Simon Santoso Profile
Simon Santoso Profile Photo

Simon Santoso

Profesi
Pebulutangkis
Tgl Lahir
Jul 29, 1985
Lahir di
Tegal, Jawa Tengah, Indonesia
Profesi
Pebulutangkis
Populer
Bergabung dalam tim Thomas Cup Indonesia (2004 )
Tempat Lahir
Tegal, Jawa Tengah, Indonesia
Tinggi Badan
175
Kewarganegaraan
Indonesia
Warna Rambut
Hitam
Ayah
Hosea Lim
Ibu
Rahel Yanti
Kekasih
Evelyn Carmelita
Populer Sejak
Bergabung dalam tim Thomas Cup Indonesia (2004 )

Atlet muda ini lahir di Tegal, Jawa Tengah, 29 Juli 1985. Dia adalah Simon Santoso. Nama anak laki-laki pasangan Hosea Lim dan Rahel Yanti mulai melambung di kancah bulutangkis ketika ia berhasil keluar sebagai Runner-Up ajang Singapore Sattelite.

Lahir di kota produsen kok, Tegal, Indonesia, Simon menggemari bulutangkis sejak ia kecil. Ia pun memutuskan pindah ke Jakarta untuk bergabung dalam klub PB Tangkas Jakarta dan masuk pemusatan latihan nasional (pelatnas) di 2002.

Selang satu tahun, Simon menunjukkan kepiawaiannya. Pebulutangkis yang hobi membaca komik ini sukses menjadi Runner-Up di ajang Singapore Sattelite. Sejak saat itulah nama Simon melejit.

Simon menampilkan aksi gemilang di lapangan. Ia bahkan disandingkan dengan tunggal putra andalan Indonesia, Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro. Sederet penghargaan berhasil ia dapatkan seperti juara di ajang Vietnam Satellite (2005), Taiwan Open SS (2008), SEA Games (2009), Denmark Open SS (2009) serta Chinese Taipei Grand Prix Gold (2009).

Di balik prestasi yang ia raih, Simon pun menuai sorotan. Ia sempat absen di laga Korea Open Super Series Premier 2013 karena penyakit gondok dan cedera yang ia derita. Keputusannya mundur dari ajang Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2013, Juni lalu dianggap tidak profesional.

PBSI menyayangkan ketidaksigapan Simon mempersiapkan fisiknya. Selain itu, kegagalan Simon di ajang BWF 2013 di Guangzhou, China, kembali membuat dirinya diprotes. Performa Simon dinilai menurun dan ia tampak bermain terburu-buru sehingga langsung kalah di babak pertama BWF World Championships.

Meski diterpa masalah, atlet dengan tinggi badan 175 cm ini tetap berambisi meraih gelar juara dunia. Ini juga janji Simon sebelum mempersunting kekasihnya, Evelyn Carmelita.

Ketika ditanya rencana menikah, atlet yang juga hobi renang ini mengungkapkan angan-angan untuk menikah jika telah menang di Kejuaraan Dunia. "Tunggu sampai jadi juara dunia dulu. Iya nih, kapan ya jadi juara dunia? Bisa enggak sih Kejuaraan Dunia-nya (World Championship) diadain dua kali dalam setahun?" ungkapnya.


Loading...