ILLIT Ramai Dituding Plagiat EXO Gara-Gara Pamer Pose Ikonik
X/ILLIT_official/weareoneEXO
Musik

ILLIT kembali diprotes karena dugaan menjiplak konsep milik idol grup lain. Setelah NewJeans, kali ini ILLIT dianggap mengambil simbol yang sudah lama identik dengan grup EXO.

WowKeren - Setelah dituding menjiplak konsep NewJeans, kini ILLIT haru menghadapi tuduhan serupa. Minju cs dianggap meniru EXO pada konten terbaru mereka yang diunggah ke akun X (sebelumnya Twitter) baru-baru ini.

Dari banyak hal yang mewakili EXO, yang paling terhubung dengan penggemar adalah simbol "L" dari grup tersebut. EXO-L adalah nama fandom resmi EXO, dengan huruf L yang berarti LOVE dan menghubungkan dua subunit, EXO-K dan EXO-M. Ketiganya dikatakan sama ketika digabungkan, seperti yang dinyatakan dalam pengenalan "We are one" dari EXO.

Di berbagai kesempatan, EXO selalu berpose dengan tangan yang membentuk huruf L. Dan ILLIT diketahui juga melakukan pose tersebut usai tampil di acara musik "Inkigayo" pada tanggal 21 April 2024.

ILLIT Ramai Diprotes soal Dugaan Plagiat EXO

Source: X/@ILLIT_official


Kelima member ILLIT kompak membuat pose tangan "L" yang mungkin merujuk pada huruf L ganda pada nama grup mereka. Ada pula yang menduga bahwa huruf L yang ditunjukkan dalam pose member ILLIT berkaitan dengan nama fandom grup tersebut, yang sebelumnya mengambil nama "LILLY".

Namun, pada akhirnya ILLIT memilih untuk mengganti nama fandom mereka karena menuai protes keras. Pasalnya, nama tersebut lekat dengan nama fandom individu milik Lisa BLACKPINK, meski beda dalam ejaan katanya.

ILLIT Ramai Diprotes soal Dugaan Plagiat EXO

Source: X

Terlepas dari maksud ILLIT membuat pose huruf L saat berfoto, sejumlah fans EXO tetap melayangkan kecamannya. Mereka menuding ILLIT telah mencuri simbol tangan tersebut, dengan mengatakan bahwa apa pun arahnya, itu dimaksudkan untuk mewakili penggemar EXO. Sebagai bukti, fans EXO menyertakan sejumlah foto lawas para member yang melakukan pose serupa dengan ILLIT.

"Apakah kalian bercanda? L adalah tanda untuk EXO-L," ujar fans EXO. "Sudah 12 tahun sejak EXO melakukan pose L. Mengapa para pendatang baru masih melakukan pose L untuk menyapa penggemarnya? Ada banyak pose berbeda yang bisa kalian lakukan untuk menyapa penggemarmu, jadi berhenti berfoto menggunakan L pose!! Sebuah pose yang hanya bisa dilakukan oleh EXO!!" imbuh yang lain. "Berhenti menggunakan simbol idol grup kami," tegas lainnya.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait