Kenal Dekat: Secret Number Raih Sukses Bersama Idol K-Pop Wanita Pertama Asal Indonesia Dita Karang
Twitter/5ecretNumber
Selebriti

Intip perjalanan panjang girl group K-Pop Secret Number untuk meraih kesuksesan, dimana idol cewek pertama asal Indonesia yang bernama Dita Karang berperan sebagai main dancer-nya!

WowKeren - Nama Secret Number mungkin sudah tak asing lagi di telinga publik Indonesia. Ya, Secret Number adalah girl group K-Pop yang memiliki seorang member asal Indonesia bernama Dita Karang. Digawangi oleh Lea, Dita, Jinny, Minji, Soodam, dan Zuu, Secret Number siap menggebrak dunia K-Pop dengan lagu-lagunya yang penuh energi.

Yang lebih membanggakan, prestasi Secret Number telah diganjar berbagai penghargaan. Salah satunya Best New Artist (Singer) dari ajang penghargaan Asia Artist Awards. Secret Number juga sempat dinobatkan sebagai "most notable K-Pop idol in 2022" berdasarkan hasil survei Forbes Korea.


Secret Number juga telah memamerkan aksi panggung mereka di berbagai belahan dunia. Mulai dari tampil di panggung Indonesia, Arab Saudi, hingga Jepang. Dengan Dita yang berperan sebagai main dancer, Secret Number kerap menyajikan penampilan apik dengan koreografi energik.

Meski penuh prestasi membanggakan, perjalanan Secret Number di dunia K-Pop tidaklah mudah. Debut girl group ini sempat diundur dari jadwal semula akibat pandemi COVID-19 global. Selain itu, salah satu member asli Secret Number, yakni Denise, juga hengkang dari grup di awal tahun 2022 ini. Tak hanya itu, member Secret Number juga sempat terseret rumor kejam hingga membuat agensi mengambil tindakan tegas.

Namun kehilangan salah satu member hingga sempat terseret rumor tak lantas membuat Secret Number menghentikan langkahnya untuk meraih kesuksesan di dunia K-Pop. Bersama enam member, Secret Number terus melangkah maju dan menyajikan performa terbaik bagi para penggemar. Penasaran dengan perjalanan panjang Secret Number di dunia K-Pop? Yuk, simak biodata lengkap mereka berikut ini!

(wk/Bert)

1. Profil Umum


Profil Umum
Twitter/5ecretNumber

Nama Selebriti: Secret Number

Group: Secret Number

Nama Member: Lea (leader), Dita Karang, Jinny, Minji, Soodam, Zuu

Tanggal Debut: 19 Mei 2020

Tempat Lahir: Korea Selatan

Genre: Band

Agensi: Vine Entertainment

Kewarganegaraan: Korea Selatan

Pekerjaan: Penyanyi

Terkenal sejak: Debut dengan single "Who Dis?" pada 2020

Akun Media Sosial Resmi:

  1. Instagram: secretnumber.official
  2. Twitter: 5ecretNumber
  3. TikTok: secretnumber.official
  4. YouTube: SECRET NUMBER

2. Diskografi


Diskografi
Instagram/secretnumber.official

Single Album

  1. ”Who Dis?” (2020)
  2. ”Got That Boom” (2020)
  3. ”Fire Saturday” (2021)
  4. ”DOOMCHITA” (2022)

Soundtrack

  1. ”Love, Maybe” – OST “Business Proposal” (2022)

3. Penghargaan


Penghargaan
Twitter/5ecretNumber

Asia Artist Awards

  1. 2020: Best New Artist (Singer)

Asian Pop Music Awards

  1. 2020: Outstanding Newcomer

Indonesian Hallyu Fans Choice Awards

  1. 2021: Girl Group Song of the Year

Shopee Super Awards

  1. 2020: Super K-Pop Female Group

Ten Asia Global Top Ten Awards

  1. 2020: Top 10 Artist (Indonesia), Top 10 Artist (United Kingdom)
  2. 2021: Top 10 Artist (China), Top 10 Artist (Japan)
  3. 2022: Best Artists of K-Drama OST in China, Best Artists of K-Drama OST in Indonesia, Top 10 Artist (China)

The Fact Music Awards

  1. 2021: Artist Cheering Award

Tokopedia WIB Indonesia K-Pop Awards

  1. 2021: Grup Ter-Multibahasa

4. Trivia


Trivia
Twitter/5ecretNumber
  1. Jadwal debut Secret Number diundur karena pandemi COVID-19
  2. Di awal debut, para member Secret Number menjadikan A Pink sebagai role model alias teladan mereka
  3. Penggemar Secret Number disebut sebagai LOCKEY
  4. Nama “Secret Number” mengandung arti nomor khusus yang dimiliki setiap orang dalam kata sandi dan kode PIN. Para member ingin memiliki arti khusus semacam ini bagi penggemar
  5. Logo Secret Number berbentuk kotak password dengan lima bintang
  6. Secret Number awalnya debut dengan lima member, yakni Lea, Dita, Denise, Jinny, dan Soodam
  7. Denise tidak memperpanjang kontraknya dengan Vine Entertainment dan meninggalkan Secret Number pada awal 2022
  8. Lea pernah menjadi kontestan di survival show “MIXNINE
  9. Sebelum bergabung dengan Secret Number, Lea sempat debut sebagai member girl group SKarf pada 2013
  10. Dita jadi cewek Indonesia pertama yang debut sebagai member girl group K-Pop
  11. Dita adalah lulusan American Musical and Dramatic Academy (AMDA) di New York
  12. Soodam telah mempelajari tari tradisional Korea selama lebih dari 10 tahun
  13. Minji pernah menjadi kontestan survival show “Produce 101” dan “Produce 48
  14. Zuu merupakan member tambahan Secret Number yang diperkenalkan di era “Fire Saturday” bersama Minji
  15. Jinny merupakan mantan trainee YG Entertainment dan dikabarkan termasuk sebagai line-up pra-debut BLACKPINK
  16. Sama seperti Minji, Jinny juga sempat muncul sebagai kontestan di “Produce 48”

5. Riwayat Lengkap


Riwayat Lengkap
Instagram/secretnumber.official

Secret Number merupakan girl group K-Pop beranggotakan enam member yang debut di bawah agensi Vine Entertainment. Sedianya hanya memiliki lima member, Secret Number resmi debut dengan single “Who Dis?” pada 19 Mei 2020.

Vine Entertainment awalnya mengunggah teaser girl group baru mereka pada 17 Desember 2019. Dalam teaser tersebut, tampak ada lima cewek yang wajahnya masih disembunyikan membawa cake dengan lilin berbentuk angka 100. Pihak agensi menuliskan bahwa mereka akan mendebutkan girl group tersebut 100 hari kemudian, yang berarti jadwal debut semula adalah 26 Maret 2020.

Namun pada 12 Maret 2020, pihak agensi mengumumkan bahwa jadwal debut Secret Number terpaksa diundur karena pandemi COVID-19 global. Kemudian pada 27 April 2020, teaser debut Secret Number pun mulai dirilis. Menyusul teaser tersebut, kelima member Secret Number merilis video dance cover “Medicine” milik Jennifer Lopez untuk menunjukkan keahlian menari mereka.

Pada 19 Mei 2020, Secret Number resmi debut dengan single album “Who Dis?”. Dalam showcase debut Secret Number, Lea sang leader mengatakan bahwa mereka adalah “satu-satunya tim K-pop yang menampilkan beragam negara”. Lea berasal dari Jepang, Denise dan Jinny dari Amerika Serikat, Dita dari Indonesia, dan Soodam dari Korea Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, member Secret Number sempat menjelaskan arti di balik nama grup mereka. “Setiap orang memiliki 'nomor rahasia' (password/kode PIN) yang biasanya berupa hari ulang tahun, anniversary, atau nomor khusus lainnya. Kami ingin memberikan makna khusus seperti itu kepada public,” bebernya.

Di awal debut, Secret Number telah memiliki popularitas yang cukup tinggi. Salah satu alasannya adalah adanya Dita sebagai representasi orang Indonesia di dunia K-Pop. Selain itu, ada juga Jinny yang dikenal sebagai mantan trainee YG Entertainment dan sempat ditampilkan dalam “Future 2NE1”. Jinny bahkan dikabarkan pernah menjadi bagian dari line-up pra-debut BLACKPINK.

Menjaga momentum mereka, Secret Number pun segera melakukan comeback dengan single “Got That Boom” pada 4 November 2020. Lagu tersebut memadukan berbagai genre termasuk EDM, house, dan hip hop, sehingga menciptakan lagu dance pop yang adiktif. Kerja keras para member terbayarkan kala Secret Number menerima penghargaan Best New Artist (Singer) dari ajang Asia Artist Awards 2020. Secret Number juga membawakan lagu “Got That Boom” dalam panggung Asia Artist Awards 2020.

Di awal 2021, Secret Number mengumumkan bahwa LOCKEY dipilih sebagai nama resmi fandom mereka. “LOCK+KEY; orang-orang yang menjadi KUNCI yang membuka daya tarik terkunci Secret Number,” demikian penjelasan pihak agensi mengenai arti nama LOCKEY.

Pada 27 Oktober 2021, Secret Number comeback dengan single “Fire Saturday”. Sayangnya, Denise tidak berpartisipasi dalam comeback tersebut karena masalah kontrak. Sebagai gantinya, dua member baru ditambahkan lewat “Fire Saturday”. Mereka adalah Minji dan Zuu.

Minji yang pernah menjadi kontestan di “Produce 101” dan “Produce 48” mengatakan bahwa ia sempat tidak percaya diri bergabung dalam Secret Number. Namun ia merasa lega usai para member Secret Number lainnya bersikap begitu ramah.

"Awalnya aku memiliki banyak masalah ketika aku bergabung sebagai member baru. Aku berhati-hati tentang bagaimana caraku mendekati mereka agar tidak salah. Aku berterima kasih kepada teman-temanku ini karena begitu ramah," tutur Minji.

Setelah promosi “Fire Saturday” berakhir, para penggemar dikejutkan dengan Denise yang mengumumkan kepergiannya dari Secret Number pada 5 Februari 2022. Menurut Denise, kontraknya dengan Vine Entertainment telah resmi berakhir pada 1 Februari 2022 sehingga ia akan meninggalkan grup dan juga agensi.

”Pada 1 Februari 2022, kontrak saya dengan Vine Entertainment telah berakhir. Mereka yang sudah lama menungguku pasti terkejut dengan berita ini, jadi aku dengan tulus meminta maaf,” tulis Denise dalam pernyataannya yang dibagikan di Instagram. “Meskipun aku tidak bisa lagi menyapamu sebagai Secret Number, saya akan selalu mendukung sesama member.”

Usai kepergian Denise, Secret Number comeback dengan single “Doomchita” pada 8 Juni 2022. Bersama enam membernya, Secret Number sukses memecahkan rekor pribadi mereka untuk penjualan hari pertama dan penjualan minggu pertama. Menurut data yang dirilis oleh chart Hanteo pada tanggal 9 Juni, “Doomchita” terjual sebanyak 4.578 kopi di hari pertama perilisan. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibanding “Fire Saturday” yang baru terjual lebih dari 3.000 kopi di minggu pertama.

Lewat “Doomchita”, Secret Number juga berhasil membawa pulang trofi Hot Stage dari acara music “Inkigayo”. Trofi tersebut menjadi momen bersejarah bagi Secret Number dan penggemarnya karena merupakan kemenangan pertama mereka di acara musik sejak debut. Adapun trofi tersebut diberikan kepada Secret Number berdasarkan hasil voting penggemar.

Secret Number juga dinobatkan sebagai "most notable K-Pop idol in 2022" berdasarkan survei yang dilakukan Forbes Korea dalam kerjasama dengan Idol Champ. Di kategori wanita, Secret Number berhasil meraih peringkat pertama setelah memperoleh 11.020 suara atau 67,07% dari total suara. Alhasil, artikel khusus tentang Secret Number dimuat dalam majalah Forbes Korea edisi Februari 2022.

Meski memiliki karier yang menjanjikan di dunia K-Pop, Secret Number rupanya juga sempat terseret rumor jahat. Di hari debut Secret Number, ada seorang warganet yang menuduh Soodam sebagai seorang perundung alias pelaku bullying saat masih bersekolah. Soodam bahkan dituding sudah mulai minum alkohol sejak masih duduk di bangku SMP.

Pihak agensi lantas memberikan bantahan tegas atas tuduhan tersebut. “Kami meminta agar girl group rookie ini, yang mengambil langkah pertama mereka ke industri musik, tidak menerima rasa sakit lagi dari rumor yang tidak berdasar. Ke depan, kami berencana untuk mengambil tindakan hukum terhadap semua rumor dan tindakan jahat yang berupaya menyebarkan pernyataan palsu,” demikian pernyataan Vine Entertainment pada 19 Mei 2020.

Terlepas dari rumor yang sempat beredar hingga kepergian salah satu member, Secret Number terus mantap melanjutkan langkahnya di dunia musik. Tak hanya Korea Selatan, Secret Number juga menampilkan aksi panggung mereka ke negara lain di berbagai belahan dunia.

Secret Number tampil memukau dalam acara KV Fest 2022 yang digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Indonesia, pada 28 Agustus 2022 lalu. Total membawakan tujuh lagu, Secret Number menjadikan “Who Dis?” sebagai lagu pembuka. Dalam kesempatan tersebut, Dita tak bisa menahan rasa bahagianya karena bisa tampil di Tanah Air.

”Hallo Indonesia. Akhirnya ya aku pulang kampung,” ujar Dita yang disambut oleh teriakan penonton.

Selain itu, Secret Number turut memeriahkan KCON 2022 yang digelar Arab Saudi pada 30 September hingga 1 Oktober 2022. Keenam member Secret Number menggebrak panggung KCON Arab Saudi dengan “Doomchita” yang penuh energi. Mereka juga berpartisipasi di “Momotaro FESTIVAL” yang digelar di Jepang pada 23 Oktober 2022 lalu. Sayangnya, Dita tidak dapat ikut dalam jadwal tersebut karena masalah paspor.

Secret Number juga baru saja mengisyaratkan comeback dengan foto teaser misterius. Pada 28 Oktober 2022, Secret Number merilis poster bergambar korek api dengan tulisan “Coming Soon”. Berdasarkan keterangan dalam poster tersebut, Dita dan kawan-kawan agaknya siap comeback pada bulan November 2022.

Dengan lagu-lagunya yang energik dan para member multi-nasional yang relatable, Secret Number terus melanjutkan perjalanan untuk meraih kesuksesan di industri musik Korea Selatan. Perjuangan Secret Number mulai debut, hingga kehilangan salah satu member, dan akhirnya melanjutkan perjalanan dengan enam member tentu saja sangat menginspirasi. Jika ingin tahu lebih banyak informasi mengenai Secret Number, kalian bisa mencari berita terbaru di laman profilnya berikut ini!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru