MOMOLAND Resmi Bubar, Intip 9 Potretnya Jatuh Bangun Berkarier Di Dunia Hiburan
Instagram/momoland_official
Selebriti

MOMOLAND resmi bubar usai kurang lebih 6 tahun berkarya. Diketahui grup ini memulai debutnya di tahun 2016 dan telah banyak meraih penghargaan. Namun, MOMOLAND juga mengalami pahitnya terseret rumor hingga kritikan publik.

WowKeren - Kabar mengejutkan datang dari grup MOMOLAND yang resmi dibubarkan. Pada Selasa (14/2), Hyebin, Jane, Nayun, JooE, Ahin dan Nancy memposting surat tulisan tangan identik dalam bahasa Korea dan Inggris yang mengumumkan perpisahan mereka. Sementara itu, sebelumnya, MLD Entertainment telah mengumumkan bahwa keenam member MOMOLAND akan meninggalkan agensi setelah kontrak berakhir.

Para member berjanji masih akan tetap solid meski telah disband. Nancy cs juga berterima kasih kepada fans atas kenangan indah yang sudah dibagi bersama. Lebih jauh, mereka menyampaikan terima kasih kepada fans yang sudah dengan sabar menunggu karya-karya mereka.

MOMOLAND diketahui debut di tahun 2016 lewat program survival "Finding Momoland". Kurang lebih enam tahun berkarya, MOMOLAND menjadi salah satu grup girl gen 3 yang melegenda di kalangan pecinta Kpop. Simak berikut potret transformasi MOMOLAND dari awal karier.

(wk/rosi)

1. Debut di Tahun 2016


Debut di Tahun 2016
Twitter/MMLD_Official

MOMOLAND dibentuk oleh ajang survival Finding Momoland Mnet yang dibuat oleh Duble Kick Entertainment. Hyebin, Jane, Nayun, JooE, Ahin, Yeonwoo, dan Nancy lolos sehingga resmi debut sebagai MOMOLAND. Grup ini debut dengan mini album "Welcome to Momoland" pada 10 November 2016 dan lagu "JJan! Koong! Kwang!" sebagai single utama.

Grup ini juga mencuri perhatian karena menjadi duta PR untuk Pengembangan Bantuan Internasional LSM Plan Korea, menjadi sukarelawan di Desa Phuc Luong di Thai Nguyen, Vietnam dari 12 hingga 16 Desember 2017, untuk mendorong siswa Happy Mov berpartisipasi dalam pembangunan Taman Kanak-kanak saat masa awal debut.

2. Formasi 9 Member


Formasi 9 Member
Instagram/momoland_official

Grup ini juga sempat mengalami yang namanya "bongkar pasang" member. Semula 7 orang, di tahun 2017 Daisy dan Taeha menjadi bagian dari MOMOLAND. Di tahun yang sama, grup ini merilis album single pertama mereka Wonderful Love dan album mini kedua grup, Freeze!. MOMOLAND pun berpromosi sebagai 9 member yaitu Hyebin, Jane, Nayun, JooE, Ahin, Yeonwoo, Nancy, Daisy, dan Taeha.

3. Raih Kesuksesan dengan 'Bbom Bbom'


Raih Kesuksesan dengan 'Bbom Bbom'
Instagram/momoland_official

MOMOLAND mencapai puncak kejayaan dengan single "Bbom-Bom" yang dirilis di tahun 2018. Grup besutan MLD Entertainment ini juga rilis album mini ketiga yang bertajuk "Great" di tahun yang sama. Namun di tengah popularitas "Bboom Bbom", masalah datang. Pada pertengahan Januari 2018, akun resmi Trio Serebro asal Rusia mengunggah video musik "Bbom Bboom" MOMOLAND dan mengklaim lagu tersebut mirip dengan "Mi Mi Mi". Namun komposer lagu "Bbom-Bboom" membantah tudingan tersebut dan mengatakan bahwa lagu terdengar familiar karena kesamaan dalam genre dan riff gitar.

Lagu "Bboom Bboom" sendiri juga meraih penghargaan seperti The Performing Artist kategori Female dari Genie Music Awards 2018, Digital Bonsang dari Golden Disc Awards 2019, dan beberapa kali masuk nominasi Korea Popular Music Awards. Jumlah views MV “Bboom Bboom” juga gak kalah bikin kagum di mana telah mencapai 593 juta.

4. Banyak Prestasi dan Filantropi


Banyak Prestasi dan Filantropi
Instagram/momoland_official

MOMOLAND menjadi salah satu grup yang sukses dan meriah banyak tinta emas. Ahin cs sempat memenangkan penghargaan dari ajang bergengsi seperti Asia Artist Awards, Golden Disc Awards, Korea Popular Music Awards, Mnet Asian Music Awards dan masih banyak lainnya. Grup ini juga memiliki banyak filantropi dengan mengikuti aksi sosial. Selain itu para member MOMOLAND juga memiliki popularitas yang gak kaleng-kaleng. Selain disibukkan dengan kegiatan sebagai idol, sebagian member juga melebarkan sayap dalam dunia akting hingga hosting.

5. Tingkatkan Promosi di Jepang


Tingkatkan Promosi di Jepang

MOMOLAND juga meraih popularitas dengan lagu mereka yang bertajuk "Baam" yang merupakan bagian dari EP keempat grup, "Fun to the World". Di tahun yang sama, mereka juga meningkatkan promosi mereka di Jepang. Lagu "Baam", "Bboom Bboom", dan "I'm So Hot" dirilis dalam bahasa Jepang. MOMOLAND juga mengadakan konser di Tokyo dan Osaka. Di tahun 2019 merilis album Jepang pertama di tahun 2019 yang bertajuk "Chiri Chiri".

6. Hengkangnya Taeha dan Yeonwoo


Hengkangnya Taeha dan Yeonwoo
Instagram/chloelxxlxx/tx_xhx

Di tahun 2019, secara mengejutkan MLD Entertainment membuat pernyataan yang berisi konfirmasi keluarnya Taeha and Yeonwoo dari MOMOLAND. Taeha tak hanya hengkang dari grup yang membesarkan namanya itu namun juga menghentikan kontrak eksklusifnya dengan MLD Entertainment. Sementara Yeonwoo hengkang dari MOMOLAND karena ingin fokus berkarier sebagai aktris.

Di sisi lain, Daisy juga dalam perbincangan mengenai karier masa depannya di MOMOLAND. Di tahun 2019, MOMOLAND merilis merilis EP kelima bertajuk "Show Me" dengan lagu utama "I'm So Hot" tanpa Daisy dan Taeha. Sementara album Jepang "Chiri Chiri" tanpa kehadiran Yeonwoo, Taeha, dan Daisy.

7. Konflik Daisy dengan Agensi


Konflik Daisy dengan Agensi
Instagram/daisiesforyu

Namun Daisy akhirnya memutuskan hengkang dari, MLD Entertainment bahkan terlibat konflik dengan agensi di tahun 2020. Daisy juga sempat spill tentang "Finding Momoland" merupakan hasil kecurangan. Dalam wawancaranya dengan dengan KBS, Daisy membeberkan bahwa line up akhir "Finding Momoland" dimanipulasi. Ia mengaku dihubungi kembali padahal sudah tereliminasi. Namun pernyataan Daisy dibantah oleh MLD Entertainment. Daisy juga sempat spill bahwa member memperlakukannya dengan buruk. Konflik ini tentunya mengguncang imej MOMOLAND.

8. Masuk Pasar Amerika


Masuk Pasar Amerika
Twitter/MMLD_Official

Sejak tahun 2020, MOMOLAND telah berpromosi dengan enam member. Bahkan grup ini juga menandatangani kontrak dengan ICM Partner dengan rencana untuk memasuki pasar Amerika. Pada tahun 2021, Ahin bahkan tampil di single artis EDM DJ Soda, bertajuk "Oke!", bersama dengan Lost Chameleon. Di tahun 2022, MOMOLAND merilis single bahasa Inggris mereka "Yummy Yummy Love", bekerja sama dengan Natti Natasha. Lagu tersebut kemudian dinominasikan di Latin American Juventud Awards, dan menjadikan MOMOLAND artis Korea pertama yang mendapatkan nominasi di acara tersebut.

9. Resmi Disband


Resmi Disband
Twitter/MMLD_Official

Kurang lebih 6 tahun berkarya, MOMOLAND telah melalui jatuh bangun berkarier sebagai idola. Kekhawatiran tentang bubarnya MOMOLAND telah muncul sebelumnya karena namanya yang sudah jarang terdengar. Para anggota sendiri juga sempat mengungkapkan kekhawatiran saat muncul di "The Second World" yang ditayangkan pada 30 Agustus 2022. Para anggota berbagi bahwa mereka terluka oleh kritik dan rumor yang terus-menerus beredar di sekitar grup. Kini resmi disband, Hyebin, Jane, Nayun, JooE, Ahin dan Nancy telah mengumumkan berpisah jalan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait