Matt Damon Profile
Matt Damon Profile Photo

Matt Damon

Profesi
Aktor
Nama Asli
Matthew Paige Damon
Tgl Lahir
Oct 8, 1970
Lahir di
Boston, Massachusetts, AS
Profesi
Aktor
Populer
Berperan sebagai Will Hunting di film "Good Will Hunting" (1997)
Tempat Lahir
Boston, Massachusetts, AS
Tinggi Badan
177,5
Kewarganegaraan
Amerika
Ayah
Kent Telfer Damon (m. 14-Des-17, myeloma)
Pekerjaan Ayah
Makelar
Ibu
Nancy Carlsson-Paige
Pekerjaan Ibu
Profesor bidang pendidikan anak di Lesley University
Pendidikan
  • Lulus dari Cambridge Rindge and Latin School, Cambridge, Massachusetts tahun 1988
  • Pernah kuliah di Harvard University di Cambridge, Massachusetts, jurusan English Literature
Saudara
Kyle Damon (kakak, pemahat patung dan seniman)
Suami/Istri
Luciana Bozan Barroso (menikah 9 Desember 2005)
Kekasih
Minnie Driver (aktris, 1995-1997), Claire Danes (aktris, 1997), Winona Ryder (aktris, 1997-2000), Penelope Cruz (aktris, 1999), Bridget Hall (model), Odessa Whitmire, Skylar Statenstein
Populer Sejak
Berperan sebagai Will Hunting di film "Good Will Hunting" (1997)

Matthew Paige Damon atau yang biasa dikenal sebagai Matt Damon, merupakan anak dari pasangan Kent yang seorang makelar dan Nancy yang berprofesi sebagai profesor bidang pendidikan anak di Lesley University. Matt memiliki saudara bernama Kyle yang kini bekerja sebagai pemahat patung dan seniman. Saat berusia 2 tahun, Matt dan Kyle harus tinggal bersama ibunya di Cambridge pasca perceraian orangtuanya. Disanalah dia kemudian bertemu dengan sahabat karib sekaligus rekan kerjanya, Ben Affleck.

Beranjak remaja, Matt menjadi sosok murid yang tak percaya diri dan selalu kesepian. Terinspirasi hal itu, Matt pun ingin dikenal dan memberanikan diri tampil dalam beberapa drama yang digelar oleh sekolahnya. Berkat didikan Gerry Speca , guru drama di sekolahnya, Matt menjadi sosok yang disiplin, pekerja keras dan mahir berakting.

Tahun 1988, Matt menempuh pendidikan di Harvard dan mengambil jurusan Sastra Inggris. Disaat yang sama, Matt juga mulai merintis karirnya di dunia film dan mendapatkan peran di film layar lebar pertamanya, "Mystic Pizza" (1988). Sayangnya, dalam film itu dia hanya menjadi seorang figuran. Tak bisa membagi waktu antara karir dan pendidikan, Matt pun memutuskan untuk keluar dari Harvard. Hal ini dilakukannya karena Matt ingin lebih serius menekuni karir sebagai aktor.

Usai keluar dari Harvard, Matt kemudian mendapat peran di film "Courage Under Fire" (1996). Peran itu berhasil membuat Matt menurunkan bobot tubuhnya sebanyak 18 kg dalam 100 hari. Tak hanya itu dia juga mendapat pujian sebagai aktor yang mampu menampilkan karakter prajurit yang mengesankan dalam film yang juga dibintangi oleh Denzel Washington dan Meg Ryan ini.

Selain sebagai aktor, Matt juga piawai dalam menulis naskah. Bersama dengan sahabatnya, Ben, Matt menulis skenario film yang kemudian diberi judul "Good Will Hunting" (1997). Kolaborasinya tersebut membuat "Good Will Hunting" meraih sembilan nominasi penghargaan Oscar diantaranya Best Original Screenplay yang kemudian dimenangkan oleh Matt dan Ben. Tak hanya sebagai penulis naskah, Matt juga bermain sebagai tokoh utama bernama Will Hunting. Bahkan berkat perannya itu, Matt meraih nominasi penghargaan Oscar untuk kategori Best Actor.

Setelah penampilannya di film "Good Will Hunting", nama Matt semakin melejit dan tawaran untuk bermain film-film besar mulai berdatangan. Adapun film-film besar yang dibintangi Matt diantaranya "The Rainmaker" (1997), "Saving Private Ryan" (1998), "Ocean's Eleven" (2001), "The Bourne Identity" (2002), "Green Zone", dan film yang akan dirilis tahun ini, "The Adjustment Bureau".

Dalam perjalanannya sebagai aktor, Matt dikenal lewat kemampuannya beradu akting dengan aktor senior seperti Jack Nicholson ("The Departed"), Robert De Niro ("The Good Shepherd" ) dan Morgan Freeman ("Invictus"). Selain itu dia juga terkenal sebagai aktor yang ahli memerankan berbagai karakter seperti tokoh Jason Bourne (sang pembunuh bayaran yang amnesia) di serial film "The Bourne" dan tokoh antagonis Tom Ripley di film "The Talented Mr. Ripley" (1999).

Tak hanya mencintai akting, Matt juga menyukai kehidupan berkeluarga anak-anak. Sempat menjalin kasih dengan beberapa aktris seperti Minnie Driver dan Winona Ryder, hati Matt tertambat pada seorang bartender bernama Luciana Bozan Barroso.

Mereka kemudian menikah selang dua tahun setelah mereka bertemu saat produksi film "Stuck on You" (2003). Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai Isabella (3 tahun) dan Gia (20 bulan). Sementara Alexia (11) merupakan anak pertama Luciana dari pernikahan sebelumnya. Tak lama lagi, Matt akan kembali menjadi ayah setelah baru-baru ini Luciana dikabarkan akan melahirkan pada musim gugur tahun 2010 ini.