Chandra Liow Trending, Ini Perjalanannya Sebagai Kreator Dari Ditentang Ibu Hingga Tak Ambil Adsense
YouTube/Tim2One
Selebriti

Nama Chandra Liow mendadak trending di jagat maya pada hari Sabtu (01/10). Lantas, seperti apa sosok dan perjalanan kariernya? Simak selengkapnya berikut ini!

WowKeren - Makin derasnya arus teknologi membuat beberapa platform digital seperti YouTube, TikTok hingga Instagram menjadi sasaran empuk untuk berbagi informasi. Tak heran, banyak sekali kreator-kreator muda yang mulai eksis bahkan sampai terkenal di platform tersebut. Sebelum eksis seperti sekarang, nyatanya perjalanan dunia digital melalui proses yang cukup lama dan panjang.

Sebelumnya, era digital diawali dengan YouTube. Pada saat itulah, banyak kreator yang memulai karier sebagai seorang YouTuber. Para YouTuber di masa ini pun dikenal sebagai generasi pertama atau lebih akrab disebut pioner. Deretan YouTuber generasi pertama ini meliputi Raditya Dika, Reza Arap, Edho Zell, hingga Tim2One.


Tim2One sendiri merupakan channel YouTube yang dibangun oleh Chandra Liow dan rekannya, Tommy Lim. Jika dulunya kalian sering dan gemar sekali menonton Indovidgram, perlu diketahui bahwa Chandra Liow adalah salah satu foundernya, lho.

Pada hari Sabtu (01/10), nama Chandra Liow secara mengejutkan nangkring di trending Twitter. Keadaan ini menyebabkan banyak orang-orang penasaran tentang siapa sebenarnya sosok Chandra Liow sebenarnya. Khusus di artikel kali ini, Tim WowKeren secara khusus merangkum beberapa perjalanan karier konten kreator yang baru berusia 29 tahun ini. Simak kisahnya berikut ini!

(wk/yoan)

1. Sempat Ditentang Orang Tua Saat Awal Karir


Sempat Ditentang Orang Tua Saat Awal Karir
YouTube/Tim2One

Sebelum memulai kariernya sebagai konten kreator, Chandra adalah seorang anak pengusaha yang terbilang sukses. Hanya saja, keadaan keluarganya berubah sejak krisis ekonomi di tahun 1998. Pada saat itu, pabrik milik keluarga Chandra yang notabene-nya adalah keturunan Tionghoa dijarah. Keadaan ini pun terpaksa membuat keluarga Chandra gulung tikar.

Di sisi lain, Chandra sudah memiliki ketertarikan di dunia sinematografi sejak lama. Namun, bakat terpendam ini sempat mendapatkan tentangan dari sang ibunda. Hal ini ditengarai karena saat itu ibunya yang berprofesi sebagai pendeta merasa bahwa sinematografi bertentangan dengan ajaran yang diberikan. Tak beberapa lama, Chandra akhirnya bisa meluluhkan hati sang ibunda setelah berhasil membuktikan kemampuan dengan memenangkan sebuah kompetisi film pendek.

2. Mulai Jajal YouTube Sekitar Tahun 2008-2009


Mulai Jajal YouTube Sekitar Tahun 2008-2009
YouTube/Tim2One

Keseriusannya mendalami dunia sinematografi rupanya tak hanya sekedar wacana. Di sekitar tahun 2008 hingga 2009, ia mulai membuka channel YouTube. Awalnya, ia hanya mengunggah opening video berdurasi singkat. Pada saat itu, ia juga menyebut bahwa hanya menggunakan kamere dengan kualitas terbatas. Dalam deskripsi video, Chandra juga menuliskan detail mengenai software yang digunakannya untuk mengedit.

Setelah konten pertama diunggah, ia pun sempat mendapatkan banyak komentar negatif tentang latar belakangnya. Meski demikian, hal tersebut tak menyurutkan semangatnya untuk terus menggapai mimpi menjadi seorang sinematografi sukses. Hal ini dibuktikan dengan perjuangannya menjadi wedding videografer yang bekerja dari jam 5 pagi hingga 5 pagi di hari selanjutnya.

3. Tak Pernah Ambil Adsense


Tak Pernah Ambil Adsense
YouTube/Tim2One

Karier Chandra Liow di YouTube akhirnya semakin berkembang seiring berkembangnya waktu. Menggandeng sang rekan, Tommy Lim ia membuat nama channel, Tim2One. Seperti diketahui, tak mudah bagi channel YouTube untuk bisa dimonetisasi. Hal inilah yang juga terjadi pada Chandra Liow. Dibangun sejak 2009, baru di 2015 channel-nya bisa dimonetisasi. Hal ini berarti bahwa selama 2009-2015, ia benar-benar hanya fokus pada kualitas konten tanpa berpatokan pada rupiah.

Meskipun sudah berhasil dimonetisasi sejak 2015, namun ternyata adsense tidak dapat diambil karena permasalahan tertentu. Karena itulah, Chandra mengaku selama empat tahun terakhir tidak pernah mengambil adsense. Lewat hal ini, Chandra dan Tim2One berhasil membuktikan bahwa eksistensinya di YouTube adalah berkarya, bukan sekadar meraup keuntungan.

4. Sukses Sebagai Konten Kreator


Sukses Sebagai Konten Kreator
YouTube/Tim2One

Perjuangan Chandra Liow membangun channel YouTube untk memulai langkahnya sebagai sinematografer akhirnya membuahkan hasil. Kini, ia dikenal sebagai salah satu YouTuber dengan kualitas konten komedi yang terbaik.

Tak hanya di YouTube, Chandra rupanya juga kerap membuat konten-konten komedi di Instagram. Bahkan, ia dikenal sebeai salah satu founder Indovidgram. Kini, channel YouTube, Tim2one – ChandraLiow, telah berhasil mengumpulkan 3,1 juta subsribers dengan total penayangan hingga lebih dari 489 juta views. Berkat kesuksesan inilah, di 2019, Chandra akhirnya dia bisa membeli kembali rumah keluarganya yang sempat digadaikan.

5. Dapatkan Segudang Penghargaan


Dapatkan Segudang Penghargaan
YouTube/Tim2One

Kesuksesan Chandra sebagai konten kreator juga dibuktikan dengan prestasi-prestasi yang didapatkannya. Pada tahun 2015, ia sampai mendapatkan 3 nominasi penghargaan Influence Asia sekaligus. Adapun nominasi tersebut masing-masing adalah Best Youtube Channel, Best Youtube Personality dan kategori Lifestyle.

Tak berhenti hanya di situ saja, Chandra Liow seolah tak berhenri mencetak kembali sebuah prestasi yang membanggakan. Di tahun 2017, ia menyabet penghargan Top YouTube Channel dalam ajang penghargaan Influence Asia 2017. Tak sendirian, kali ini ia meraih penghargaan bersama rekannya, Tommy Lim yang tergabung dalam TIM2ONE.

6. Lebarkan Sayap Hingga Dunia Akting


Lebarkan Sayap Hingga Dunia Akting
Instagram/chandraliow

Menjadi seorang YouTuber generasi pertama membuat nama Chandra Liow semakin banyak dikenal. Tak terbatas hanya sinematografi saja, deretan bakat lain yang terpendam akhirnya perlahan mulai terlihat. Pada tahun 2015, pria yang memiliki nama asli Chandra Timothy Liow ini memulai debut aktingnya pada film yang disutradarai Jovial Da Loperz dan Kemal Palevi berjudul "YouTubers". Selanjutnya, ia juga sempat membintangi film "Single" yang disutradarai oleh Raditya Dika.

Tak cukup hanya menunjukkan bakatnya berakting, Chandra juga mulai menjajal memproduksi lagu di tahun yang sama. Berkolaborasi dengan rekan seperjuangan YouTuber seperti Christian Bong, Ananta Vinnie, Skinny Indonesia 24, Edho Zell, Reza Arap, Daniel Kevins hingga Duo Harbatah, ia merilis video musik bertajuk ULANGAN MATEMATIKA-SEE YOU AGAIN PARODY. Tak hanya itu saja, di tahun 2017 ia juga berkolaborasi dengan Rizky Febian dan Sheryl Shenafia di lagu "Sweet Talk".

7. Dipercaya Jadi Kreator Rewind Indonesia


Dipercaya Jadi Kreator Rewind Indonesia
YouTube

Hingga kini, sudah ada banyak model konten yang dibuat oleh Chandra. Salah satu konten yang paling fenomenal adalah "YouTube Rewind Indonesia". Seperti diketahui, YouTube Rewind Indonesia merupakan rangkuman peristiwa viral yang terjadi selama satu tahun terakhir. Dalam proyek tersebut, Chandra dipercaya sampai 4 kali untuk turut serta dalam proyek yakni tahun 2015, 2016, 2020 hingga 2021.

Selama keterlibatan tersebut, Chandra sudah berhasil mengumpulkan jumlah penonton sampai lebih dari 10 juta. Yang paling fantastis, proyek YouTube Rewind 2020 yang digarapnya bersama Aulion, telah sukses mencuri hati lebih dari 33 juta penonton. Keren kan?

8. Ikut Andil Dalam Opening Ceremony PESPARAWI XIII G20 Indonesia


Ikut Andil Dalam Opening Ceremony PESPARAWI XIII G20 Indonesia
Instagram/chandraliow

Setelah sukses dengan proyek YouTube Rewind di tahun 2021, Chandra Liow secara khusus diminta oleh Sultan Jogja untuk membuat opening ceremony acara PESPARAWI XIII G20 Indonesia yang diadakan di Candi Borobudur. Seperti diketahui, PESPARAWI XIII G20 Indonesia merupakan Pesta Paduan Suara Gerejawi yang diikuti oleh 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Terlihat dalam unggahan Instagram-nya. Chandra mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas kecintaannya pada imajinasi yang berhasil diwujudkannya menjadi realita. Tak kurang, ia juga menyebutkan bahwa sekarang ia bisa membawa hasil karyanya ke panggung Nasional.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait