Min Hee Jin Buka Suara Soal Kisruh ADOR dan HYBE Terkait NewJeans
Selebriti

Min Hee Jin juga menyinggung tentang isu plagiarisme ILLIT terhadap NewJeans sebagai alasan untuk melawan HYBE. Pihak ADOR disebut telah melayangkan protes, tapi tidak diindahkan oleh HYBE.

WowKeren - CEO ADOR, Min Hee Jin, dirumorkan akan membawa NewJeans kabur dari HYBE. Tidak hanya itu, mantan direktur kreatif SM Entertainment itu juga diduga sengaja menjatuhkan reputasi artis HYBE lain.

Tidak ingin rumor berkembang, Hee Jin akhirnya buka suara memberikan klarifikasi. Kepada Hankyung pada Senin (22/4), ia menyinggung tentang isu plagiarisme ILLIT terhadap NewJeans sebagai alasan untuk melawan HYBE.

"Ini adalah ADOR Co, Ltd (selanjutnya disebut sebagai ADOR, dan CEO Min Hee Jin). Untuk melindungi artis agensi kami, NewJeans, serta untuk perkembangan yang sehat dari industri musik dan budaya di negara kita, kami akan membuat pernyataan resmi mengenai masalah 'ILLIT yang meniru NewJeans'," ungkap pihak ADOR mengawali klarifikasinya. "HYBE menjalankan sistem multi-label yang memungkinkan setiap label memproduksi musik secara independen, dengan menghargai keanekaragaman budaya."

"ADOR adalah salah satu label tersebut. Namun ironisnya, hasil budaya yang telah dicapai oleh ADOR, dan artis perusahaan kami NewJeans, telah dilanggar oleh HYBE. Salah satu label di bawah naungan HYBE, BeLift Lab, mendebutkan ILLIT pada bulan Maret 2024, sebuah girl group beranggotakan 5 orang," lanjut ADOR. "Setelah foto teaser ILLIT dirilis, terdapat reaksi yang meledak-ledak di dunia maya karena orang-orang mengira 'itu adalah NewJeans'. Rambut, riasan, pakaian, koreografi, foto, video, dan bahkan acara, dan lain-lain, semua aktivitas ILLIT sebagai selebritis telah meniru NewJeans. Ada beberapa ulasan yang mengatakan bahwa ILLIT adalah 'gaya Min Hee Jin', 'tipe Min Hee Jin', dan 'gaya NewJeans', dll. Ini tidak mungkin sesuatu yang tidak membuat mereka malu."

Pihak ADOR juga menyalahkan Bang Si Hyuk dari HYBE. Ia diketahui ikut ambil bagian dalam proses produksi album debut ILLIT. HYBE pun dinilai hanya mementingkan keuntungan semata.

ILLIT juga dinilai telah merusak rencana NewJeans yang bersiap comeback pada Mei mendatang. Kemiripan ILLIT dan NewJeans yang dianggap wajar dinilai bisa merusak hasil budaya label lain.


"Orang-orang yang membuat hal ini terjadi, HYBE dan BeLift Lab, mendapatkan keuntungan dari hal ini, namun yang menderita kerugian adalah ADOR dan NewJeans. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa kemiripan antara NewJeans dan ILLIT adalah hal yang wajar karena kami berdua adalah label di bawah HYBE. Terlebih lagi, ada juga reaksi yang menganggap bahwa ADOR dan NewJeans menyetujui penyalinan tersebut. Saya meluruskan bahwa reaksi-reaksi ini merupakan kesalahpahaman yang nyata," lanjut ADOR. "Di bawah struktur multi-label, setiap label dapat memproduksi musik yang mereka inginkan secara independen, dan hanya karena Anda berada di bawah naungan yang sama, itu tidak memberi Anda hak untuk menyalin hasil budaya label lain."

"Dan ADOR tidak pernah mengizinkan siapa pun, baik itu HYBE, BeLift Lab, atau siapa pun, untuk meniru hasil produksi NewJeans. ADOR tidak ingin ILLIT dan NewJeans dihubungkan dengan cara apa pun. Kami tidak berniat mengizinkan siapa pun untuk mempromosikan diri mereka sendiri dengan judul 'siapa dan grup dongsaeng siapa', hanya karena mereka debut di bawah naungan HYBE," imbuh pihak ADOR.

Pihak ADOR mengaku telah keberatan kepada HYBE tentang kemiripan konsep tersebut. Namun, HYBE tidak mengakui kesalahan BeLift Lab dan malah mencari alasan dan mengulur waktu untuk memberikan respons atas protes ADOR.

Terkait pemecatan Hee Jin, HYBE dinilai berusaha menggunakan media untuk mencemarkan nama baik Hee Jin. HYBE diduga memiliki motif lain tersembunyi atas konflik yang ada.

"Bagaimana mungkin melindungi pencapaian budaya NewJeans sama dengan melukai keuntungan ADOR dan berarti Min Hee Jin mencoba mencuri hak eksekutif ADOR? Tampaknya ada motif lain yang sulit dipahami," lanjut keterangan tersebut. "HYBE dan BeLift Lab belum meminta maaf atas kejadian ini. Sebaliknya, tampaknya mereka percaya bahwa ini semua akan hilang jika Min Hee Jin dikeluarkan dari ADOR."

Di akhir keterangannya, pihak ADOR akan mengambil langkah hukum demi melindungi pencapaian budaya NewJeans dan untuk melindungi grup dari plagiarisme. Mereka berharap agar HYBE dan BeLift Lab mengakui kesalahan, menghormati pencapaian orang lain, dan menambah ramai industri hiburan melalui kerja keras dan kreativitas, bukannya menjiplak.

(wk/diah)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait