Jang Dong Yoon Baru Debut, 9 Aktor dan Aktris Ini Lebarkan Sayap Jadi Sutradara
Selebriti

Jang Dong Yoon dan deretan aktor serta aktris ini selain mampu dalam berakting, mereka juga merupakan seorang sutradara. Bahkan ada yang telah memiliki banyak karya.

WowKeren - Kabar membanggakan datang dari Jang Dong Yoon yang segera resmi debut sebagai seorang sutradara. Film karyanya akan ditayangkan di Festival Film Internasional Bucheon (BIFAN) tahun ini. Diketahui, aktor tampan ini menjadi sutradara dari film pendek bertajuk "Be My Ears" (judul terjemahan).

Tak sampai di sana, Jang Dong Yoon ternyata juga sekaligus menjadi pemeran dalam film yang disutradarainya itu. "Be My Ears" menjadi salah satu dari 53 film pendek yang akan ditayangkan setelah proses pemilihan melawan sekitar 1300 film lainnya.

Sementara itu, menjadi sutradara berarti mampu memberikan arahan terhadap sang aktor, agar film atau drama yang akan ditayangkan memiliki hasil yang maksimal. Bukan hanya Jang Dong Yoon, deretan aktor dan aktris ini selain mampu dalam berakting, mereka juga merupakan seorang sutradara. Bahkan ada yang telah memiliki banyak karya. Simak yuk siapa saja!

(wk/rosi)

1. Nam Goong Min


Nam Goong Min

Nam Goong Min dikenal sebagai salah satu aktor top Korea Selatan. Namun di balik layar, ia juga merangkap sebagai penulis naskah dan sutradara. Pada tahun 2015, ia mengambil peran penyutradaraan pertamanya melalui film “Light My Fire" yang bergenre thriller detektif. Selain mengarahkan, Nam Goong Min juga bertanggung jawab atas penulisan naskah dan casting.

2. Lee Je Hoon


Lee Je Hoon
Instagram/leejehoon_official

Pada tahun 2021, Lee Je Hoon memulai debut sebagai sutradara dengan mengarahkan film "Blue Happiness" merupakan bagian dari proyek "Unframed". Film ini sendiri berfokus pada orang-orang berusia 20-an dan 30-an yang menavigasi perdagangan saham. Menariknya, saat menulis naskah, Lee Je Hoon sudah memikirkan Jung Hae In sebagai pemeran utama. Keduanya pun bekerja sama dengan baik.

3. Koo Kyo Hwan


Koo Kyo Hwan

Nama Koo Kyo Hwan sangat dikenal dalam dunia layar lebar. Selain itu, ia juga bekerja di balik layar sebagai sutradara dan penulis naskah. Pada tahun 2011, ia menyutradarai film pertama kali yang berjudul "Turtle".

Koo Kyo Hwan telah mengarahkan pendek di antaranya "Where is My DVD?" (2013), "Welcome to My Home" (2013), "Love Docu" (2014), "After School" (2015), "Fly to the Sky" (2015), "Girls on Top" (2017). Dalam film "Now Playing", selain sutradara ia juga dikreditkan sebagai penulis naskah, produser, penyunting film, penyunting naskah. Menjadi seorang sutradara, Koo Kyo Hwan juga memiliki pacar yang bekerja pada bidang yang sama lho.

4. Jang Dong Yoon


Jang Dong Yoon

Jang Dong Yoon merupakan salah satu aktor muda yang tengah naik daun. Aktor tampan kelahiran tahun 1992 ini akan segera resmi debut sebagai seorang sutradara dari film pendek bertajuk "Be My Ears". Di saat yang sama, ia juga akan menjadi salah satu pemeran utamanya. Menariknya, film yang diarahkan Jang Dong Yoon ini telah melalui seleksi sulit sebelum akhirnya dipilih oleh juri untuk ditayangkan dalam acara bergengsi sekelas BIFAN yakni melawan sekitar 1300 film lainnya.

5. Jung Woo Sung


Jung Woo Sung
Instagram/artistcompanyofficial

Jung Woo Sung tak hanya berpuas diri sebagai aktor dan melebarkan sayap dalam dunia balik layar. Ia pertama kali menjadi sutradara pada tahun 2000 pada video klip grup g.o.d yang berjudul "After You Left Me".

Pada tahun 2014, ia menyutradarai sekaligus menulis skenario film berjudul "The Killer and The Old Man". Dalam film "A Man of Reason" ia juga didapuk sebagai sutradara sekaligus penulisnya. Tak sampai di sana, aktor berusia setengah abad ini juga menjadi produser Don't Forget Me (2016) hingga serial Netflix "The Silent Sea" (2022).

6. Ku Hye Sun


Ku Hye Sun
Instagram/kookoo900

Ku Hye Sun membawa kabar pada September 2022 lalu menjadi sutradara dengan bertanggung jawab untuk mengarahkan CF di TV. Namun sebelumnya, ia juga telah mengajarkan banyak film. Di antaranya ada "Daughter" (2014), "Mystery Pink" (2018), hingga "Deep Sleep". Selain utu, mantan istri Ahn Jae Hyun ini juga dikenal serba bisa. Ku Hye Sun sempat menerbitkan novel bahkan melukis.

7. Cha Tae Hyun


Cha Tae Hyun

Pada tahun 2017, Cha Tae Hyun memulai debut sutradara lewat drama "Hit the Top" yang mana ia juga menjadi pelakon utamanya. Lantas, ia juga menjadi asisten sutradara variety drama “Greatest One-Shot.” Ia sempat berbagi perasaannya mengenai menjadi aktor atau sutradara. “Sebagai seorang aktor, saya ingin berhenti syuting sebuah adegan, tetapi sebagai sutradara, saya ingin mengambil beberapa adegan lagi,” tukansya.

8. Moon Soo Ri


Moon Soo Ri

Moon So Ri juga merupakan salah satu aktris kawakan Korea Selatan. Namun ia juga melebarkan sayap sebagai sutradara dan penulis naskah. "The Running Actress" (2017), merupakan film yang ditulis, disutradarai, dan dibintangi Moon So Ri.

Setelah menjadi aktris berprestasi selama bertahun-tahun, ia membuat debut sutradaranya dengan film ini. Rupanya ini juga berkaitan dengan versi fiksi dirinya yang mengeksplorasi semua ketidaknyamanan dalam bisnis pertunjukan, terutama sebagai aktris lama yang terus-menerus dihakimi.

9. Lee Jung Jae


Lee Jung Jae
Instagram/artistcompanyofficial

"Hunt" merupakan film yang menandai debut Lee Jung Jae sebagai sutradara setelah puluhan tahun berkarier sebagai aktor. Film ini diputar Out of Competition di Festival Film Cannes 2022 dan berhasill mencapai tonggak sejarah di box office Korea. Rupanya, Lee Jung Jae menulisnya saat syuting "Squid Game" dan mengaku kesulitan, baik secara fisik maupun mental.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait