Didominasi Pria Dan Bukan Kalangan Remaja, Demografi Fans NewJeans Bikin Kaget
Twitter
Selebriti

NewJeans yang akan mengadakan fan meeting pertama di SK Olympic Handball Stadium di Seoul berhasil menjual tiket dengan cepat dimana rasio gender yang tercermin dalam log pembelian mengejutkan.

WowKeren - Hanya kurang dari setahun debut NewJeans telah menjadi salah satu ikon K-Pop generasi keempat dan menarik perhatian dunia. Salah satu alasan utama mengapa NewJeans langsung menjadi yang teratas adalah kesegaran dalam suara dan konsep mereka. Grup ini menjauh dari konsep girl group biasa yang sebagian besar dikategorikan sebagai girl crush, seksi, imut, dan girl-next-door. Minji dkk juga mempopulerkan konsep "remaja tinggi" melalui estetika suara dan visual mereka.

Karena konsep K-Pop seringkali dapat dimasukkan ke dalam kategori tertentu, mereka biasanya juga memiliki basis penggemar yang cukup dapat diprediksi. Beberapa lebih menarik bagi pria, sementara beberapa menarik penggemar wanita dengan lebih efektif, dan beberapa akhirnya memiliki fandom yang terbagi rata terkait gender.

Meskipun jumlahnya dapat berubah berdasarkan wilayah dan waktu, data lama dari fansign menunjukkan bahwa grup seperti MAMAMOO, BLACKPINK, dan Red Velvet memiliki lebih banyak penggemar wanita, sedangkan Twice dan Oh My Girl memiliki lebih banyak penggemar pria. Sedangkan grup seperti G-FRIEND memiliki rasio penggemar pria dan wanita yang hampir sama.


Namun dari segi konsep dan musik, NewJeans benar-benar berbeda dari pendahulunya. Pada 12 Mei, ADOR NewJeans mengumumkan bahwa grup tersebut akan mengadakan fan meeting pertama mereka, Bunnies Camp, pada 1 dan 2 Juli di SK Olympic Handball Stadium di Seoul. Tiket mulai terjual dengan cepat, tidak mengejutkan siapa pun. Namun, yang mengejutkan orang adalah rasio gender yang tercermin dalam log pembelian.

Pasalnya 60,6% penggemar yang membeli tiket adalah laki-laki, sedangkan 39,4% adalah perempuan. Selanjutnya, demografi usia peserta fansign NewJeans juga menunjukkan data yang menarik. Mayoritas (53,1%) dari mereka berusia 20-an, dan kelompok usia terbesar kedua (22,1%) adalah remaja. Grup ini juga memiliki penggemar yang lebih tua, dengan 19% penggemar berusia 30-an, 0,4,3% berusia 40-an, dan 1,3% berusia 50-an.

Angka-angka ini tercermin pada tahap awal penjualan. Namun, ketika seorang penggemar memeriksa angka yang lebih baru, itu menunjukkan bahwa rasio laki-laki-perempuan sedikit menurun, dengan laki-laki menyumbang 59,3% dari pembelian dan perempuan menyumbang 40,7%. Menariknya, pada bulan Oktober, sebuah survei yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Kyobo menunjukkan bahwa NewJeans memiliki konsentrasi pembeli wanita tertinggi di antara girl group generasi keempat yang paling menonjol. Studi tersebut didasarkan pada angka yang dicatat oleh Alladin, platform e-commerce populer yang digunakan oleh konsumen K-Pop untuk membeli album. Menurut data pembeli, NewJeans memiliki konsentrasi penggemar wanita tertinggi, dengan 78% pembelian dilakukan oleh penggemar wanita mereka.

"Whoa, aku pikir itu akan berpusat pada wanita. Aku terkejut. aku mengharapkan lebih banyak wanita," komentar netter. "Dulu, mereka mengatakan penggemar wanita lebih setia dan tinggal bersamamu lebih lama daripada penggemar pria. Tapi sepertinya itu telah berubah lagi. Aku benar-benar terkejut. aku pikir mereka memiliki citra gadis seperti itu," ujar yang lain. "Aku terkejut bahwa hanya ada sedikit remaja," pungkas lainnya.

(wk/aiss)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait