Birthday Spotlight: Happy Hoshi Day
Weverse/SEVENTEEN
Selebriti

Hoshi SEVENTEEN telah menginjak usia baru pada Kamis (15/6). Simak perjalanan karier lengkap idol yang mengklaim dirinya sebagai 'Harimau Terakhir Korea' ini.

WowKeren - Hoshi SEVENTEEN (II) merayakan ulang tahun ke-27 (perhitungan umur internasional) pada Kamis (15/6). Birthday Spotlight kali ini hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengulas tuntas perjalanan sang idol all-rounder.

Selain dikenal dengan kemampuan menarinya, Hoshi juga punya segudang pesona. Terutama dengan kebolehannya menghidupkan suasana selama syuting program YouTube mingguan "GOING SEVENTEEN".


Tak hanya sampai di sana saja, Hoshi juga punya dualitas yang mengagumkan. Selama di panggung, penyuka harimau itu tampak garang. Namun saat berada di luar panggung, ia akan tampak gemas seperti hamster.

Tanpa perlu menunggu lagi, yuk simak perjalanan karier Hoshi sejak sebelum debut hingga menjadi salah satu idol serba bisa seperti sekarang ini.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut
Twitter

Hoshi dilahirkan dengan nama Kwon Soonyoung di Namyangju, Gyeonggi-do, Korea Selatan, pada 15 Juni 1996. Sebagai anak bungsu, ia tumbuh bersama kedua orangtua dan satu kakak perempuan.

Sejak SMP, Hoshi ingin menjadi seorang penyanyi dan mulai belajar dance. Pemegang sabuk hitam taekwondo ini sebelumnya menolak audisi Pledis Entertainment karena mengira itu sebuah penipuan. Namun akhirnya ia setuju karena staf membelikan es krim jika benar ada audisi.

Hoshi bersekolah di SD hingga SMA Maseok. Lepas SMA, ia belajar di Dong Ah Institute of Media namun keluar di tengah jalan. Selanjutnya ia menuntut ilmu di Universitas Hanyang jurusan Praktik Musik K-Pop.

Sebelum debut, Hoshi menghabiskan masa trainee selama 4 tahun. Pada 2013, Hoshi muncul di season 1 program "SEVENTEEN TV" dengan nickname Mr. Dumbbell hingga akhirnya debut bersama 12 member lainnya.

2. Debut


Debut
Xportsnews/Twitter/pledis_17

Hoshi debut bersama SEVENTEEN pada 26 Mei 2015. Karier mereka dimulai dengan showcase yang menjadi puncak dari program "SEVENTEEN Project: Big Debut Plan" sejak awal Mei dan ditayangkan di MBC.

SEVENTEEN memulai awal yang kuat, "17 Carat" menjadi album K-Pop yang paling lama bertahan di chart Amerika Serikat. Mereka pun satu-satunya album rookie yang muncul di Best 10 K-Pop Album Billboard 2015.

Beberapa bulan setelahnya, SEVENTEEN merilis EP kedua "Boys Be" yang dengan cepat menjadi album rookie dengan penjualan tertinggi kala itu. Kesuksesan EP ini mendapatkan penghargaan Golden Disk Awards, Seoul Music Awards dan Gaon Chart K-Pop Awards.

3. Puncak Karier


Puncak Karier
Twitter/pledis_17

Julukan "self producing idols" SEVENTEEN bukan tanpa alasan, salah satunya ada yang Hoshi berperan sebagai leader Performance Team. Dengan kemampuan menarinya dan menginterpretsikan pesan lagu dalam gerakan, ia membantu membuat koreografi grup.

SEVENTEEN meraih kemenangan pertama mereka dengan "Pretty U" dari album "Love & Letter". Meski karier sejak debut tergolong stabil, album "You Make My Day" adalah batu lonjakan penting dalam karier mereka pada 2018 lalu.

Pada Januari 2019, SEVENTEEN merilis "You Made My Day" kemudian lagu utama "Home" menjadi sangat populer dan memenangkan 10 trofi acara musik. Bahkan lagu ini membuat mereka mendapatkan dua triple crown. Kesuksesan mereka berlanjut saat merilis "An Ode" yang dianugerahi Daesang 2019.

SEVENTEEN mulai mendapatkan pengakuan internasional pada 2020. Mereka sukses menaklukkan Jepang dengan single "Fallin' Flower" yang berada di pundak Billboard's Japan Hot 100 Chart. Di tahun yang sama, mereka menggelar tur "Ode To You" yang digelar di 8 negara antara lain Korea Selatan, Jepang, Indonesia, Thailand, Amerika Serikat, Meksiko, dan Filipina.

Masih pada tahun yang sama, SEVENTEEN sukses menjual album "Heng:garae" kurang dari seminggu dan berhasil duduk di peringkat 1 Oricon Weekly Chart. Posisi itu membuat mereka menjadi boy grup asing pertama setelah Backstreet Boys dalam 12 tahun.

Hampir 10 tahun berkarier, SEVENTEEN menghasilkan musik berkualitas dan berisi pesan atau cerita yang ingin mereka sampaikan pada pendengar. Selain itu, Hoshi juga tergabung dalam unit BooSeokSoon (SEVENTEEN BSS) yang sukses dengan comeback pertama mereka "Fighting" pada awal tahun 2023 ini.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
Twitter/pledis_17

Hoshi dikenal dengan kemampuan menari, menyanyi dan rap imbang, menjadikannya salah satu idol all-rounder yang diperhitungkan. Selain itu, ia juga aktif menulis dan memproduksi lagu yang dirilis dalam bentuk mixtape atau ikut ambil bagian dalam pembuatan album SEVENTEEN.

Sejak 2017, Hoshi telah menghasilkan lagu-lagu solo. Selain mixtape pertamanya berjudul "Spider", ia juga menghasilkan beberapa seperti, "Hurricane", "Touch", "Tiger Power", "Spider", "Tiger" dan "Stay".

Selain bermusik, Hoshi juga pernah beberapa kali menjadi MC spesial untuk acara musik bersama member lain. Ia juga muncul di program MBC "The Creaking Heroes" pada 2018 lalu.

5. Kontroversi


Kontroversi
YouTube/SEVENTEEN

Saat promosi bersama dengan SEVENTEEN BSS, Hoshi dan DK sempat terseret kontroversi fatphobia terhadap Seungkwan. Hal itu terjadi saat ketiganya mengundang Peder Elias yang bekerja sama dalam lagu "7PM" dari album "Second Wind".

Dalam sebuah konten YouTube di saluran SEVENTEEN, Hoshi, DK, Seungkwan dan Peder makan bersama. Meski terkendala bahasa, mereka bisa berkomunikasi dengan baik dan seru-seruan.

Namun saat Seungkwan dan Peder saling mengomentari porsi kecil mereka, Hoshi berkata, "Dia babi."

Julukan babi ini merujuk pada orang dengan porsi makan besar, namun bisa diartikan ofensif bagi beberapa orang. Tak sampai di sana saja, Hoshi dan DK dikritik karena menertawakan ucapan "Boohae" dari Seungkwan karena pelafalannya terdengar seperti "buhae" yang berarti bengkak.

Karena momen tersebut, Hoshi dan DK mendapat kritikan dari fans internasional. Candaan mereka dinilai menyinggung orang-orang dengan postur plus-size dan mereka yang makan banyak.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/ho5hi_kwon

Hoshi baru-baru ini merilis "Stay" untuk merayakan ulang tahunnya. Lagu dengan MV bernuansa cerah itu merupakan hadiah darinya untuk para penggemar.

Pada April 2023, Hoshi bersama SEVENTEEN telah merilis mini album ke-10 "FML" yang sukses besar. Dengan dua title track "Super" dan "F*ck My Life", mereka mencetak rekor penjualan album terbanyak dalam sepekan pertama yakni melampaui 4,6 juta copy sejak dirilis.

Saat ini, SEVENTEEN sedang dalam masa persiapan konser "Follow" yang akan diadakan di Gocheok Sky Dome Seoul pada 21 Juli 2023. Konser tersebut merupakan pembuka dari tur mereka, yang baru diumumkan kawasan Jepang saja.

Bertepatan dengan hari ulang tahunnya, Hoshi membocorkan bahwa SEVENTEEN akan merilis album baru pada Oktober mendatang. Sebelumnya, S.Coups juga sudah menyampaikan bahwa mereka akan segera comeback selamat mengadakan "Caratland" 2023.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait