Lawan Gempuran Teknologi, 10 Artis Ini Punya Cara Tegas Batasi Sang Anak Main Gadget
Instagram
Selebriti

Penting untuk membatasi penggunaan gadget pada anak agar tidak kecanduan. Sebab di usia pertumbuhan, ada banyak hal yang bisa dilakukan selain hanya bermain gadget.

WowKeren - Perkembangan teknologi semakin maju hari demi hari. Seiring dengan kemajuan teknologi yang kian pesat, gadget menjadi salah satu barang yang seolah wajib dimiliki oleh semua orang. Kehadiran gadget seperti ponsel pintar, tablet, dan sebagainya ada di mana-mana. Bahkan boleh dibilang, hampir setiap orang memiliki gadget.

Bukan tanpa alasan, gadget tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi namun juga untuk membantu memenuhi kebutuhan lain dengan lebih praktis. Salah satu fungsi gadget yang juga banyak dimanfaatkan adalah kegunaannya sebagai alat untuk menyediakan hiburan. Selain itu, gadget juga bisa digunakan sebagai piranti untuk mencari informasi, terutama dari media sosial.


Namun sayangnya, menggunakan gadget yang tidak dibatasi bisa membuat orang bisa kecanduan. Terlebih bagi anak-anak yang sangat mudah terpengaruh. Penggunaan gadget bisa sangat menggoda bagi mereka. Tak hanya bisa digunakan untuk bermain, gadget juga menawarkan berbagai video menarik untuk ditonton. Sehingga, hal itu bisa membuat mereka lupa waktu.

Oleh sebab itu, penting untuk membatasi penggunaan gadget pada anak agar tidak kecanduan. Sebab di usia pertumbuhan, ada banyak hal yang bisa dilakukan selain hanya bermain gadget. Pada beberapa orang, hal ini mungkin tidak mudah. Namun, sejumlah artis Tanah Air memiliki cara ampuh untuk membatasi anak mereka bermain gadget.

Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pemirsa mengetahui bagaimana para selebriti Tanah Air membatasi anak mereka untuk bermain gadget agar tidak kecanduan. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Darius Sinathrya


Darius Sinathrya
Instagram/dagnesia

Pasangan suami istri Darius Sinathrya dan Donna Agnesia telah menanamkan kedisiplinan pada anak-anak mereka soal penggunaan gadget. Mereka hanya memperbolehkan anak bermain game saat akhir pekan. Meski begitu, bukan berarti mereka bisa bermain sepuasnya. Namun hanya dua jam.

Selain itu, Darius tidak memberi gadget pada anaknya sebelum mereka benar-benar membutuhkannya. "Misalnya, waktu itu kasih gadget ke Lio khusus ketika sudah kelas 4 SD. Dia waktu itu juga mau summer school di luar negeri," katanya. Tak lupa, Darius juga menghindarkan game yang memiliki unsur kekerasan sampai anaknya mencapai umur tertentu.

2. Melaney Ricardo


Melaney Ricardo
Instagram/melaney_ricardo

Saat putrinya masuk kelas 1 SD, Melaney Ricardo memang mengenalkan sang anak pada teknologi seperti gadget. Namun, ia tak ingin sang anak kecanduan. "Nggak (main game online). Kadang diajarin tapi aku nggak pengin terlalu ini (ketagihan) banget. Karena kan (Chloe) masih kelas 1 SD," katanya waktu itu.

Ia memperbolehkan sang anak bermain gadget, namun setelah selesai dengan tugas-tugas belajarnya. "Sehari pasti ada waktunya. Setelah dia sekolah, les," ujar Melanie. Ia tidak ingin melarang anaknya bermain gadget mengingat ia sendiri banyak belajar dari sana. "Tapi aku juga nggak yang, 'Nggak boleh gadget sama sekali!' Karena gue juga suka pakai gadget," sambungnya.

3. Fedi Nuril


Fedi Nuril
Instagram/fedinuril

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar anak tidak kecanduan bermain gadget adalah dengan memberikan batasan waktu. Seperti Fedi Nuril, yang hanya memberikan waktu 30 menit kepada anaknya untuk bermain gadget. Tak hanya itu, saat menonton sesuatu di gadget pun, sang anak akan ditemani oleh Fedi dan istrinya.

"Kita kasih jarak 30 centi, kalau dia mau pegang kita pegangin, nggak boleh lebih 30 menit," katanya beberapa waktu lalu. Jika 30 menit itu dirasa kurang, Fedi akan memperbolehkan lagi sang anak meminjam gawainya. "Kalau mau nonton lagi kira-kira misalnya nonton jam makan siang mau nonton lagi jam makan malam," lanjutnya.

4. Mona Ratuliu


Mona Ratuliu
Instagram/monaratuliu

Mona Ratuliu sangat tegas ketika membatasi anaknya agar tidak kecanduan bermain gadget. Beberapa waktu lalu, ia mengatakan jika dirinya memang sengaja tidak membelikan ponsel pintar. Sehingga jika sang anak ingin membagikan sesuatu atau mengobrol dengan temannya, dia akan meminjamkan ponsel miliknya.

Meski mulanya sempat diprotes sang anak, namun ia tak lupa memberikan edukasi tentang penggunaan gadget. "Dulu pernah punya smartphone tapi penggunaannya jadi berlebihan. Sulit gitu bikin aturannya," ucap Mona. Sedangkan untuk berkomunikasi, ia memang membekali anaknya dengan ponsel namun bukan ponsel pintar.

5. Novita Angie


Novita Angie
Instagram/novitaangie

Sebagai orang tua, Angie juga pernah merasa khawatir dengan perkembangan teknologi yang pesat terhadap buah hatinya. Sebab, ia juga ingin agar anaknya tumbuh dengan karakter sosial yang baik. Ia pada dasarnya memperbolehkan anaknya bermain gadget namun dengan batasan yang ketat. Bukan secara sepihak, ia dan anak-anaknya pun memiliki kesepakatan.

Saat anak-anaknya menginjak usia remaja beberapa waktu lalu, ia memerintahkan anaknya meletakkan gadget di kamarnya sepulang sekolah. "Di-charge di kamar saya, dan kalau mau chatting sebelum tidur, harus izin dulu sama saya," kata Novita. Tak hanya itu, ia juga memiliki kode akses pada setiap gadget anak-anaknya sehingga ia bisa terus memantau.

6. Anji


Anji
Instagram/duniamanji

Mencari informasi bukan masalah besar jika gadget ada di tangan. Terlebih ada mesin pencari yang siap menyediakan informasi apa saja hanya dengan mengetikkan kata kunci. Tak pelak, hal ini pun kerap membuat anak-anak menjadi penasaran. Penyanyi Anji pun tak memungkiri hal itu. Diakuinya ketika anaknya duduk di bangku SD dan SMP beberapa waktu lalu, mereka sudah familiar dengan Google.

Beruntung, Anji cukup dekat dengan anaknya sehingga jika mereka menemukan hal negatif di internet mereka akan mengomunikasikannya dengan Anji. Meski Anji memperbolehkan, tapi tetap harus ada batasan. "Membatasi sampai jam 8 atau jam 9 malam. Lalu di weekend mereka boleh main. Tapi kalau mereka mau ujian, mereka beneran nggak boleh main gadget," katanya.

7. Tantri Kotak


Tantri Kotak
Instagram/tantrisyalindri

Penggunaan gadget yang terlalu bebas pada anak tanpa pengawasan dari orang tua memang bisa berakibat buruk. Namun di lain sisi, perkembangan teknologi yang pesat menuntut orang-orang untuk melek teknologi. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembatasan. Tantri Kotak bahkan sampai membuat kesepakatan dengan anaknya soal penggunaan gadget.

"Kalau aku membuat kesepakatan sama Kara, boleh pakai gadget kalau lagi makan, boleh tapi hanya satu jam," katanya. Tak hanya itu, ia pun juga tetap memantau aktivitas anaknya. "Itu pun main gadget-nya hanya lagu. Jadi dia masih bisa beraktivitas nyanyi, dancing, yang enggak cuma stuck ngelihat doang," tambahnya.

8. Christian Sugiono


Christian Sugiono
Instagram/csugiono

Suami Titi Kamal, Christian Sugiono, memiliki cara yang unik namun tegas untuk membatasi sang anak beraktivitas menggunakan gadget. Pada dasarnya, ia tidak melarang jika putranya Arjuna Zayan Sugiono meminjam tablet untuk menonton film kartun atau bermain game. Namun, Christian akan memberikan gadget saat posisi baterai hampir habis.

Dengan begitu, sang anak tidak akan berlama-lama menggunakan gadget. "Penggunaan gadget untuk anak sangat saya kontrol. Jadi kalau untuk tablet, saya charger-nya cuma 10 persen, cuma 15 persen," katanya. Sebab jika tidak, ketika baterai terisi penuh maka tidak menutup kemungkinan sang anak akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain gadget.

9. Astrid Tiar


Astrid Tiar
Instagram/astridtiar127

Astrid Tiar mengatakan jika anak sulungnya hanya memiliki waktu lima menit untuk beraktivitas menggunakan gadget. Selain itu, hal tersebut baru boleh dilakukan dengan syarat jika sang anak sudah menyelesaikan semua pekerjaan rumahnya, makan, dan mandi. "Dia datang ke aku, terus dia bilang 'Sekarang aku mau nonton YouTube'," katanya.

Setelah selesai batas waktunya, sang anak pun akan mengembalikan gadget itu ke Astrid. "Terus ya udah, cuma 5 menit aja. Udah selesai, dia kembalikan ke aku. Walaupun dia sedih ya, tapi enggak apa-apa," imbuhnya. Astrid mengajari anaknya untuk berinteraksi dengan yang lain. Sebab jika bermain sendiri maka justru akan lebih melibatkan gadget.

10. Nadya Hutagalung


Nadya Hutagalung
Instagram/nadyahutagalung

Nadya Hutagalung memiliki peraturan yang tegas untuk membatasi anak bungsunya dalam bermain gadget. Beberapa waktu lalu, ia mengatakan jika batas maksimal bagi anaknya untuk bermain gadget adalah satu jam sehari. Yang mana, batas waktu itu juga termasuk penggunaan WhatsApp. Tak hanya itu, ia juga memasang aplikasi khusus.

Aplikasi itu bertujuan untuk memantau aplikasi apa saja yang digunakan di ponsel itu. Bukan tanpa alasan, Nadya merasa perlu untuk memantau aktivitas apa saja yang dilakukan oleh anaknya itu lewat gadget. Sehingga ia pun bisa melihat apa saja aplikasi yang diunduh oleh sang anak. Ia mengaku bukan dia yang mengenalkan gadget pada anak, namun mertuanya.

Nah, itulah tadi tips dari para artis untuk membatasi anak mereka agar tidak bermain gadget secara terus-menerus. Berdasarkan karakter anak, cara yang dilakukan juga tidak bisa disamaratakan. Jadi, mana yang cocok untukmu?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait