Sule Disarankan Sujud Minta Maaf Usai Terancam 5 Tahun Penjara
Instagram/ferdinan_sule
Selebriti

Sule terancam pidana penjara akibat konten bersama rekannya, Mang Saswi di YouTube Budi Dalton. Ketiga komedian itu pun telah dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

WowKeren - Komedian Sule mendadak terancam kasus hukum. Hal ini bermula usai Sule hadir di kanal YouTube milik Budi Dalton dengan konten "Ngobat". Tak sendiri, Sule juga hadir bersama rekan kerjanya, Mang Saswi.

Sule dan Mang Saswi terkena percikan masalah dari ucapan Budi Dalton yang mengatakan 'miras minumah Rasulullah'. Hal itu karena keduanya dituduh ikut tertawa saat Budi Dalton melontarkan kalimat tersebut.

Keduanya bahkan telah dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah atau AMPERA. Mereka mengatakan tindakan ketiga pelawak itu sangat menyinggung umat Islam.

"Ketiga nama ini telah menyinggung umat beragama khusunya umat muslim," kata pelapor Syahrul Rizal, perwakilan AMPERA di Polda Metro Jaya pada Rabu (23/11) dikutip dari Suara.

Sule, Mang Saswi dan Budi Dalton dilaporkan dengan Pasal 28 ayat jo Pasal 45 Ayat 2 UU ITE. Ada juga Pasal 156 KUHP jo 156 A KUHP. Ketiganya terancam penjara 5 tahun penjara. "Ancaman hukumannya di atas 5 tahun penjara," kata kuasa hukum Syahrul, Muhammad Mualimin.


Secara pribadi, Budi Dalton sebenarnya sudah meminta maaf. Dalam video yang beredar di TikTok, Budi Dalton menegaskan tidak bermaksud untuk menghina Rasulullah. "Terus terang saya tidak ada sedikitpun maksud (menghina)," ujar Budi Dalton di video TikTok @rbachjoe234.

Walau sudah minta maaf, Syahrul Rizal belum bisa menerima. Bahkan pengacaranya tercetus saran agar Budi Dalton, Mang Saswi dan Sule sampai sujud untuk meminta maaf.

"Mestinya bisa lebih komprehensif lah, entah bersujud di depan umum. Sehingga jutaan umat Islam tahu," jelas Muhammad Mualimin.

Ketika ditekankan apakah hal tersebut menjadi permintaan Syahrul Rizal, Muhammad Mualimin memberikan pernyataan tegas. "Ya kalau dia memang ada ketulusan dan tidak ada niatan mencemarkan, kenapa tidak?" katanya.

Namun lebih jauh, Mualimin tidak memaksa Budi Dalton, Sule dan Mang Saswi melakukan hal tersebut. Ia khawatir hal tersebut akan menimbulkan persepsi merendahkan orang lain.

"Itu kan hanya usul dari kami, kami juga tidak memaksa bahwa mereka harus sujud atau gimana supaya kita memaafkan, tidak. Itu bisa merendahkan," jelas Mualimin. "Kalau mereka merasa khilaf dan niatnya tidak ada ke sana ya tergantung keikhlasan mereka mau sujud atau tidak."

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait