Segi Biaya Bahan Bakar
Unsplash/Brock Wegner
Tekno

Kemunculan mobil listrik semakin banyak ditemui di tengah masyarakat. Yuk, Kenali lebih dulu 7 perbedaan mobil listrik dan BBM berikut agar tak salah pilih.

WowKeren - Sedangkan dari segi biaya, mobil listrik dianggap lebih irit dibandingkan mobil BBM. Perbandingan ongkos mobil listrik vs BBM itu disampaikan oleh Oscar Praditya, Manager Strategi Pemasaran PT PLN (Persero). Menurut Oscar, kapasitas baterai setiap mobil listrik bisa berbeda.

Seperti mobil listrik G80 EV Hyundai misalnya yang memiliki kapasitas baterai 87,2 kWh. Untuk mengisi mobil full 100% diperkirakan memerlukan biaya Rp 213.359,2. Kalkulasi itu dihitung dari total 87,2 kWh dikali harga 2.446,78/kWh. Oscar menyebut harga dan kapasitas 100% itu bisa digunakan untuk menempuh jarak 435 km dengan mobil full AC.

Oscar pun membandingkan dengan pengisian mobil Mitsubishi Xpander yang memiliki kapasitas tangki sebanyak 45 liter. Maka, jika ditotalkan pengisian full 45 liter dikali Rp 10.000/liter Pertalite biayanya sekitar Rp 450.000, bisa digunakan untuk menempuh jarak sekitar 495 km.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait