Birthday Spotlight: Happy Kim So Hyun Day
Culture Depot
Selebriti

Kim So Hyun resmi genap memasuki usia 24 tahun menurut perhitungan internasional tepat pada Minggu (4/6). Inilah yang membuat tim WowKeren membuat pembahasan khusus untuk masa predebut sampai karier masa depannya. Yuk, intip!

WowKeren - Hari Sabtu tiba, saatnya rubrik Birthday Spotlight hadir untuk menyapa para penggemar. Kali ini, akan membahas mengenai perjalanan hidup dan karier aktris cantik Kim So Hyun.

So Hyun terkenal menjadi salah satu aktris yang mendapatkan label "Adik Nasional" dan "Ratu Aktris Cilik" oleh publik Korea Selatan. Hal ini karena ia telah berkarya di dunia hiburan sejak masih sangat kecil. Sehingga, publik seakan merasa ikut melihat pertumbuhan So Hyun dari anak kecil menggemaskan ke gadis cantik seperti saat ini.


Tak hanya itu, So Hyun juga dibilang "Dewi Saeguk". Ini diungkapkan karena So Hyun dianggap selalu berhasil tiap memerankan karakter di zaman saeguk atau sejarah seperti di "The Moon Embracing The Sun" dan "Goblin".

Mari cek kisah So Hyun yang telah dikumpulkan oleh tim WowKeren untuk merayakan hari ulang tahunnya. Mulai dari kisahnya sebelum menjadi aktris sampai akhirnya menjadi sukses besar seperti sekarang.

(wk/alfa)

1. Pradebut


Pradebut

So Hyun lahir pada 4 Juni 1999 di Australia dan ia memiliki satu adik laki-laki. Ketika berusia 4 tahun, So Hyun kembali ke Korea Selatan. Ayah So Hyun tiada ketika ia masih berusia 9 tahun. So Hyun disebut-sebut menjadi tulang punggung keluarganya sejak belia dengan berakting.

Aktris cantik berusia 24 tahun ini awalnya sekolah di SD Hoeryong di Provinsi Gyeonggi-do ke SD Towol dan lulus pada Februari 2012. Ia melanjutkan sekolah ke Yongin Munjung Middle School dan lulus pada 2015.

Ketika masuk ke SMA, So Hyun memilih untuk melakukan homeschooling karena mengaku kesulitan untuk belajar ketika berakting di waktu yang sama. Sehingga, homeschooling membantunya bisa fokus ke akting dan sekolah di waktu berbeda.

"Aku memilih homeschooling agar tidak menyesal. Bahkan kalau kembali ke masa lalu saat aku membuat keputusan homeschooling, aku akan membuat pilihan yang sama. Tentu saja menjadi siswa adalah hal yang indah dan penting. Namun, aku pikir itu akan sulit bagiku kecuali aku benar-benar fokus hanya pada sekolah dan belajar, yang sepertinya tidak akan terjadi padaku," cerita So Hyun pada salah satu wawancara di 2017.

Aktris cantik ini kemudian mengikuti ujian lulus SMA pada tahun 2017. Pada tahun yang sama, ia meneruskan pendidikan ke Hanyang University di Jurusan Teater yang selaras dengan kariernya di dunia hiburan. Kehadirannya di upacara penerimaan sempat menggemparkan media kala itu.

2. Debut


Debut

So Hyun resmi memulai kariernya sebagai aktris melalui peran kecil di drama "Que Sera Sera" di 2007. Ia memerankan masa muda karakter Han Eun Soo (Jung Yu Mi).

Sampai tahun 2012, So Hyun hampir memerankan karakter masa muda pemeran di drama. Tentu bukan hal aneh mengingat usianya yang memang masih sangat belia.

Pada 2010, So Hyun juga debut di film layar lebar yang bertajuk "Man of Vendetta". Pada film ini, ia memerankan salah satu pemeran utama yakni Joo Hye Rin.

3. Puncak Karier


Puncak Karier
MBC

Setelah resmi debut, So Hyun terkenal aktif berperan dalam sederet drama atau bahkan film. Namanya mulai melonjak naik ketika membintangi drama hits "The Moon Embracing The Sun" dan berperan sebagai Yoon Bo Kyung muda (Kim Min Seo).

Aktingnya sebagai pemeran antagoinis dalam drama saeguk ternama ini menuai sanjungan. Chemistry dengan pemeran karakter muda lainnya yakni Yeo Jin Goo dan Kim Yoo Jung dinilai luar biasa. Sejak membintangi "The Moon Emracing The Sun", So Hyun mulai dianggap sebagai aktris menjanjikan untuk masa depan dunia akting Korea Selatan.

Aktingnya di serial drama "School yakni "Who Are You: School 2015" menjadi pengalaman perdananya menjadi pemeran utama. So Hyun kembali membuktikan kualitas aktingnya dengan memerankan 2 karakter bertolak belakang sekaligus. Drama ini mendapatkan banyak cinta dan membuatnya, Nam Joo Hyuk, dan Yook Sungjae BTOB menjadi idola baru pecinta drama Korea.

Kemunculan paling penggemparkan So Hyun juga terjadi ketika menjadi cameo di drama "Goblin" bersama Kim Min Jae. Meski sekadar memberikan penampilan spesial, akting keduanya sudah membuat para penggemar ikut terluka.

Serial "Love Alarm" yang ia bintangi bersama Song Kang dan Jung Ga Ram juga membuatnya mendapatkan semakin banyak penggemar. Tidak sedikit yang ikut berkubu-kubu karena cinta segitiga mereka dalam serial adaptasi webtun tersebut.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara

Meski sudah menjadi aktris selama 16 tahun, So Hyun tidak terdengar memiliki rumor asmara sampai saat ini. Ia bahkan kehilangan ciuman pertamanya di drama populer "I Miss You".

So Hyun bersama dengan Yeo Jin Goo melakukan adegan ciuman untuk pertama kalinya di "I Miss You". Ini dikabarkan juga ciuman pertama keduanya di dunia nyata sehingga membuat mereka sangat gugup.

"Sebelum syuting adegan ciuman bus, kami berdua menyikat gigi dengan sangat teliti. Saat syuting hanya ada aktor/aktris dan kru yang hadir, namun karena busnya sangat sempit sehingga kamera sulit menangkap angle sehingga kami harus syuting beberapa kali," cerita So Hyun di 2012 lalu usai "I Miss You" tamat.

"Itu sangat memalukan, baik saat latihan maupun saat melakukannya secara nyata. Bahkan oppa (Jin Goo) merasa malu. Itu adalah adegan ciuman pertama bagi kami berdua. Sutradara bahkan bercanda, mengatakan bahwa kami harus melakukannya lagi karena oppa mengerutkan bibirnya. Oppa bilang padaku jangan terlalu memikirkan kalau ciuman pertamaku di drama, banyak hal seperti itu di dunia akting," lanjutnya.

Pada 2017, So Hyun menerangkan kalau tipe idealnya di antara para aktor yang menjadi lawan mainnya adalah Yoo Seung Ho. Keduanya beradu akting pada "Ruler: Master of the Master". Kala wawancara tersebut, ia juga mengakui masih belum pernah memiliki kekasih. Aktris ini sampai curhat kalau ia dan teman-temannya sama-sama belum pernah punya pacar sampai mengobrol tentang betapa kesepiannya mereka bersama.

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/wow_kimsohyun

So Hyun hampir tidak memiliki kontroversi besar selama berkarya belasan tahun sebagai aktris. Tidak heran jika ia benar-benar mendapatkan banyak cinta dari publik Korea Selatan.

Namun, ia beberapa kali kontroversi kecil selama kariernya. Salah satunya ketika ia memiliki adegan ciuman dengan Ok Taecyeon 2PM di drama "Let's Fight Ghost". Adegan tersebut dirasa tidak pantas mengingat Taecyeon jauh lebih tua dibandingkan dirinya.

Saat itu, So Hyun masih berusia 17 tahun atau belum memasuki usia legal menurut Korea Selatan dan Taecyeon telah memasuki usia 27 tahun. Walau begitu, banyak yang memberikan pembelaan kepada So Hyun.

Selanjutnya, ia sempat mendapatkan komentar miring dari netizen Tiongkok usai kemunculannya di "Goblin" pada 2016. Hal tersebut karena hanbok yang ia kenakan dirasa terlalu mirip dengan pakaian tradisional Tiongkok.

So Hyun sampai harus mendapatkan banyak komentar negatif di Instagram pribadinya terutama ketika ia memberikan selamat merayakan Imlek. Namun, para penggemar berkumpul membelanya karena ia hanya mengenakan outfit yang telah disiapkan tim "Goblin" dan apabila terjadi kesalahan maka seharusnya bukan aktris yang dihujat. Saat itu, baik So Hyun atau agensinya memilih untuk tidak memberikan tanggapan.

Aktris yang kini satu agensi dengan Jun Ji Hyun di IEUM HASHTAG ini juga menuai kasihan dan sedih para penggemar karena terseret kontroversi bullying Ji Soo di 2021. Ia bisa dikatakan harus akting 2 kali untuk drama "River Where The Moon Rise". Beruntung, chemistry dengan Na In Woo disanjung luar biasa meski harus akting secepat kilat mengingat drama tengah berjalan ketika kontroversi Ji Soo meluap.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
tvN

So Hyun akhirnya segera kembali ke layar kaca usai mengambil istirahat syuting sekitar 1 tahun sejak "River Where The Moon Rise". Ia akan menyapa penggemar di drama romantis komedi "My Lovely Liar" bersama dengan Hwang Minhyun.

"My Lovely Liar" akan ditayangkan perdana pada 24 Juli mendatang. Tim produksi menjanjikan bahwa So Hyun akan menunjukkan sisi barunya sebagai Mok Sol Hee yang punya kekuatan bisa mengetahui kebohongan seseorang. Suatu ketika, ia harus berurusan dengan Kim Do Ha (Hwang Minhyun) yang dicurigai seorang pembunuh dan tidak ada seorang pun mempercayainya.

Selain itu, So Hyun juga telah dikonfirmasi membintangi drama "Is It a Coincidence?" (judul terjemahan) dengan Chae Jong Hyeop. Keduanya sempat tertangkap syuting di taman bermain Desember tahun lalu.

"Is It A Coincidence?" merupakan drama adaptasi webtun populer dengan judul sama yang menceritakan kisah anak muda yang menemukan cinta sejati dan impian mereka setelah secara tidak sengaja bertemu dengan cinta pertama mereka dari 10 tahun yang lalu.

"Is It A Coincidence?" direncanakan akan ditayangkan tahun 2023 meski belum terdapat detail lebih lanjut terkait perilisan drama ini. Pada 2 drama barunya, So Hyun secara kebetulan sama-sama dipertemukan dengan Yoon Ji On yang kini merupakan teman satu agensinya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait