskan alasan mengapa menjadikan bunga semanggi sebagai simbol. Pasalnya, WINNER seperti semanggi berdaun empat yang artinya jika satu daun jatuh, makan makna dari semanggi ini berubah. Hal itu juga sama dengan WINNER, jika satu member pergi maka grup akan memiliki makna yang berbeda.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait