Irfan Hakim dan 9 Artis Ini Ternyata Telah Siapkan Wasiat hingga Makam
Selebriti

Kematian merupakan suatu perkara yang tidak bisa dihindari. Nyatanya Irfan Hakim dan deretan artis berikut ini sudah mempersiapkan mengenai urusan kematiannya sendiri. Mulai dari membuat surat wasiat sampai pesan makam.

WowKeren - Kematian merupakan suatu perkara yang tidak bisa dihindari, Setiap yang bernyawa di muka bumi ini pasti akan menemui kematian atau akhir. Bagi hampir semua orang kematian merupakan sesuatu yang mengerikan bahkan momok. Namun ternyata ada yang sudah siap merasa tinggal menunggu waktu.

Presenter berdarah Sunda, Irfan Hakim sempat dengan santai membahas kematiannya dalam Vlog Denny Cagur. Ia membeberkan soal keluarganya yang sudah mempersiapkan kematian dan sering menjadikan kematian sebagai bahasa sehari-hari.

Seolah dengan persiapan penuh, Irfan sudah mempersiapkan lahan untuk makam keluarganya di kawasan Parakan Muncang, Bandung, Jawa Barat. Nyatanya, bukan hanya Irfan saja yang sudah mempersiapkan mengenai urusan kematiannya sendiri. Ada yang sudah menyiapkan surat wasiat hingga memesan pemakaman. Simak siapa saja:

(wk/rosi)

1. Ustaz Maulana


Ustaz Maulana
Instagram/m_nur_maulana

Sudah sejak lama ustaz Maulana menyiapkan pemakamannya sendiri. Pendakwah yang juga seorang aktor itu sudah memesan kavling untuk pemakamannya yang terletak di Makassar. Alasannya menyiapkan makam sendiri agar ustaz Maulana bisa lebih tenang dan sudah memiliki tempat di hari akhirnya itu.

2. Yuni Shara


Yuni Shara
Instagram/yunishara36

Pada tahun 2021, Yuni Shara membuat kehebohan dengan mengaku sudah menyiapkan surat wasiat  untuk kedua putranya. Salah satu keinginan tante Aurel Hermansyah ini adalah keinginannya agar sang anak meneruskan perjuangannya di bidang pendidikan. Sudah menjadi rahasia umum jika Yuni sangat peduli dengan pendidikan anak-anak kurang mampu. Agaknya ia ingin putranya meneruskan perjuangannya.

3. Dorce Gamalama


Dorce Gamalama

Sebelum meninggal pada tahun 2022 lalu, Dorce Gamalama ternyata sudah menyiapkan urusan kematiannya sendiri. Ia mengaku memiliki kain kafan dan makam untuk dirinya sendiri yang berada di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur. Rupanya lokasinya juga berada di sebelah masjid di area rumahnya sendiri.

4. Kiki Fatmala


Kiki Fatmala
Instagram/qq_fatmala

Artis senior Kiki Fatmala meninggal dunia di usianya yang ke-56 pada Jumat (1/12) lalu. Aktris sekaligus model ini mengembuskan napas terakhirnya usai mengalami komplikasi berjuang melawan kanker paru-paru stadium IV. Kiki mengabarkan sakit pada tahun 2021 lalu. Seolah menunggu waktu, ia sudah mempersiapkan pemakaman dan membuat surat wasiat. Kiki meninggalkan wasiat lantaran tak ingin keluarganya meributkan soal harta usai kepergiannya.

5. Irfan Hakim


Irfan Hakim
Instagram/irfanhakim75

Irfan Hakim sudah mempersiapkan lahan seluas 1000 meter persegi untuk makam keluarganya di kawasan Parakan Muncang, Bandung, Jawa Barat. Keputusan tersebut diambilnya setelah ia kehilangan makam beberapa anggota keluarganya di tempat pemakaman umum. Ifan pun menyiapkan lahan baru untuk makam keluarganya kelak.

Bukan hanya makam, Irfan juga sudah menyiapkan kain kafan serta penutup keranda untuk dirinya dan keluarga. Ia membeli penutup keranda saat menunaikan umrah di Tanah Suci. Irfan sengaja membeli penutup keranda warna hitam dengan tulisan berwarna emas.

6. BCL


BCL
Instagram/itsmebcl

Kepergian Ashraf Sinclair menjadi duka yang mendalam Bunga Citra Lestari atau BCL. Ia kemudian memesan sebuah makam khusus di samping Ashraf di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat. Pelantun "Karena Ku Cinta Kau" ingin dimakamkan di samping mendiang Ashraf jika meninggal dunia nanti. Namun belakangan BCL menghebohkan publik atas pernikahan keduanya dengan Tiko Aryawardhana.

7. Olga Lydia


Olga Lydia
Instagram/olgaly_dia

Artis cantik Olga Lydia tampak menjalani kehidupan yang adem ayem. Tak disangka, ia sudah memesan makam super mewah di San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes. Pernyataan ini telah dibuat oleh Olga sejak tahun 2012 silam. Menurutnya kematian adalah sesuatu yang bersifat mendadak tapi pasti, jadi ia memilih menyiapkannya sejak lama.

8. Anya Dwivanov


Anya Dwivanov
Instagram/anyadwinov

Anya Dwinov diketahui sudah terlebih dahulu memesan makam untuk dirinya sendiri. Rupanya aktris sekaligus penyiar radio ini memilih kompleks pemakaman di San Diego Hills Memorial Park. Keputusan ini sempat ditentang oleh keluarga karena tidak setuju dengan keputusan Anya yang sudah memesan sebuah makam. Namun, pada akhirnya keluarganya pun setuju dan ikut memesan makam di lokasi yang sama.

9. Nikita Mirzani


Nikita Mirzani
Instagram/nikitamirzanimawardi_172

Nikita Mirzani rupanya telah menyiapkan surat wasiat untuk keluarga serta anaknya. Ia membagi asetnya untuk anak-anak maupun adiknya. Kabarnya surat wasiat itu dititipkan kepada Fitri Salhuteru yang merupakan sahabat Niki. Hidup sendiri sebagai orang tua tunggal, ia mengaku tak ingin kelak anak-anaknya menderita karena berebut warisan.

10. Raffi Ahmad 


Raffi Ahmad 
Instagram/raffinagita1717

Raffi Ahmadnbsp; mengaku telah mempersiapkan dana pendidikan anak hingga surat wasiat untuk istrinya, Nagita Slavina. Rupanya presenter kondang ini mengaku takut meninggal dunia di usia muda. Hal ini didasari pada pengalamannya yang ditinggal meninggal sang ayah yang masih muda. Seperti yang diketahui, Raffi berjuang keras hingga se-sukses saat ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait