Ahmad Dhani Profile
Ahmad Dhani Profile Photo

Ahmad Dhani

Profesi
Penyanyi, produser musik
Nama Asli
Dhani Ahmad Prasetyo
Tgl Lahir
May 26, 1972
Lahir di
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Profesi
Penyanyi, produser musik
Populer
Menjadi leader grup band Dewa 19
Tempat Lahir
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
Eddy Abdul Manaf (alm)
Ibu
Joyce Theresia Pamela Kohler
Suami/Istri
Maia Estianty (penyanyi, 1994 - 23-Sept-08), Mulan Jameela (penyanyi, sejak 13-Mar-09)
Anak-anak
Ahmad Gazali (laki-laki), El Jalaluddin Rumi (laki-laki), Ahmad Abdul Qodir Jaelani (laki-laki), Safeea (perempuan), Ahmad Hasil (laki-laki, m. 01-Sep-12, premature), Muhammad Ali (laki-laki, L. 04-Jun-16)
Populer Sejak
Menjadi leader grup band Dewa 19

Dhani Ahmad Prasetyo atau yang lebih dikenal dengan Ahmad Dhani dikenal sebagai personil yang memprakarsai grup Dewa 19. Ia juga dikenal sebagai pencipta lagu, produser rekaman dan pemilik perusahaan musik Republik Cinta Management (RCM). Keturunan dari Eddy Abdul Manaf ini lahir di Surabaya, 26 Mei 1972.

Dhani, pria yang memiliki darah keturunan yahudi, sudah memperlihatkan ketertarikannya pada dunia musik sejak ia duduk di bangku SMP. Alumnus SMP Negeri 6 Surabaya ini kemudian membuktikan bakatnya terhadap musik dengan menyabet juara 1 "Festival Band SLTA '90" bersama personil Dewa.

Dhani lantas hijrah ke Jakarta dan berhasil menemukan label yang mau menaungi Dewa 19, Team Records. Debut resmi Dhani di dunia musik ditandai dengan peluncuran album pertamanya "Dewa 19" (1992). Album yang menggunakan nama bandnya sendiri ini berhasil mendapatkan tempat di hati para penikmat musik Indonesia. Di album tersebut, Dhani cs berhasil menelurkan beberapa single hits antara lain "Cukup Siti Nurbaya", "Kangen" dan "Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi".

Kepiawaiannya dalam mengaransemen lagu telah membawa Dhani sebagai salah satu tokoh besar di dunia industri musik Tanah Air. Dhani dan Dewa 19 tercatat telah mengeluarkan 12 album, termasuk satu album ketika Dewa 19 mengubah nama menjadi Mahadewa. Album-album tersebut antara lain, "Terbaik Terbaik", "Pandawa Lima", "The Best of 19", "Bintang Lima", "Cintailah Cinta", "Republik Cinta", "Kerajaan Cinta" dan album Mahadewa "Past to Present".

Dhani juga memiliki beberapa band bentukannya sendiri sebagai proyek sampingan. Ia pun menjadi salah satu personil dalam band tersebut. Band yang digawanginya tersebut antara lain The Rock (personil dari luar Indonesia) dan The Rock Indonesia Ahmad Dhani (T.R.I.A.D). Sementara lewat RCM (berdiri Maret 2007), Dhani sukses membina sejumlah penyanyi diantaranya Mulan Jameela, The Virgin, Mahadewi dan Lucky Laki.

Sementara itu, kehidupan pribadi ayah dari Al Ghazali (Al), El Rumi (El) dan Dul Jaelani (Dul) ini penuh kontroversi. Pernikahan Dhani dengan Maia Estianty selama 14 tahun harus berakhir di meja perceraian pada 2008 dengan segepok masalah yang sudah menyedot perhatian publik. Ia pun sempat diisukan telah menikahi penyanyi mantan duet mantan istrinya, Mulan Jameela, tersebut.

Isu menikah siri yang dilakukan Dhani dengan Mulan Jameela akhirnya terungkap. Meskipun tidak memberikan keterangan yang pasti, penggemar Manchester United ini sempat mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya pernah menikah berkali-kali. "Kalau ditanya nikah ya sudah berkali-kali, saya sudah nikah berkali-kali." tegasnya, 2012 lalu.

Pernikahan siri dengan Dhani semakin diyakini kebenarannya dengan munculnya Safeea bersama Mulan. Foto gadis yang dirumorkan bernama Safeea ini dipajang sebagai foto profil akun Twitter Dhani @AHMADDHANIPRAST. Selain itu, gadis cilik ini kembali muncul ketika pimpinan RCM ini berulang tahun, 2013.

Nama Dhani kembali diperbincangkan karena kasus kecelakaan yang dialami oleh putra bungsunya. 8 September 2013 jadi awal petaka yang harus dialami Dhani. Pasalnya, Dul mengalami kecelakaan maut di Tol Jagorawi saat mengemudikan mobil dan menewaskan 7 orang. Dhani selaku orangtua dituding telah lalai dengan memberikan izin pada anak usia 13 tahun itu untuk mengemudi sendiri. Dul pun ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Loading...
Ahmad Dhani Lirik Lagu