Birthday Spotlight: Happy Sunghoon Day
Selebriti

Sunghoon ENHYPEN telah menginjak usia baru pada Kamis (8/12). Simak perjalan lengkap mantan atlet figure skater yang kini bergelar Ice Price di dalam grupnya ini.

WowKeren - Sunghoon ENHYPEN baru saja merayakan ulang tahun ke-20 (perhitungan umur internasional) pada Kamis (8/12). Birthday Spotlight kali ini hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengulas tuntas karier cowok yang dijuluki sebagai "Ice Prince" ini.

Menjadi member salah satu grup tersukses di generasi ke-4, Sunghoon dikenal sejak masih sangat belia. Mantan atlet figure skater atau seluncur es ini meninggalkan karier sebelumnya demi mengejar mimpi sebagai idol.


Sejak berpartisipasi dalam program survival "I-LAND", Sunghoon cukup menonjol karena latar belakang hingga visualnya. Bukan cuma tampan dan Sunghoon sendiri percaya dirinya keluar dari animasi, kemampuan menarinya juga diperhitungkan.

Tanpa perlu menunggu lagi, yuk simak perjalanan karier Sunghoon sejak sebelum debut hingga jadi salah satu member ENHYPEN.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Park Sunghoon dilahirkan di Suwon atau Cheonam, Korea Selatan, pada 8 Desember 2002. Sunghoon tumbuh bersama adik perempuan bernama Park Yeji yang lima tahun lebih muda daripada dirinya.

Karena Sunghoon anak yang pemalu, ibunya membuatnya ikut pelatihan figure skater. Sejak berusia 8 tahun, Sunghoon menggeluti kariernya sebagai atlet figure skater junior. Pada 2016-2017, Sunghoon debut dalam pertandingan internasional sebagai atlet junior.

Sepanjang 10 tahun karier Sunghoon sebagai atlet figure skater, ia meraih 2 medali perak di kompetisi figure skating Nasional dan mewakili Korea Selatan di beberapa kompetisi internasional. Sebagai pemula, Sunghoon meraih 2 medali perak di t2015 Asian Open Trophy dan Lombardia Trophy.

Dengan karier sedemikian rupa, Sunghoon sudah akrab disorot sejak muda. Bahkan ia menjadi bintang film dokumenter sebagai figure skater cilik karena kala itu atlet laki-laki di cabang olahraga ini masih jarang.

Sejak 2018, Sunghoon menjadi trainee di BigHit Music dan direkrut di sela kegiatannya sebagai atlet. Pada 2020, Sunghoon mengikuti program audisi "I-LAND" yang merupakan kerja sama CJ ENM dan HYBE Labels. Dengan demikian, Sunghoon pensiun dari dunia figure skater.

2. Debut


Debut
Twitter/BELIFTLAB

Keluar sebagai pemenang bersama 6 trainee lainnya dalam naungan nama ENHYPEN, Sunghoon debut dengan "Border: Day One" pada 30 November 2020. Sunghoon berakhir di peringkat 6 dengan perolehan 1.088.413 suara.

EP pertama ENHYPEN "Border: Day One" dengan title track "Given-Taken" mencatat hasil luar biasa untuk grup rookie hingga mendapat sertifikat platinum Korea Music Content Association (KMCA). ENHYPEN mengusung konsep vampir dalam MV mereka.

Hanya dua minggu sejak debut, ENHYPEN memenangkan Next Leader Award di The Fact Music Awards 2020. Pada 2021, album debut mereka mendapatknan serifikat platinum dari Korea Music Content Association (KMCA).

3. Puncak Karier


Puncak Karier
Twitter/BELIFTLAB

Sunghoon bersama dengan ENHYPEN meraih kemenangan pertama mereka di acara musik dengan "Drunk-Dazed" di SBS-MTV "The Show". Kemenangan title track dari "Border Carnival" itu merupakan comeback pertama mereka yang kesuksesannya berlanjut hingga meraih trofi 2 acara musik lainnya seperti "Show Champion" dan "Music Bank".

Selama kariernya, ENHYPEN telah merilis 2 album studio, 1 reissue, dan 3 EP. Setelah era "Border: Carnival", ENHYPEN senantiasa menarik perhatian dengan merilis MV "Tamed-Dashed", "Blessed-Cursed", "Future Perfect (Pass the Mic)" dan "ParadoXXX Invasion". Mereka juga sempat mengisi OST animasi "Tayo the Little Bus" dengan "Hey Tayo" dan "Billy Poco" hingga "I Need the Light" untuk drama "Mimicus".

Bukan cuma jago kandang, ENHYPEN juga aktif promosi di Jepang dengan merilis album "Border: Hanakai" pada 2021 dan "Sadame" baru-baru ini. ENHYPEN juga langganan meraih sertifikat Gold dari RIAJ untuk album-album mereka. Capaian ini cukup mengagumkan untuk grup yang baru berusia 2 tahun.

Bersama Jay dan Jake, Sunghoon tergabung dalam sub-unit tidak resmi 02z yang terbentuk karena mereka sama-sama lahir di tahun 2002. Penggemar Indonesia sendiri lebih akrab menyebut mereka dengan Jasuke. Sunghoon sendiri punya posisi maknae alias yang termuda karena lahir di bulan Desember.

Sunghoon juga turut bergabung dalam tur dunia pertama ENHYPEN yang bertajuk "Manifesto". Tur ini dimulai di Seoul selama 2 hari pada 17-18 September dan berlanjut di enam kota di Amerika Serikat, 3 kota di Jepang, dan 2 kota di Asia Tenggara. Rencananya, tur mereka akan berakhir pada Februari 2023.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Selain menjadi member ENHYPEN, Sunghoon telah melakukan sejumlah aktivitas solo. Pada September 2021, Sunghoon didapuk menjadi MC acara musik KBS "Music Bank". Bersama Jang Won Young IVE, mereka dijuluki sebagai Jangkku dan mulai memimpin acara pada 8 Oktober 2021.

Belum genap setahun menjadi MC, Sunghoon memilih mengundurkan diri untuk fokus pada kegiatan luar negeri ENHYPEN. Kala itu, ENHYPEN tengah menggelar tur dunia pertama mereka yang bertajuk "Manifesto" sejak September 2022 hingga Maret 2023 mendatang.

Selain memandu acara, Sunghoon memulai debut akting dalam webdrama "Mimicus". Sunghoon muncul sebagai dirinya sendiri dalam drama tersebut.

5. Kontroversi


Kontroversi
YouTube/ KBS WORLD TV

Saat menjadi MC "Music Bank", Sunghoon sempat terlibat kontroversi soal sikapnya. Pada November 2021 lalu, Sunghoon dikritik karena dinilai memberikan salam "setengah hati" pada seniornya.

Kala itu, Sunghoon menunduk usai menyelesaikan interview dengan TWICE yang baru comeback dengan "SCIENTIST". Akan tetapi, pemirsa menganggap cara Sunghoon membungkuk kepada seniornya kurang tulus karena terlihat seperti menganggukkan kepala saja.

Hal ini menjadi masalah karena Sunghoon berstatus lebih junior 5 tahun dibanding TWICE. Sementara di Korea, sikap hormat kepada senior sangat diperlukan untuk bertahan di masyarakat.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Twitter/BELIFTLAB

Belum lama ini, HYBE Labels mengumumkan bahwa ENHYPEN akan comeback usai tur dunia pertama mereka tuntas. Sehingga diperkirakan Sunghoon dan grupnya akan kembali merilis musik baru pada paruh pertama 2023 mendatang.

Saat ini, ENHYPEN sedang disibukkan dengan tur "Manifesto". Usai mengakhiri konser di Yokohama, mereka akan kembali tampil di Jepang pada 21-22 Januari mendatang.

Rencananya ENHYPEN akan menggelar konser tambahan di Jepang dengan menunjuk venue yang tak main-main. Mereka akan tampil di Kyocera Dome, Osaka, yang bisa menampung 55 ribu penonton, angka fantastis untuk grup berusia 2 tahun dan debut di era Pandemi COVID-19.

Selain Jepang, ENHYPEN juga akan mampir di Bangkok, Thailand pada 28-29 Januari 2023. Kemudian mereka akan tampil di Manila, Filipina pada 4-5 Februari 2023 mendatang. Kabarnya mereka juga akan manggung di Indonesia pada Maret 2023 namun belum ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai hal itu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru