Kenali Apa Itu Red Flag, Yellow Flag Dan Green Flag, Istilah Gaul Dalam Suatu Hubungan
Pexels/Tirachard Kumtanom
SerbaSerbi

Istilah Red Flag, Yellow Flag dan Green Flag belakangan tengah ramai di media sosial. Biasa populer di kalangan anak muda, kenali apa itu Red Flag, Yellow Flag dan Green Flag.

WowKeren - Awal hubungan bersama doi tentu terasa indah. Si dia akan memberikan perhatian lebih seperti menanyakan kabar, kamu dimana atau sedang apa. Namun bagaimana bila perhatian dan kebahagiaan tersebut perlahan menghilang? Hal ini ternyata bisa menjadi sinyal bahaya atau red flag. Wah, kok bisa?

Belakangan ini istilah red flag, yellow flag dan green flag ramai digunakan di media sosial. Namun, tak sedikit masyarakat yang masih awam dengan istilah tersebut. Pasalnya, istilah red flag, yellow flag dan green flag hanya populer di kalangan anak muda. Mereka memakai istilah tersebut untuk menggambarkan kondisi hubungan asmara seseorang.


Sederhananya, warna red, yellow dan green digunakan untuk mengukur seberapa baik atau buruknya hubungan Anda. Istilah ini juga bisa menjadi tolak ukur seberapa serius masalah dalam hubungan.

Oleh sebab itu, penting untuk mengenal apa itu istilah red flag, yellow flag, dan green flag. Dengan begitu, seseorang dapat mengantisipasi tanda bahaya dalam sebuah hubungan agar konflik bisa segera diselesaikan. Atau ada kalanya, Anda perlu mengakhiri hubungan bila perilaku pasangan sudah tidak dapat ditoleransi.

Lantas, apa pengertian sebenarnya dari red flag, yellow flag, dan green flag? Tak perlu bingung, WowKeren telah merangkumnya dalam artikel berikut ini. Yuk, langsung saja simak ya.

(wk/Sisi)

1. Red Flag


Red Flag
123RF/Arnel Manalang

Red flag menjadi pertanda bahwa suatu hubungan tidak berjalan sehat. Dalam hubungan ini, pasangan akan terus menerus menunjukkan sisi negatif yang membuat Anda menderita bahkan kemungkinan munculnya trauma.

Dalam hubungan red flag, cinta dan kasih sayang perlahan mulai tak ada artinya. Bahkan perilaku pasangan dalam hubungan red flag tergolong cukup ekstrem. Misalnya, ketergantungan alkohol dan narkoba, KDRT serta perselingkuhan.

Red flag bisa diartikan sebagai sinyal agar Anda meninggalkan hubungan tersebut. Pasalnya, hubungan red flag tak layak untuk dipertahankan dan akan berbahaya bila diteruskan. Apalagi, jika pasangan tak mau berubah menjadi lebih baik.

Umumnya, hubungan yang sudah berada di tahap red flag sulit untuk diperbaiki. Hubungan tersebut hanya akan menyiksa secara fisik dan emosional. Pendapat itu dibenarkan oleh psikolog Dr. Wendy Walsh, PhD.

"Dalam hubungan red flag adalah tanda bahwa bersama orang tersebut mungkin Anda tidak dapat memiliki hubungan yang sehat. Melanjutkan perjalanan bersama akan berbahaya secara emosional," kata Dr. Wendy.

2. Yellow Flag


Yellow Flag

Tak cuman red flag, istilah yellow flag juga tak kalah populernya. Bahkan tak sedikit yang kesulitan membedakan hubungan red flag dengan yellow flag lantaran pengertian keduanya nyaris mirip.

Sederhananya, yellow flag berada di tengah-tengah red flag dan green flag. Yellow flag tak berjalan seburuk red flag, namun juga tak semulus green flag. Artinya, hubungan Anda masih bisa diselamatkan meski banyak masalah menerpa.

Hubungan yellow flag biasa terjadi karena tidak adanya komunikasi yang baik. Bila sudah begitu, Anda akan sering terlibat cekcok dengan pasangan. Namun, persoalan yang timbul masih dapat didiskusikan dan hubungan kembali membaik.

Berbeda dengan red flag yang sulit diperbaiki lantaran dalam hubungan sudah muncul sejumlah kelakuan menyimpang. Pandangan tersebut lagi-lagi dibenarkan oleh Psikolog Dr. Wendy Walsh, PhD.

"Yellow flag mungkin termasuk kesulitan dengan komunikasi emosional yang disadari dan dikerjakan oleh orang tersebut. Sedangkan red flag, mungkin seseorang dengan riwayat kekerasan dalam rumah tangga, perselingkuhan kronis, atau penyalahgunaan zat," terang Dr. Wendy.

3. Green Flag


Green Flag
Pexels/Nandhu Kumar

Sementara itu, green flag berbanding terbalik dengan red flag. Green flag adalah sinyal bahwa hubungan Anda berjalan dengan baik dan sehat. Artinya, banyak hal-hal menyenangkan terjadi dalam hubungan Anda.

Anda tak perlu khawatir pasangan melakukan hal menyimpang seperti KDRT atau perselingkuhan. Pasalnya, Anda dan pasangan dipastikan memiliki komitmen yang sama. Tentunya, hubungan green flag dipenuhi akan cinta dan kasih sayang.

Umumnya, dalam hubungan green flag, Anda dan pasangan sudah saling mengenal kedua belah pihak keluarga. Bila sudah masuk ke tahap ini, kemungkinan itu adalah sinyal bahwa Anda dan pasangan dapat melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Dalam hubungan green flag, Anda akan selalu merasa aman, nyaman dan bahagia. Tak hanya dengan pasangan, orang yang memiliki hubungan green flag biasanya juga baik dengan sesama. Psikolog sekaligus pakar hubungan Dr. Diane Strachowski membenarkan hal tersebut.

"Green flag menunjukkan bahwa Anda berada dalam hubungan yang sehat. Pasangan Anda membuat Anda merasa aman, nyaman dan bahagia. Pasangan Anda tahu persis bagaimana perasaan Anda. Pasangan Anda juga selalu berbuat baik pada orang lain," jelas Dr. Diane.

Nah, itu dia perbedaan red flag, yellow flag dan green flag, istilah gaul dalam suatu hubungan. Lebih dalam, WowKeren akan mengulas tanda-tanda hubungan red Flag di next artikel ya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait