Jin BTS Segera Wamil, Ini Deretan Idol yang Jadi Teman 'Seangkatannya'
Selebriti

Baru-baru ini Jin BTS dikonfirmasi akan segera menjalankan wajib militer. Lantas, siapa saja teman-teman idol 'seangkatan' wamilnya nanti? Intip selengkapnya berikut ini!

WowKeren - Wajib militer (wamil) merupakan kewajiban untuk mengikuti pendidikan militer yang diikuti oleh warga negara pria. Seperti diketahui, Korea Selatan merupakan salah satu negara yang menerapkan kebijakan wamil bagi para warga negara prianya yang memenuhi syarat. Tak terkecuali para idol-idol populer.

Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan berita final wamil BTS. Setelah sempat mengalami penundaan, pada 17 Oktober lalu, BigHit Music selaku agensi yang menaungi BTS membagikan pernyataan resmi tentang pencabutan penundaan wajib militer anggota tertua BTS, Jin. Atas dasar itu, Jin dikabarkan akan segera bergabung dengan camp militer dalam waktu dekat.


Setelah berita wajib militernya, idol pria kelahiran 1992 ini juga mengejutkan ARMY (nama penggemar BTS) dengan merilis teaser debut solonya. Para fans juga sempat berspekulasi bahwa proyek solo Jin ini juga akan berkolaborasi dengan sosok misterius. Rentetan kabar beruntun dari sang pelantun lagu "Super Tuna" ini pun disambut antusias sekaligus haru oleh para penggemarnya.

Tak hanya Jin, agensi juga menyebut bahwa seluruh anggota BTS akan tetap menjalankan kewajiban militer secara berurutan. Atas dasar itulah, BTS baru bisa kembali beraktivitas grup pada tahun 2025 mendatang.

Sebelum Jin BTS, tahun 2022 ini terhitung banyak sekali idol-idol yang menjalankan wamil. Berangkat di jangka waktu yang hampir bersamaan, deretan idol ini pun dijadwalkan akan "lulus" pada sekitar tahun 2023 mendatang. Di kesempatan kali ini, tim WowKeren merangkum nama-nama idol yang jadi teman "seangkatan" Jin BTS. Siapa saja? Intip artikel selengkapnya berikut ini!

(wk/yoan)

1. Ha Sungwoon eks Wanna One


Ha Sungwoon eks Wanna One
Instagram/gooreumseng

Teman seangkatan wamil Jin BTS yang pertama adalah Ha Sungwoon. Sebelumnya, mantan personil Wanna One ini telah dijadwalkan akan berangkat wamil pada 5 September lalu. Namun, rencana tersebut terpaksa mengalami penundaan lantaran idol kelahiran 1994 ini dikonfirmasi positif Covid-19 beberapa hari menjelang keberangkatan.

Setelah menjalankan pemulihan selama beberapa waktu, sahabat dekat Jimin BTS ini mengumumkan perubahan jadwal keberangkatannya ke militer. Terbaru, Ha Sungwoon dijadwalkan akan segera berangkat wajib militer pada hari Senin, 24 Oktober mendatang.

2. Ravi VIXX


Ravi VIXX
Instagram/ravithecrackkidz

Setelah Ha Sungwoon, idol yang juga dijadwalkan akan segera berangkat wamil adalah Ravi VIXX. Setelah menjadi pemeran tetap dalam variety show "2 Days & 1 Night", Ravi mengumumkan mundur pada bulan April 2022 lalu. Hal tersebut ditengarai karena idol kelahiran 1993 ini tengah mempersiapkan pendaftaran wajib militer.

Menjelang keberangkatannya ke militer, idol bernama lahir Kim Won Shik merilis single terbaru bertajuk "Block Party" pada 13 Oktober. Menurut jadwal, Ravi akan dijadwalkan berangkat wamil pada 27 Oktober mendatang sebagai pekerja layanan publik.

3. MJ ASTRO


MJ ASTRO
Instagram/mj_7.7.7

Menjadi member ASTRO pertama yang wajib militer, MJ sudah resmi berangkat pada 9 Mei 2022 lalu. Sebelumnya, kabar pengumuman perihal wamilnya sudah senter ia kemukakan di acara fanmeeting yang dilakukan tepat satu bulan sebelum keberangkatan.

Sesaat sebelum keberangkatan, idol bernama lahir Kim Myung Jun ini mengunggah foto perpisahan kepada para penggemarnya. Foto tersebut diantaranya adalah selfie-nya dengan potongan rambut cepak hingga pemandangan langit biru. Menurut jadwal, idol kelahiran 1994 ini akan rampung tugas dan kembali menyapa penggemar pada November 2023 mendatang.

4. Dowoon DAY6


Dowoon DAY6
Instagram/d.ddablue

Lahir pada tahun 1995, Dowoon DAY6 memutuskan untuk lebih awal mendaftar wajib militer. Kabar ini pun disampaikan langsung Dowoon pada siaran langsung di Vlive tepat satu bulan menjelang keberangkatannya. Dengan hal ini, pria bernama lahir Yoon Do Woon ini menjadi personil ketiga DAY6 yang mendaftar di militer setelah Sungjin dan Young K.

Dowoon pun secara resmi mengawali wajib militernya pada awal tahun 2022 lalu, tepatnya pada tanggal 17 Januari 2022. Keberangkatan Dowoon ke militer ini pun disambut haru oleh para penggemar. Menurut jadwal, drummer DAY6 ini akan menyelesaikan wajib militernya pada Juli 2023 mendatang.

5. Jun A.C.E


Jun A.C.E
Instagram

Idol lainnya yang akan seangkatan wamil dengan Jin BTS adalah Jun A.C.E. Diumumkan 27 Januari 2022, Jun dijadwalkan akan berangkat wamil di bulan depannya, 7 Februari 2022. Atas dasar hal tersebut, idol kelahiran 1994 ini menjadi member ketiga A.C.E yang mendaftar militer setelah Wow dan Donghun pada September 2021 lalu.

Menurut keterangan agensi, pria bernama asli Park Junhee ini akan menjalankan wajib militer selama satu tahun enam bulan. Dalam hal ini, Jun baru bisa kembali menyapa penggemar pada Agustus 2023 mendatang.

6. Inseong SF9


Inseong SF9
Instagram/pum.castle

Inseong SF9 resmi menjalani wajib militer mulai Senin, 21 Maret 2022 lalu. Disebutkan bahwa idol bernama lahir Kim In Seong ini akan bertugas di band militer. Sebelum keberangkatan, pada member SF9 terlihat mengantarkan idol kelahiran 1993 ini. Hal ini terlihat dari unggahan foto yang diupload agensi sesaat setelah keberangkatan Inseong ke militer.

Di sisi lain, Inseong menjadi anggota pertama SF9 yang memulai wajib militernya. Tak heran, keberangkatannya ini disambut haru oleh para penggemar. Menurut jadwal, Inseong akan kembali aktif menyapa penggemar pada September 2023.

7. Youngbin SF9


Youngbin SF9
Instagram/yb_dkxh

Setelah Inseong, Youngbin menjadi anggota kedua SF9 yang mendaftar wajib militer. Selisih keberangkatan 8 hari, leader SF9 ini resmi berangkat pada 29 Maret 2022. Disebutkan bahwa idol kelahiran 1993 ini akan aktif sebagai tentara di divisi ke-27.

Perayaan keberangkatan Youngbin ini dilakukan secara tertutup. Pasalnya, saat itu Korea Selatan tengah ada lonjakan kasus Covid-19. Meski demikian, agensi secara aktif membagikan beberapa potret keberangkatan Youngbin sebelum wajib militer. Jika sesuai jadwal, ia akan selesai merampungkan wajib militernya pada September 2023.

8. Daeyeol Golden Child


Daeyeol Golden Child
Instagram

Senasip dengan Inseong dan Youngbin SF9, Daeyeol Golden Child juga tak bisa mengadakan perayaan keberangkatan wamil bersama para penggemar. Karena itulah, leader Golden Child ini menyisipkan pesan manis pada para penggemar. Dalam pesannya, ia menuliskan bahwa akan memenuhi tugas wajib militer dengan baik dan tanpa beban.

Rentetan pesan yang ditulis Daeyeol ini sontak membuat hati penggemar jadi lega. Selanjutnya, idol kelahiran 1993 ini bisa berangkat wajib militer dengan tenang pada 29 Maret 2022, bersamaan dengan tanggal keberangkatan wamil Youngbin SF9.

9. P.O Block B


P.O Block B
Instagram/pyojihoon_official

Selain member SF9 dan Golden Child, P.O juga berangkat wamil pada bulan Maret 2022, tepatnya pada tanggal 28. Idol bernama asli Pyo Ji-hoon ini pun melakukan perayaan keberangkatan secara tertutup karena pandemi, senasip dengan idol-idol sebelumnya.

Keberangkatan yang nyaris bersamaan antar idol ini membuat mereka menjadi rekan "seangkatan". Disebutkan bahwa idol kelahiran 1993 ini akan merampungkan militer di bulan September 2023 mendatang, sama dengan bulan kelulusan wajib militer Inseong dan Youngbin SF9 serta Daeyeol Golden Child.

10. Hongseok PENTAGON


Hongseok PENTAGON
Instagram

Idol terakhir yang menjadi teman "seangkatan" wamil Jin BTS adalah Hongseok PENTAGON. Pada 3 Mei 2022, idol kelahiran 1994 ini resmi memulai tugas militernya. Atas dasar hal tersebut, Hongseok menjadi anggota PENTAGON ketiga yang memulai wajib militer setelah Hui dan Jinho.

Menurut jadwal, Hongseok baru akan merampungkan kewajiban militernya pada November 2023 mendatang. Karena itulah, para fans harus bersabar sembari menonton drama-drama yang pernah dibintanginya. Nah, itu tadi sederet idol yang jadi teman seangkatan wamil Jin BTS. Interaksi Jin dengan siapa nih yang paling kamu tunggu?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru